CARA MENCEGAH SPATTER / SPARTER BERLEBIH SAAT MENGELAS

By | February 16, 2023
Cara-Mencegah-Spatter-Sparter-Berlebih-Saat-Mengelas

Halo sobat tehniq setanah air.. Bagi kalian para tukang las pasti tau ya apa itu spatter atau sparter.. Ituloh cipratan-cipratan api las yang menimbulkan bintik-bintik disekitaran lasan kalian. Ada yang ngomong itu karena pembakaran yang ga sempurna, ada yang ngomong itu karena mesin lasnya yang jelek, ada yang ngomong karena kawat lasnya yang jelek.. Sebenernya faktor-faktor tersebut ada benarnya dan ada tidaknya,, dan perlu kalian ketahui, spatter itu bisa kalian kurangi lho,, Untuk itu disini gw mau jelasin cara mencegah spatter / sparter berlebih saat mengelas.

Walaupun ada cairan khusus yang bisa ngilangin spatter itu, tapi paling tidak jika kalian bisa menguranginya sendiri tanpa perlu cairan khusus kan lebih enak dan hemat ya. Selain itu hasil lasan kalian akan lebih padat dan kuat karena semua lelehan kawat las masuk kedalam pengelasan, tidak terciprat keluar menjadi spatter.

Oke langsung aja ya kita bahas gimana sih caranya biar ga banyak spatter yang muncrat muncrat.. dan apa aja yang menyebabkan spatter itu muncul.

 

CARA MENCEGAH SPATTER / SPARTER BERLEBIH

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah spatter / sparter berlebih saat mengelas, agar hasil lasan kalian lebih padat dan maksimal.

1. BERSIHKAN BESI YANG AKAN DILAS

Poles-atau-Bersihkan-Logam-yang-ingin-di-las

Besi yang kotor, berminyak, mengandung oli dan berkarat dapat menyebabkan proses pembakaran yang tidak sempurna. Hal tersebut akan membuatnya terciprat saat mengelas sehingga membentuk spatter / sparter disekitar hasil lasan kalian. Selain itu kawat las yang bersih juga dapat mengurangi spatter itu sendiri.

Solusi :

Pastikan besi dan kawat las kalian bersih dari kontaminasi kotoran yang telah kami sebutkan diatas. Kalian bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan sikat las atau jika ingin hasil yang lebih maksimal yaitu dengan gerinda poles.

Jika besi yang ingin kalian las itu tipis, dan kalian takut semakin tipis jika digerinda. Maka kalian cukup membersihkannya dengan las. Tapi jika berkarat ya mau tidak mau kalian harus menggunakan gerinda poles ya guys.

 

2. PENGATURAN MESIN LAS

Nah khusus untuk cara ini hanya bisa kalian lakukan pada mesin las tipe MIG dan TIG ya guys.. Pengaturan voltase, ampere, wire speed dan juga tekanan gas akan mempengaruhi hasil lasan dan juga spatter yang terciprat.

Khusus untuk pengelasan MIG sangat berpengaruh pada wire speednya atau kecepatan kawat las berputar. Putaran kawat yang terlalu cepat akan membuat cipratan-cipratan api las yang cukup banyak. Dan putaran kawat yang terlalu lambat juga akan membuat cipratan karena kawat menguap sebelum mencapai logam.

Pemasangan polaritas yang salah juga bisa mengakibatkan cipratan yang berlebih lho. Dan yang terakhir karena kualitas dan tekanan gas harus diperhatikan juga.

Solusi :

Las MIG : Pastikan kalian memasang polaritas yang benar, serta mengatur wire speed sesuai spesifikasi di mesin las. Jika tidak tercantum di spesifikasi, maka kalian harus mempelajarinya sendiri ataupun bisa juga lewat video orang lain. Dan pastikan jarak kawat las dengan kepala obor las tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Las TIG : Untuk pengelasan TIG hal yang perlu kalian perhatikan adalah kecepatan kalian menggoyang  torch dan juga pengaturan arus serta voltasenya juga harus sesuai. Intinya untuk las TIG butuh pengalaman dan kebiasaan penggunaannya.

 

3. SUDUT PENGELASAN

Yang terakhir yang harus kalian perhatikan adalah sudut pengelasan kalian. Jangan membuat sudut tegak lurus saat mengelas, karena akan terjadi penumpukan api dan cipratan api las yang berlebihan.

Pengelasan dengan sudut tegak lurus juga menghalangi udara dan gas disekitar api las untuk terurai dengan baik. Pastikan kalian mengelasan dengan jarak 45 derajat yaitu tidak terlalu tegak keatas dan tidak mendekati tegak lurus kebawah.

Posisi sudut pengelasan juga harus kalian perhatikan pada setiap posisi mengelas kalian. Apakah itu 1F, 2F, 3F ataupun 4F. Pelajarinya sudut pengelasan terbaik saat mengelas dengan segala posisi, karena di Lapangan nanti kalian akan mendapati posisi pengelasan yang lebih beragam.

 

KESIMPULAN

Dari pembahasan yang sudah kita bahas diatas, maka kalian tentunya bisa menyimpulkan beberapa kesimpulan yaitu spatter dapat dihindari dengan membersihkan objek las, pengaturan mesin las dan juga posisi pengelasan.

Perlu kalian ketahui kenapa hal ini penting, karena spatter atau sparter pada pengelasan itu termasuk kedalam golongan cacat las ( jika spatter berlebihan ). Dan spatter yang berlebihan juga membuat pekerjaan anda akan semakin lama, karena proses pembersihan spatter sendiri tidak mudah ya. Sedangkan anda dituntut untuk hasil lasan yang mulus dan rapi tanpa adanya spatter atau sparter ini.

Oke klo gitu guys.. mungkin sampai disini ya artikel dari kami.. Semoga artikel ini dapat berguna buat kalian semua.. Salam..!!

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *