CARA MERAWAT DAN MENJAGA MESIN LAS AGAR TETAP AWET

By | February 15, 2023
Cara-merawat-dan-menjaga-mesin-las-agar-tetap-awet

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya.. gimana nih kabar kalian semua?? semoga kalian semua selalu dalam keadaan baik ya.. Nah ngomongin sehat nih,, ga cuma manusia lho yang harus dijaga kesehatannya,, mesin-mesin jg harus kalian perhatikan kesehatannya. Dan dalam artikel ini gw mau bahas tentang cara merawat dan menjaga mesin las agar tetap awet.

Jadi kalo mesin las kalian selalu dalam keadaan sehat dan kalian juga dalam keadaan sehat, tentunya kerjaan lancar terus dong ya. Anak istri tercukupi kebutuhannya dan bisa ajak mereka jalan-jalan, biar makin senang.. hehee..

Oke langsung aja ya biar ga banyak ngomong, kita langsung ke pokok atau topik pembahasan kita.

 

MERAWAT & MENJAGA MESIN LAS AGAR TETAP AWET

Nah untuk menjaga mesin las kita agar tetap awet dan dalam performa yang selalu baik, maka kalian harus tau cara merawat dan juga menjaganya. Berikut adalah poin-poin penting yang harus kalian lakukan sebagai cara merawat dan menjaga mesin las agar tetap awet :

  • Bekerja di ruang yang bersirkulasi udara baik
  • Jangan dekatkan mesin di tempat yang basah ataupun lembab
  • Buat ruangan kalian selalu bersih bebas debu yang berlebihan
  • Jangan jatuhkan mesin las atau hindari dari benturan langsung
  • Gunakan mesin las sesuai spesifikasinya

Nah ada 5 hal yang perlu kalian perhatikan ya, sebagai bentuk perawatan terhadap mesin las kalian masing-masing. Dan tentunya gw gak bakalan ninggalin kalian begitu aja nih.. Gw bakal jelasin satu-satu dari kelima cara tersebut dengan lebih detail. Tentang cara dan hal yang harus ataupun tidak boleh kalian lakukan ya.

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing poin tersebut.

 

BEKERJA DIRUANG YANG BERSIRKULASI

Bukan cuma manusia ya yang butuh udara.. mesin las juga butuh dong.. hal ini sangat penting untuk kalian perhatikan, karena mesin las sangat sensitif sekali dengan udara panas dan debu. Jika kalian bekerja diruangan yang pengap dan panas, maka mesin las akan lebih cepat overheat atau kelebihan panas.

Selain itu juga karena debu dan asap las tidak langsung hilang disapu angin, jadinya debu dan asap las akan mengkontaminasi mesin las anda. Hal tersebut akan membuat mesin las mudah rusak karena terlalu sering overheat dan bisa juga dapat konslet karena debu berlebihan.

 

MENJAUHKAN MESIN DARI TEMPAT BASAH / LEMBAB

Untuk hal ini gunanya bukan cuma untuk merawat mesin las kalian ya,, tetapi juga menghindarkan diri kalian dari bahaya setrum. Kenapa demikian?? karena ini adalah mesin las listrik yang percikan apinya dikeluarkan karena adanya pertemuan arus listrik positif & negatif.

Jika kalian tidak menggunakan alat safety yang baik, maka ditakutkan tubuh anda tersetrum dari hubungan arus listrik tersebut yang terkena air disekitar kalian.

Selain itu, untuk mesin lasnya sendiri juga dapat terjadi konsleting yang membuat mesin bisa meledak ataupun terbakar. Hal ini akan membuat performa mesin las turun drastis dan bahkan bisa membuatnya mati total.

 

BUAT RUANGAN BERSIH DARI DEBU YANG BERLEBIHAN

Karena kami sudah lama bergelut di penjualan dan servis mesin las, jadi kami tau penyebab paling banyak mesin las rusak adalah karena debu. Klo dipikir-pikir seperti ga ada hubungannya ya debu sama mesin las rusak??

Tapi ternyata ga seperti itu guys,, justru penyebab kerusakan paling banyak karena debu ini. Kenapa bisa begitu?? mari kami jelaskan..

Jadi komponen utama dari mesin las kan semua tersambung pada PCB atau Printer Circuit Board. Jarak antara satu komponen dengan komponen lainnya sangat dekat dan tersambung dengan lelehan timah solder.

Nah saat debu menumpuk dan menempel pada masing-masing lelehan timah tadi, maka akan terjadi hubungan listrik singkat atau konsleting. Perlu kalian ketahui ya,, debu merupakan konduktor listrik bukan isolator, sehingga jika masing-masing solderan komponen tadi terhubung dengan debu maka mesin las kalian akan cepat rusak.

Semakin banyak yang terhubung karena debu, maka mesin akan semakin rusak.

 

JANGAN JATUHKAN MESIN ATAU MEMBENTURKANNYA

Mesin las sangat ringkih dengan benturan apalagi sampai jatuh. Jika mesin las kalian sering jatuh, nantinya akan mempengaruhi performa dari mesin las itu sendiri. Biasanya akan sangat berpengaruh pada kestabilan api lasnya saat kalian gunakan untuk mengelas.

Dan bahkan jatuhnya mesin las yang terlalu tinggi akan membuat beberapa komponen terlepas sehingga membuat mesin las kalian mati total.

Jadi hindari sekecil mungkin jatuh ataupun benturan pada mesin las kalian ya guys.. Kalo bisa buatkan troli khusus buat peralatan mengelas kalian, jadi kalian ga perlu sering memindahkan mesin las kesayangan kalian. Semakin sering kalian memindahkan mesin, maka akan semakin besar resiko jatuh ataupun terbentur.

 

GUNAKAN MESIN LAS SESUAI SPESIFIKASINYA

Yang terakhir ini juga sangat penting ya guys,, karena sebuah mesin dibuat dengan spesifikasi tertentu. Saat kalian menggunakannya diluar dari ketetapan spesifikasi yang tertulis, maka hal tersebut akan membuat mesin las kalian menurun performanya.

Misalkan, kalian menggunakannya pada settingan full ampere terus menerus tanpa henti. Hal tersebut akan membuat mesin las kalian terlalu kerja berlebih. Atau bisa juga kalian menggunakan kawat las yang lebih besar dari ketentuannya.

Hal-hal tersebut nantinya akan membuat mesin las kalian bekerja terlalu berat dan akan membuatnya cepat turun performa.

 

KESIMPULAN CARA MERAWAT DAN MENJAGA MESIN LAS

Nah itu tadi 5 hal yang bisa kalian lakukan untuk menjaga performa mesin las kalian tetep joss.. kaya anuku.. wkkwkwkwkwk

Intinya dapat kita tarik kesimpulan bersama ya,, hindari terjadinya konsleting pada mesin las kalian dari berbagai hal dan juga jaga dari benturan dan penggunaan yang berlebihan.

Okeee.. jadi itu aja ya artikel gw kali ini.. semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

 

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *