Thumbnail-Hal-yang-Perlu-Diperhatikan-Sebelum-Mengelas

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENGELAS

By: Yudha Yudha
26 Feb 2019

Halo Guys..!! Kali ini kami ingin membagikan beberapa informasi. Kira-kira informasi apa tuh ya? Yak pada artikel ini kami ingin memberikan info mengenai Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengelas. Jadi bagi kalian yang baru mendalami industri atau bidang pekerjaan yang berhubungan dengan pengelasan, sepertinya kalian butuh informasi dari artikel ini deh. Baca-baca dikit lah buat nambah pengetahuan kalian, jadi kalian gak akan salah melangkah nanti kedepannya. Tapi tentunya nanti pasti kalian menemukan kesalahan ya. Semoga diperjalanan mengelas kalian, kalian bisa belajar banyak dari kesalahan dan dapet informasi-informasi penting dari para welder senior. jangan malu belajar ya, kalian semua pasti bisa jadi master welder yang nantinya bisa banggain orang tua dan Negara Indonesia kita yang tercinta ini. Kok jadi patriotisme mendadak gini ya. hehe..

 

Okelah kalo begitu, lanjut lagi pada pembahasan penting kita pada artikel ini yaitu tentang hal yang perlu diperhatikan sebelum mengelas. Jadi para welder, jangan suka ngelas sembarangan ya. Perhatikan 5 hal yang akan kami sebutkan pada poin dibawah ini. Karena dengan kalian memperhatikan informasi yang akan kami sampaikan ini, kalian bisa merawat mesin las kalian agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Dan tentunya dapat membantu mempermudah pekerjaan anda karena semua hal mengenai pengelasan ini sudah anda terapkan dan lakukan dengan benar.

 

5 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENGELAS

Jadi seperti yang sudah katakan pada paragraf diatas yaitu ada 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum mengelas. Apa aja itu? Berikut ini adalah beberapa poin yang akan menjadi bahasan kita kali ini :

  1. Sirkulasi Udara Mesin dan Lingkungan
  2. Beban Kerja
  3. Sumber Listrik
  4. Kawat Las
  5. Kebersihan Lingkungan Kerja

 

kelima hal tersebut akan kami coba jelaskan satu-persatu agar kalian semua dapat memahami maksud dan tujuan perlunya hal tersebut dilakukan sebelum mengelas.

 

jadi langsung aja pada poin pertama tentang hal yang perlu diperhatikan sebelum mengelas yaitu sirkulasi udara baik dari mesin ataupun dari lingkungan. Jika kita lihat dari sisi mesin, pastikan mesin las anda memiliki kipas untuk sirkulasi udara yang lebih dari 2. Karena semakin banyak kipas didalam mesinnya, suhu mesin tersebut akan stabil walaupun dalam kondisi digunakan. Oia guys.. dan pastikan juga kalian ngecek kipasnya ya, masih nyala atau tidak. Jangan sampai salah satu kipas ada yang mati karena akan sangat berpengaruh pada panas mesin.

 

Seperti yang kita ketahui bersama, mesin las bekerja dengan berhubungan dengan api dan invert listrik kecil menjadi besar. Hal ini akan membuat mesin pada mesin las akan menjadi lebih mudah panas jika dibandingkan dengan mesin inverter lain. Untuk itu faktor kipas sangat perlu diperhatikan untuk menjaga keawetan mesin las anda. Dan hal selanjutnya mengenai sirkulasi udara ini yaitu lingkungan ya guys. Kalo kalian pengen mesin las kalian awet pastikan kalian mengelas ditempat yang teduh dengan intensitas sirkulasi udaranya baik. Jika mesin las kalian memiliki kipas hanya dua atau bahkan satu, jangan coba untuk mengelas dibawah terik sinar matahari karena dapat membuat mesin pada mesin las anda terbakar.

 

4 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENGELAS

Lanjut lagi, karena kita sudah membahas 2 poin diatas, maka selanjutnya kita akan membahas 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum mengelas. Lanjutan dari 1 poin yang sudah kami jelaskan tadi.

 

Dan pada poin yang kedua yaitu mengenai beban kerja. Maksudnya adalah agar kalian menggunakan mesin las sewajarnya dan sesuai dengan spesifikasinya. Jangan mengelas dengan intensitas yang padat tanpa mengistirahatkan mesin kalian dan jangan juga memaksakan mesin las kalian untuk bekerja pada objek yang tidak sesuai dengan spesifikasinya. Tentunya hal tersebut akan dapat merusak mesin las anda dengan cepat.

 

Untuk poin yang ketiga yaitu sumber listrik. Pastikan sumber listrik anda stabil saat anda melakukan pengelasan. Jika listrik dirumah kalian tidak stabil, gunakan mesin stabilizer untuk menstabilkan listrik anda agar mesin las anda dapat bekerja secara normal. Dan perhatikan juga penggunaan genset untuk mesin las kalian. Tanyakan terlebih dahulu pada dealer resmi mesin las yang kalian beli. Apakah mesin las kalian mampu untuk mengelas dengan genset atau tidak. Karena sebagian besar mesin las kurang cocok untuk penggunaan dengan menggunakan genset sebagai sumber listriknya.

PENGGUNAAN KAWAT LAS

Poin yang keempat yaitu kawat las. Penggunaan kawat las juga sangat berpengaruh pada pengelasan kalian. Pastikan ukuran kawat las kalian sesuai dengan setting ampere pada mesin las kalian. Jangan kurang dan juga jangan lebih. Karena jika ampere yang kalian setting itu kurang, hasilnya nanti tingkat kematangan pengelasan kalian tidak akan sempurna. Sedangkan sebaliknya, jika settingan ampere kalian kelebihan, nantinya kawat las kalian akan memerah, memanas dan dapat meleleh. Tentunya jika terjadi hal tersebut, keselamatan kerja kalian akan terancam ya guys. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat gambar dibawah ini :

Hal-yang-Perlu-Diperhatikan-Sebelum-Mengelas-Ukuran-Kawat-las

 

Jadi jika kalian melihat pada gambar diatas. Settingan ampere untuk elektroda ukuran 1 mm adalah di 40 ampere. Sedangkan untuk elektroda ukuran 2 mm dapat kalian setting pada settingan 80 ampere, dan seterusnya. Kalian bisa lihat sendiri ya.

 

Hal yang terakhir yang perlu kalian perhatikan adalah kebersihan lingkungan kerja kalian ya guys. Jangan terlalu jorok, karena debu-debu disekitar kalian dapat masuk pada mesin las. Dan saat debu tersebut menumpuk, kinerja mesin las kalian akan terganggu dan akan merusaknya. Jadi pastikan kalian rajin-rajin deh bersihin workshop dan mesin las kalian. Bukan apa-apa sih, biar awet aja dan kalo bersih kan lebih indah ya.. setuju ga? hehehe.

 

Jadi udah jelas ya semuanya, oia bagi kalian yang ada kebutuhan akan mesin las jangan lupa belanja di tehniq.com ya guys. Kunjungi link dibawah ini untuk melihat katalog mesin las kami :

KATALOG MESIN LAS

Pilih kategori mesin las yang sesuai dengan kebutuhan kalian ya. Dan jangan lupa untuk nonton video-video menarik kami tentang tutorial dan perbandingan mesin las untuk informasi kalian semua hanya di channel tehniq.com.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *