DIMANA SAYA HARUS BELAJAR MENGELAS

By | April 5, 2023
Dimana-Saya-Harus-Belajar-Mengelas

Halo sobat tehniq yang tercinta,, gmn nih kabar kalian semua sekeluarga? semoga pada baik-baik saja ya.. Jadi kali ini gw mau berbagi pengalaman tentang permulaan gw dulu waktu mengelas. Disini gw mau menjawab pertanyaan netizen tentang dimana saya harus belajar mengelas?. Adanya pertanyaan ini mungkin karena banyak anak-anak muda yang pengen belajar ngelas tapi bingung harus mulai darimana.

Naahh.. klo memang itu kendala kalian, kebetulan banget nih karena gw punya pengalaman dalam memulai belajar mengelas dulu. Disini gw akan coba kasih info jalan yang bisa kalian mulai dalam belajar mengelas.

Okee.. langsung aja ya guys, berikut adalah cerita-cerita dari gw dan sedikit share pengalaman dan informasi buat kalian semua.

 

DIMANA SAYA HARUS MULAI BELAJAR MENGELAS

Jadi untuk menjawab pertanyaan tentang dimana saya harus belajar mengelas? maka jawaban dari gw itu ada 3 tempat yang bisa kalian tuju untuk mulai belajar mengelas guys.. Ketiga tempat tersebut yaitu :

  1. Kenalan welder profesional
  2. Sekolah las
  3. Perusahaan yang membuka magang

 

Naahh ketiga tempat itu tentunya akan kami jelaskan ya guys.. Ga mungkin dong gw cuma kasih info segitu doang. Disini gw akan share sedikit pengalaman gw buat kalian semua dari ketiga tempat tersebut dalam memulai belajar mengelas.

Oke langsung aja ya berikut adalah penjelasannya.

 

1. KENALAN WELDER PROFESIONAL

Tempat pertama yang bisa kalian datangi untuk mulai belajar mengelas adalah kenalan atau kerabat atau sodara kalian yang merupakan seorang welder profesional. Cara ini akan sangat cepat dan lebih mudah untuk kalian lakukan, karena kalian tidak perlu mendaftar kesana kesini ataupun melakukan ujian-ujian tertentu.

Tapi apakah kelebihan dan kekurangan dari belajar pada kenalan welder profesional? tentunya ada ya guys, karena semua pasti punya kelebihan dan kekurangan. Dan untuk kelebihan dan kekurangannya sendiri dapat kalian lihat pada poin dibawah ini :

Kelebihan :

  • Lebih cepat dalam belajar
  • Dapat mencoba sendiri berbagai hal dengan mudah akan beberapa teknik dan kecepatan mengelas.
  • Tidak terbatas waktu dalam belajar
  • Bebas biaya pendidikan

 

Kekurangan :

  • Kurang pengetahuan akan standard pengelasan dunia ( AWS )
  • Dapat mengembangkan kebiasaan atau mengelas yang buruk karena tidak sesuai dengan standard ( biasanya didasari dengan insting dan kenyamanan saja tanpa memikirkan keamanan dan standard kerja )
  • Tidak mendapatkan sertifikat, sehingga tidak diakui secara dokumen

 

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari belajar melalui kenalan ataupun kerabat terdekat kalian ya. Tentunya hal ini dapat kalian lakukan hanya untuk sekedar memulai belajar mengelas sehingga ada bekal. Yaaa paling tidak punya bekal lah ya daripada nol sama sekali.

 

2. SEKOLAH LAS

Yang kedua yaitu melalui sekolah las ya guys.. Kalo di Indonesia itu yang paling terkenal BLK ya. Adalagi yang namanya kampuh welding.. Pokoknya ada beberapa lah ya di Indonesia dan bisa kalian car tau sendiri.

Dengan kalian bersekolah tentunya kalian akan mendapatkan petunjuk dari guru yang sudah berpengalaman. Terus apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari mulai mengelas dari sekolah las??

Kelebihan :

  • Mendapatkan informasi pengelasan yang sesuai dengan standard pengajaran pengelasan
  • Paham dan mengetahui tentang informasi standard pengelasan dunia
  • Memiliki teman belajar yang bisa saling membantu
  • Mendapatkan akses menggunakan mesin las berkualitas dan alat-alat lainnya yang berkualitas pula
  • Mendapatkan sertifikat

Kekurangan :

  • Ada biaya yang dikeluarkan ( biasanya cukup mahal )
  • Waktu pembelajaran terbatas
  • Guru las tidak fokus pada kalian saja, tetapi akan berkeliling ke anak-anak lainnya yang sama-sama sedang belajar

 

Naahh itu tadi ya beberapa kelebihan dan kekurangan dari mulai belajar mengelas di sekolahan. Selanjutnya kita masuk pada poin magang ya.

 

3. MAGANG / PELATIHAN KERJA

Tempat yang ketiga dimana kalian bisa memulai belajar mengelas yaitu dengan mendaftar di pelatihan-pelatihan kerja atau magang. Biasanya pendaftaran pelatihan kerja ini bisa kalian dapatkan dari komunitas dan juga group-group pengelasan yang ada di sosial media.

Biasanya ada perusahaan-perusahaan yang memang fokus melatih pelajar-pelajar atau orang-orang baru. Dan memang dikhususkan untuk kerja di bidang tersebut, sehingga nantinya akan didapatkan calon kandidat yang layak untuk melanjutkan ke dunia kerja nyata.

Tapi apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari pelatihan kerja ini?? berikut adalah poin-poinnya :

Kelebihan :

  • Terkadang di bayar oleh perusahaan selama magang di perusahaan tersebut.
  • Mendapatkan sertifikat
  • Memiliki kesempatan untuk langsung bekerja jika memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan mereka
  • Punya pengalaman kerja turun langsung ke lapangan

Kekurangan :

  • Sulit mencari peluang ini
  • Jam kerja diatur
  • Kerja diatur sesuai dengan peraturan kerja lapangan yang diterapkan disana

 

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari belajar mengelas di dunia permagangan ya guys. Dan tentunya dari ketiga poin tersebut kalian bisa memilih untuk memulai dari yang mana dlu.

Klo pengalaman gw pribadi sih gw mulai dari kenalan dulu. Belajar secara kasar akan alur dan kecepatan pengelasan secara dasar. Setelah itu baru gw coba untuk sekolah secara profesional ataupun magang jika kalian mendapatkan kesempatan tersebut.

 

KESIMPULAN

Dari ketiga penjelasan yang sudah kami jabarkan tersebut maka dapat kita tarik kesimpulan ya guys. Bahwa dalam memulai belajar mengelas itu kalian harus menetapkan dulu mau memulainya darimana. Kalian harus tau arah dan tujuan kalian terlebih dahulu sebelum mulai melangkah.

Okeee.. jadi mungkin sampai disini dulu ya artikel dari gw.. Semoga kalian mendapatkan jalan rejeki yang berkah melalui dunia pengelasan.. Amiinnn dan Salam..!!

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *