CARA MENGEBOR BETON YANG KERAS

By | April 10, 2023
Cara-Mengebor-Beton-yang-Keras
Halo sobat tehniq setanah air.. Gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya sekeluarga.. Okee.. jadi kali ini gw mau berbagi tips tentang cara mengebor beton yang keras. Mungkin sebagian dari kalian pernah coba ngebor dinding rumah. Dan pernah ga kalian menemukan kesulitan ngebor dinding dibagian pojok-pojok rumah kalian? Biasanya untuk mengebor daerah itu lebih sulit karena memang terbuat dari beton atau cor-coran yang lebih keras. Hal ini dikarenakan dinding beton yang di cor lebih banyak mengandung semen dan batu. Untuk mengebor dinding beton yang keras perlu ada hal yang kalian perlukan ya guys. Dan disini gw bakalan bahas itu semua buat kalian. Biar nanti kalian bisa ngebor dengan mudah di rumah kalian tanpa harus manggil tukang.  

TIPS MENGEBOR BETON COR YANG KERAS

Teknik dan peralatan dalam pengeboran beton cor memang berbeda dengan pengeboran pada kayu dan besi. Hal ini sangat wajar ya karena memang beton cor itu sifatnya lebih keras jika dibandingkan dengan besi dan kayu. Ada beberapa cara mengebor beton yang keras dan harus ada hal-hal yang harus kalian perhatikan juga disana. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan pengeboran :
  • Jenis mesin bor
  • Mata bor
  • Pengaturan kecepatan putar
Nah 3 hal tersebut harus kalian perhatikan dan persiapkan dulu ya guys. Dan seperti biasa saya akan menjelaskan ketiga hal tersebut terlebih dahulu. Nanti gw akan coba jelaskan tahapan dalam mengebor beton.  

JENIS MESIN BOR

Mengebor-Beton-yang-Keras-Menggunakan-Bor-Beton Ada jenis mesin bor tertentu yang bisa menembus beton cor. Dan mesin bor ini jenisnya yaitu :
  • Impact Drill
  • Rotary Hammer
Kedua jenis mesin bor ini memiliki kecepatan putar yang besar dan memiliki fitur impact. Perlu kalian ketahui, fitur impact ini sangat penting dalam pengeboran beton. Karena fitur ini dapat memberikan efek dentuman atau pukulan dengan putaran terus menerus sehingga dapat menembus beton keras sekalipun. Jadi pastikan ya, kalian menggunakan jenis mesin bor ini untuk mengebor beton cor yang sangat keras.  

MATA BOR

Mata-Bor-Beton Jenis mata bor untuk mengebor beton harus kalian perhatikan ya. Karena mata bor itu ada yang jenisnya khusus untuk beton. Dibagian ujuangnya biasanya diberikan tambahan diamond atau paling tidak mata bor jenis ini lebih tebal dan padat. Sehingga sangat kuat untuk menembus beton yang keras sekalipun. Intinya untuk mengebor beton tidak dibutukan ketajaman, tetapi kekuatan dan kepadatan dari ulir mata bor. Karena jika mata bor tipis dan tidak padat maka mata bor bisa patah saat dihajar pada beton cor.  

PENGATURAN KECEPATAN PUTAR

Dalam mengebor besi, kalian membutuhkan kecepatan putar bervariasi dan sedikit penekanan pada material. Dan untuk kayu, kalian bisa langsung mengebor dengan kecepatan sedang hingga tinggi. Tetapi lain dengan pengeboran beton ya. Kalian dapat melakukan pengeboran mulai dari speed sedang hingga tinggi saat mata bor sudah masuk kedalam lubang cukup dalam. Untuk kedalamannya sendiri saat kalian sudah masuk sekitar 1 cm, maka kalian sudah boleh menambahkan speed atau kecepatan putarnya ya. *Note : mesin jangan terlalu ditekan dengan badan  

TEKNIK MENGEBOR BETON COR

Setelah kita tau apa aja yang harus diperhatikan, maka selanjutnya yaitu gw akan membahas tentang teknik mengebor beton cor. Jadi walaupun kita sudah menyiapkan ketiga hal yang udah gw sebutin diatas, ternyata kita juga masih butuh yang namanya teknik. Hal ini sangat penting untuk kalian ketahui agar nantinya kalian mendapatkan hasil pengeboran maksimal tanpa harus merusak mesin bor dan mata bornya. Karena beton yang sangat keras, biasanya banyak user yang menekan mesin bornya terlalu keras dengan badannya. Mungkin karena mereka ingin pekerjaan lebih cepat selesai. Padahal tidak begitu ya guys,, sebenarnya fitur impact dari mesin bor beton sudah cukup untuk melakukan pengeboran dengan cepat. Jadi kalian tidak perlu menekannya terlalu keras, cukup dengan tenaga sedang saja untuk membantu mata bor menembuh beton. Dan untuk tata caranya sendiri yaitu bisa kalian perhatikan pada poin-poin berikut ini :
  • Tandai di titik mana kalian akan melakukan pengeboran
  • Mulai bor secara perlahan dan jangan menekan terlalu keras karena dapat merusak mata bor
  • Setelah mata bor sudah masuk sekitar 1 cm, maka kalian dapat menambahkan kecepatan putarnya.
  • Dan perlu diperhatikan, jika sudah lebih dalam maka kalian harus memutar mata bor secara terbalik untuk mengeluarkan debu-debu didalamnya. Hal ini untuk mencegah adanya penyumbatan yang membuat orang salah mengukur kedalaman.
  • Jika sudah dirasa lubang yang kalian bor sesuai kedalamannya, maka jangan matikan mesin bornya. Tetap lakukan pengeboran tanpa penekanan untuk mengeluarkan semua debu dari lubang bor.
Naahh itu tadi ya sedikit tips buat kalian tentang cara mengebor beton yang keras. Semoga setelah membaca artikel ini kalian bisa mengebor beton dengan lebih mudah ya. Dan tentunya dengan hasil yang lebih maksimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!   Baca juga :    

Impact Drill

Mesin-Bor-Impact-Drill

Rotary Hammer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *