FUNGSI DAN JENIS MATA GERGAJI CIRCULAR SAW

By | June 3, 2022
Thumbnail-Fungsi-dan-Jenis-Mata-Gergaji-Circular-Saw

Halo sobat tehniq setanah air yang sedang bertanya-tanya. Hehehe.. bertanya-tanya dengan jenis mata gergaji circular saw maksudnya. Jadi kali ini gw mau kasih kalian informasi tentang apa aja sih fungsi dan jenis mata gergaji circular saw yang ada saat ini. Sama seperti mata gergaji jigsaw yang punya banyak jenis, seperti yang udah gw jelasin di artikel yang dulu.

 

Cek artikel kami : Jenis Mata Gergaji Jigsaw

 

Untuk jenis mata gergajinya sendiri dibagi menjadi 2 ya, yaitu menurut kegunaannya dan jumlah mata pisaunya. Atau bisa juga disebut dengan geriginya. Oke jadi langsung aja ya. Apa aja sih jenis mata gergaji circular saw yang perlu kita ketahui? dan tentunya fungsi-fungsinya juga ya.

 

APA AJA FUNGSI DAN JENIS MATA GERGAJI CIRCULAR SAW

Jadi circular saw itu memiliki mata gergaji yang berbeda-beda dengan fungsi yang berbeda juga. Ada 4 jenis mata gergaji pada circular saw yang bisa anda gunakan jika dibedakan berdasarkan kegunaan. Masing-masing jenis mata gergaji tersebut akan kami jelaskan pada poin-poin dibawah ini berikut dengan penjelasan fungsinya.

  1. Framing Blade ( Pisau Framing )
  2. Finishing Blade ( Presisi )
  3. Stone / Diamond Blade
  4. Ferrous Metal Blade

 

Sedangkan dari sisi jumlah mata pisaunya atau geriginya, bisa dibagi menjadi 5 jenis yaitu :

  1. 18 Gigi
  2. 24 Gigi
  3. 40 Gigi
  4. 60 Gigi
  5. 90 Gigi

 

Penjelasan fungsi dari masing-masing jenis mata gergaji circular tersebut akan kami jelaskan pada beberapa poin dibawah ini. Disini kami juga akan memberikan gambar dari masing-masing jenis mata pisaunya agar kalian bisa lebih jelas dalam membedakannya.

 

FRAMING BLADE ( PISAU FRAMING )

Jenis-Mata-Gergaji-Circular-Saw-Framing-Blade

Framing Blade merupakan mata pisau circular saw yang paling umum digunakan dan wajib dimiliki setiap pengrajin kayu. Kegunaannya yang sangat umum seperti memotong kayu mentah mulai dari awal pekerjaan membuatnya wajib dimiliki. Daya robek yang cepat dan kasar sangat berguna untuk memulai pemotongan kayu saat anda bekerja.

Penggunaannya sendiri juga sangat flexible karena bisa digunakan pada kayu lunak, kayu yang berlapis serta kayu yang keras.

 

FINISHING BLADE

Jenis-Mata-Gergaji-Circular-Saw-Finishing-Blade

Seperti namanya, jenis mata gergaji ini sangat cocok untuk finishing. Karena hasilnya yang lebih presisi dan halus membuatnya sangat cocok digunakan untuk melakukan finishing. Penggunaan dari mata pisau ini juga cocok untuk jenis-jenis kayu yang lembek atau mudah hancur.

Mata geriginya yang banyak, rapi dan halus membuatnya dapat memotong dengan halus. Berbeda dengan jenis mata gergaji framing yang cenderung lebih kasar.

 

STONE / DIAMOND BLADE

Jenis-Mata-Gergaji-Circular-Saw-Diamond-Blade

Seperti namanya, mata gergaji ini cocok digunakan untuk pemotongan pada batu ataupun beton. Sebenarnya penggunaan mata pisau ini cocok kalian gunakan dengan mesin potong batu atau stone cutter. Karena memang fungsi dari circular saw ini sendiri yang hanya cocok digunakan untuk besi dan kayu saja.

Tetapi jika memang kalian terpaksa menggunakannya untuk memotong batu ataupun beton, maka anda boleh menggunakan jenis mata pisau ini. Dengan catatan tidak boleh digunakan untuk memotong jenis batuan yang keras, karena tenaga potong circular saw lebih rendah.

 

FERROUS METAL BLADE

Jenis-Mata-Gergaji-Circular-Saw-Ferrous-Metal-Blade

Mata pisau ini memiliki ciri-ciri mata gerigi yang kecil dan runcing. Kegunaannya sendiri digunakan untuk memotong besi tipis seperi plat ataupun pipa-pisa besi. Mata giginya yang kecil dan runcing memungkinkan untuk memotong besi dengan cepat dan halus.

Semakin tebal besi maka kalian boleh menggunakan mata gerigi yang lebih besar, karena semakin kecil mata gerigi. Maka akan semakin lama proses potongnya. Untuk itu sesuaikan ukuran gerigi dengan media besi yang mau kalian potong.

 

Nah itu tadi jenis mata gergaji circular saw sesuai dengan fungsi-fungsinya. Dan selanjutnya kita akan bahas jenis mata gergaji berdasarkan jumlah giginya dan juga fungsinya.

 

18 – 24 GIGI

Untuk mata gerigi mata pisau circular saw dengan jumlah gigi antara 18 – 24 gigi sangat cocok kalian gunakan untuk kebutuhan framing atau pemotongan kasar. Normalnya, semakin sedikit jumlah gigi maka akan semakin besar ukuran masing-masing giginya.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil potongannya sendiri. Karena semakin besar gigi maka semakin kasar hasil potongannya. Jadi pastikan kalian menggunakannya sesuai dengan kebutuhan kalian untuk apa.

 

40, 60 DAN 90 GIGI

Sedangkan mata gerigi dengan jumlah gigi mulai dari 40 sampai 90 gigi sangat cocok untuk kalian gunakan pada proses finishing. Karena seperti yang kami katakan sebelumnya, semakin sedikit ukuran jumlah gigi maka akan semakin kasar hasil potongnya.

Dan kebalikan dari itu, semakin banyak jumlah gigi maka akan semakin halus dan presisi hasil potongan anda. Jadi intinya jika kalian ingin menggunakan mata gergaji untuk keperluan finishing yang sangat halus maka kalian perlu memiliki jumlah gigi yang lebih banyak.

 

KESIMPULAN

Okee.. jadi itu tadi ya beberapa jenis mata pisau circular saw yang perlu kalian ketahui beserta fungsinya. Dari penjelasan tersebut maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa jenis mata pisau circular saw sendiri dibagi menjadi 2 sisi yaitu dari fungsinya dan juga mata giginya.

Baiklah kalo begitu,, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

One thought on “FUNGSI DAN JENIS MATA GERGAJI CIRCULAR SAW

  1. trisnosudirjo

    thank banget penjelasnnya , saya jadi mengerti sekarang untuk pisau gergaji circle

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *