JENIS MESIN AMPLAS SANDER DAN FUNGSINYA

By | April 12, 2023
Jenis-Mesin-Amplas-Sander-dan-Fungsinya

Halo sobat tehniq setanah air,, kalian pernah bertanya-tanya tentang bentuk-bentuk dan fungsi dari masing-masing jenis mesin amplas sander ga sih? Kalo pernah dan kalian belum tau jawabannya, maka pada artikel kali ini gw mau bantu jawab pertanyaan kalian itu. Jadi kali ini gw mau bahas tentang jenis mesin amplas sander dan fungsinya.

Dengan adanya bahasan ini, diharapkan nantinya kalian bisa menggunakan setiap jenis sander sesuai dengan fungsinya. Jadi klo udah seperti itu pastinya hasil yang kalian dapatkan akan lebih maksimal dan waktu pengerjaan anda juga akan lebih cepat dan efektif.

Okee.. jadi langsung aja ya gw akan coba jelasin poin-poinnya pada penjelasan dibawah ini.

 

JENIS & FUNGSI MESIN AMPLAS SANDER

Sebelum kita masuk kedalam penjelasan tentang fungsi masing-masing jenis sander. Terlebih dahulu gw mau sebutin dulu nih apa aja sih jenis-jenis sander yang ada saat ini?? berikut ini adalah beberapa jenis sander yang perlu kalian ketahui :

  • Orbital Sander
  • Sheet / Palm Sander
  • Belt Sander
  • Drum Sander

Jenis-Mesin-Amplas-Sander

 

Nah ada 4 jenis mesin amplas yang umum di dunia yaitu sudah gw sebutin diatas dan juga berikut gambarnya juga udh gw lampirkan ya.. Tentunya kalian bisa lebih mudah membedakan masing-masing. Dan untuk masing-masing fungsinya akan gw jelasin pada beberapa poin dibawah ini ya guys..

 

FUNGSI MESIN AMPLAS ORBITAL SANDER

Orbital-Sander-Mesin-Amplas-Orbital

Yang pertama yaitu mesin amplas orbital sander. Mesin amplas ini biasanya memiliki bentuk alas persegi dan juga bulat. Penggunaan orbital sander dapat digunakan untuk pengamplasan area yang lebar untuk finishing halus.

Pegangan dan bentuknya membuatnya sangat cocok untuk digunakan pada area yang luas atau lebar. Untuk itu dinamakan orbital yang artinya mengorbit atau berputar-putar diarea yang luas.

Yang tidak bisa dilakukan dengan amplas itu yaitu pengamplasan sudut, karena bagian amplasnya tidak akan bisa menjangkau bagian sudut terdalam.

 

MESIN AMPLAS SHEET / PALM SANDER

Palm-Sander-Mesin-Amplas-Kotak

Yang kedua yaitu jenis palm / sheet sander yang sangat cocok digunakan untuk mengamplas bagian-bagian yang kecil atau tidak lebar. Ukuran dan bentuknya yang kecil membuatnya dapat mengamplas bagian sudut kayu yang tidak bisa dilakukan dengan orbital sander.

Amplas palm sander tidak cocok untuk mengamplas area yang luas, karena ukuran yang kecil membuatnya sangat lama untuk melakukannya. Jadi alat ini tidak direkomendasikan untuk mengamplas area kayu yang luas.

 

MESIN AMPLAS BELT SANDER

Jenis-Mesin-Amplas-Belt-Sander

Penggunaan amplas jenis belt sander ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan material yang menempel pada kayu ataupun besi. Seperti cat, pernis, karat dan semacamnya. Kecepatan putar dan panjangnya kertas amplas pada belt sander memungkinkannya menghilangkan material yang menempel pada benda.

Amplas belt sander tidak cocok digunakan untuk finishing karena kekuatan putarannya yang terlalu besar membuatnya dapat menggerus kayu dengan lebih cepat. Sedangkan dalam proses finishing kalian hanya butuh menghaluskan bagian yang ingin diselesaikan.

 

MESIN AMPLAS DRUM SANDER

Jenis-Mesin-Amplas-Drum-Sander

Jenis mesin amplas yang terakhir yaitu Drum sander yang memiliki bentuk seperti meja atau tabel saw. Dan amplasnya sendiri berbentuk tabung yang agak panjang, sehingga dapat mengamplas area yang lebih luas pada saat sekali amplas.

Penggunaannya sendiri biasa digunakan untuk pengamplasan pada bahan yang lebar dan tipis. Seperti triplek, kayu tipis, multiplek tipis, dll.

 

KESIMPULAN

Nah itu tadi ya guys jenis mesin amplas sander dan fungsinya yang perlu kalian ketahui. Tentunya setelah membaca artikel ini, kami harapkan kalian sudah bisa menggunakan jenis sander yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Karena jika kalian menggunakan sander yang tepat, maka pekerjaan akan semakin efisien, cepat dan lebih rapi.

Okee paling sampai disini dlu ya artikel dari kami.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian smua.. Salam..!!

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *