JENIS MATA PISAU MESIN GERGAJI JIGSAW

By | June 10, 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. balik lagi nih di blog tehniq.com yang paling lengkap dalam memberikan informasi seputar alat-alat teknik. Oke kali ini kami mau coba bahas jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw yang perlu kalian ketahui. Jadi kalo kalian nanti udah tau tentang jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw ini, kami harapkan sih kalian ga salah pakai mata pisaunya aja.

 

Karena emang selama ini untuk penerapan jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw pada objek potongnya itu suka salah. Biasanya sih asal aja yang penting kayu bisa terpotong.

Cuma perbedaan tentunya ada pada hasil potongannya ya guys. Tentunya semua orang pengen dapetin hasil potongan yang halus. Dan ada juga orang yang pengen memotong dengan cepat.

 

Semua itu tentunya butuh jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw yang berbeda-beda. Jadi ga perlu lama-lama lagi ya.. ayok kita bahas sama-sama nih apa aja sih jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw yang ada saat ini?

 

JENIS MATA PISAU MESIN GERGAJI JIGSAW

Tapi sebelum kami membahas jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw. Sebelumnya kami ingin membahas tentang tipe mata pisau mesin gergaji jigsaw ini terlebih dahulu.

 

Jadi jika ingin melihat jenis mata pisau gergaji jigsaw ini, kita harus tau terlebih dahulu tentang tipenya. Ada 2 tipe dari mata pisau jigsaw yaitu diantaranya :

  • T-Shank
  • U-Shank

Tipe mata pisau ini dibedakan berdasarkan bentuk pangkalnya atau pengaitnya.

 

Untuk tipe mata pisau yang pertama yaitu T-Shank. Tipe T-Shank adalah tipe mata pisau jigsaw yang umum dan saat ini sangat banyak digunakan diseluruh dunia.

Alasannya adalah karena pemasangan mata pisau tipe ini lebih simple dan mudah. Selain itu saat ini banyak mesin gergaji jigsaw yang memproduksi kepala rumah mata pisaunya dengan bentuk T-Shank.

Jenis-Mata-Pisau-Mesin-Gergaji-Jigsaw-T-Shank

Jadi jangan kaget jika banyak sekali mesin gergaji jigsaw yang didesain khusus untuk digunakan dengan mata pisau T-shank ini.

 

Tipe mata pisau mesin gergaji jigsaw yang kedua yaitu U-Shank.

Untuk tipe mata pisau yang satu ini adalah tipe mata pisau yang sudah sangat jarang ada dipasaran. Tetapi ada beberapa produsen yang masih memproduksinya untuk membantu orang-orang yang masih memerlukan tipe mata pisau gergaji ini.

Jenis-Mata-Pisau-Mesin-Gergaji-Jigsaw-U-Shank

Kalo kalian lagi membutuhkan mata pisau gergaji tipe U-Shank ini, jangan kaget ya kalo nyarinya susah banget.

Karena emang untuk mesin gergaji jigsaw jaman sekarang sudah banyak yang tidak menggunakan tipe mata pisau gergaji U-Shank ini.

 

 

JENIS MATA PISAU MESIN GERGAJI JIGSAW

Lanjut pada pembahasan selanjutnya yaitu jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw yang ada saat ini.

Jenis mata pisau yang akan kami jelaskan ini yaitu dilihat dari segi mata gergajinya ya guys. Atau kalo bisa dikatakan sih bentuk gerigi gergajinya.

 

Ada 5 jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw yang perlu kalian ketahui nih guys. Berikut adalah masing-masing gambar dan penjelasannya :

 

1. MILLED SIDE SET TEETH

Mata-Pisau-Gergaji-Milled-side-set-teeth

jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw yang pertama yaitu jenis mata gergaji milled side set teeth.

Mata gergaji jenis ini memiliki bentuk mata gergaji tidak lurus, yaitu menonjol kekiri dan kekanan di masing-masing matanya.

 

Penggunaannya sendiri dapat digunakan untuk pemotongan kayu kasar dan lebih cepat. Jadi jangan menggunakan mata gergaji ini untuk pemotongan kayu halus ya guys karena hasilnya ga bakal bisa halus. Hehehe

 

2. MILLED WAVY SET TEETH

Mata-Pisau-Gergaji-Milled-wavy-set-teeth

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas. Jenis mata pisau mesin gergaji yang satu ini lebih lurus dan stabil.

Jadi untuk hasil pemotongannya sendiri cenderung lebih halus dan rapi.

Dan untuk penggunaannya sendiri, kalian bisa menggunakannya untuk pemotongan pada kayu-kayu halus dan empuk.

 

3. GROUND TAPER & GROUND TEETH

Mata-Pisau-Gergaji-Ground-taper-ground-teeth

Hampir sama dengan mata pisau milled wavy set teeth, mata pisau gergaji jenis ground taper & ground teeth ini memiliki mata pisau yang lurus dan stabil.

 

Jadi untuk hasil pemotongannya sendiri juga cenderung lebih halus dan rapi. Anda bisa menggunakan mata pisau gergaji jenis ini untuk pemotongan pada kayu-kayu yang halus dan empuk.

 

4. GROUND SIDE SET TEETH

Mata-Pisau-Gergaji-Ground-side-set-teeth

Jika kalian lihat bentuk mata pisaunya, terlihat terdapat tonjolan kekanan dan kekiri. Jadi untuk hasil pemotongannya sendiri kurang halus, tetapi lebih cepat dalam hal pemotongannya.

 

Untuk penggunaannya sendiri dapat kalian gunakan pada kayu-kayu tebal yang tidak terlalu membutuhkan hasil yang halus.

Gambar-Mata-Pisau-Gergaji-Ground-side-set-teeth

Seperti yang dapat kalian lihat ya. Pada pemotongan di material triplek seperti gambar diatas, hasil yang didapatkan tidak terlalu halus. Jadi kalian bisa menggunakan mata pisau gergaji yang memiliki permukaan lebih lurus dan stabil untuk mendapatkan hasil yang lebih halus.

 

5. GROUND REVERSE SET

Mata-Pisau-Gergaji-Ground-reverse-set

Yang terakhir yaitu jenis mata pisau gergaji Ground Reverse Set. Untuk mata pisaunya sendiri lebih halus dan lurus. Jadi untuk hasil potongannya sendiri nantinya akan lebih halus dan rapi.

 

Penggunaan dari mata pisau mesin gergaji jenis ini dapat anda gunakan untuk material kayu yang lunak dan halus. Karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Untuk hasil pemotongan mata pisau ini lebih halus dan stabil. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

Gambar-Mata-Pisau-Gergaji-Ground-Reverse-Set

Seperti yang bisa kalian lihat ya guys. Hasil potongannya sangat halus dan rapi pada material triplek yang sudah kami contohkan diatas.

 

Jadi gimana nih guys?? Udah pada jelas ya tentunya untuk jenis mata pisau mesin gergaji jigsaw yang telah kami sebutkan dan jelaskan diatas.

Dan sebagai tambahan informasi buat kalian semua. Jangan sampai salah menggunakan mata pisau untuk kayu dan juga mata pisau untuk besi. Karena tentunya hasil potongan yang anda dapatkan tidak akan bisa maksimal.

 

Sebagai acuan, kalian bisa melihat gambar dibawah ini untuk membedakan mana mata pisau gergaji yang digunakan untuk pemotongan pada kayu dan pada besi.

Jenis-Mata-Pisau-Mesin-Gergaji-Jigsaw-Untuk-Kayu-dan-Besi

Seperti yang dapat kalian lihat ya guys.

Mata pisau gergaji untuk kayu masing-masing mata pisaunya lebih panjang dan kasar. Sedangkan untuk pemotongan pada besi. Mata pisau gergajinya lebih kecil-kecil dan halus agar dapat memotong besi dengan halus dan rapi..

 

Okeee.. cukup sekian ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan bagi kalian yang suka nonton youtube, kalian bisa kunjungi channel youtube kami yang sangat informatif buat kalian yang ingin mengetahui performa alat-alat yang kalian butuhkan. Kunjungi channel youtube kami pada link dibawah ini ya.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

Jangan lupa subscribe, like dan share ya guys.. Sekian dari kami.. Salam..!!

4 thoughts on “JENIS MATA PISAU MESIN GERGAJI JIGSAW

    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk masing-masing mesin jigsaw punya mata pisaunya sendiri om
      Jadi ga bisa diakalin mau pake mata pisau jenis lain
      Kalo dari pabriknya dibikin U shank biasanya udah ga bs yang lain

      Semoga bs menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  1. Ray_alfaris

    Untuk tpi yg lebih tinggi (mata gergaji besi) jikalau digunakan untuk kayu gmna gan ? Apakah akan lebih halus dan rapi ? Misal untuk ukir .. tks

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Waduh belum pernah nyoba dah tuh pak.. coba aja kalo emang penasaran mah.. hehehe

      maaf blm bisa menjawab pertanyaan bapak

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *