CARA MENGEBOR UBIN KERAMIK AGAR TIDAK MELESET

By | May 2, 2019

Halo para sobat tehniq setanah air.. Balik lagi di blog tehniq.com nih. Kali ini kami mau bahas tentang cara mengebor ubin keramik agar tidak meleset nih. Karena untuk mengebor ubin keramik itu ga bisa asal ngebor aja. Tau sendiri kan kalo ubin keramik itu keras dan juga licin. Jadi mata bor beton tidak akan mudah menembus ubin keramik ini. Untuk itu perlu adanya tips cara mengebor ubin keramik agar tidak meleset dari blog tehniq.com ini.

 

Kalian pasti udah pada pernah tau atau denger tentang mata bor besi yang bisa mengebor pipa besi. Karena pada jaman dulu, ngebor pipa besi itu susahnya minta ampun. Udah kontur permukaan yang melengkung, ditambah permukaan dari pipa besi itu halus dan licin. Jadi pada saat itu, mata bor besi biasa akan sulit untuk menembus pipa besi tersebut dikarenakan mata bor tersebut selalu meleset saat memulai melakukan pengeboran.

 

Jadi para tukang banyak yang ngakalin mata bornya dengan menggerinda mata bor besi mereka agar bagian ujung mata bornya memiliki ketajaman yang cukup untuk membuat titik pada besi agar mata bor tidak meleset saat melakukan pengeboran. Tapi karena canggihnya teknologi saat ini, mata bor besi tersebut saat ini banyak yang mengalami metamorfosis. Beberapa produsen mata bor mulai memodifikasi mata bor besi mereka untuk dapat mengebor besi pipa tanpa meleset dan tanpa perlu menggerinda ulang ujung mata bornya seperti cara lama yang dilakukan para tukang.

 

Tapi kalian tau ga? bahwa belum ada lho teknologi mata bor yang dapat menembus ubin keramik. Jadi saat ini, belum ada mata bor yang mengalami modifikasi untuk dapat menembus ubin keramik. Tapi kalian tau ga kalo tehniq.com punya cara mengebor ubin keramik agar tidak meleset lho.

 

 

CARA MENGEBOR UBIN KERAMIK AGAR TIDAK MELESET

Jadi waktu itu gw mau masang cantolan atau gantungan baju di kamar mandi baru gw. Tapi masalahnya, dinding kamar mandi gw udah dipasang full keramik. Dan akhirnya gw keluarin deh mesin bor gw yang oke punya buat ngebor keramik tersebut agar nantinya cantolan atau gantungan baju gw bisa dipasang dengan sekrup.

Cara-Mengebor-Ubin-Keramik-Agar-tidak-Meleset

 

Pas gw mulai ngebor, eh ternyata ga segampang yang gw bayangin. Mata bor gw terus-terusan meleset dari keramik yang udah gw tandain untuk posisi masang cantolan atau gantungan bajunya. Udah gw coba tekan dengan sekuat tenaga eh yang ada malah makin meleset dan mesin bor gw lepas dari genggaman gw.

 

Terus gw mikirin caranya sendiri nih. Mungkin bisa diketrik atau diketok kaya ngebor besi kali ya. Karena kalian pasti tau, cara ngebor besi itu harus diketrik atau diketok dulu bisa mata bor ga meleset. Fungsinya untuk memberi cekungan kecil agar mata bor tidak lari kemana-mana.

 

Nah gw cobain tuh ketrik atau ketok ubin keramik kamar mandi gw buat ngasih cekungan. Lah alhasil yang ada keramik gw malah retak, dan gw ga mikir kalo keramik itu kan gampang retak kalo dipukul pake besi. Spontan gw langsung nyesel pake cara itu guys, karena satu keramik gw rusak akibat salah gw sendiri. Padahal kamar mandi gw udah rapi, udah cakep banget dah pokoknya.

 

Tapi gw masih belum nyerah guys. Gw tetep cari cara buat ngelubangin ubin keramik gw tanpa perlu ngerusak ubin keramik gw. Setelah gw browsing-browsing diinternet sekian lama, akhirnya gw dapetin cara mengebor ubin keramik agar tidak meleset nih guys. Yeaayy..!!

 

 

TRIK CARA MENGEBOR UBIN KERAMIK AGAR TIDAK MELESET

Nah ini nih trik cara mengebor ubin keramik agar tidak meleset. Tapi sebelum memulai mengebor, ada beberapa peralatan yang harus kalian siapin nih. Berikut adalah beberapa peralatan yang kamu butuhkan untuk mengebor keramik :

  1. Center Punch ( Penanda Titik )
  2. Palu ( Ukuran Bebas )
  3. Lakban Hitam ( jangan yang tipis bening )
  4. Mesin Bor
  5. Mata Bor Beton
  6. Fischer

Untuk mengetahui gambar dari keenam peralatan tersebut agar kalian bisa membelinya, anda bisa melihat beberapa gambar dibawah ini ya guys.

Cara-Mengebor-Ubin-Keramik-Agar-tidak-Meleset-Peralatan-yang-Dibutuhkan

TAHAP-TAHAP MENGEBOR UBIN KERAMIK

Ada beberapa tahap yang perlu kalian lakukan ya jika kalian sudah dapetin semua peralatan tersebut. Tapi jika kalian tidak memiliki beberapa benda yang sudah kami sebutkan diatas, kalian bisa kok cari alternatif benda lainnya yang bisa memiliki fungsi yang sama.

 

Oke jadi hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menempelkan Lakban hitam pada ubin keramik yang akan kalian lubangi.

Cara-Mengebor-Ubin-Keramik-Agar-tidak-Meleset-Pasang-Lakban

 

Cara menempelkannya adalah ditempel 2x. Tempelan yang pertama ditempel dengan arah vertikal atau mendatar. Dan tempelan yang kedua yaitu ditempel dengan arah horizontal atau keatas. Jadi nantinya tempelan lakban tersebut akan berbentuk seperti tanpa plus atau tanda silang. Lihatlah gambar diatas untuk lebih jelasnya.

 

Kenapa harus ditempel 2x? Jawabannya adalah agar permukaan lakban akan lebih tebal dan dapat ditandai dengan center punch tanpa merusak bagian permukaan ubin keramik.

MEMBERI TANDA TITIK PADA LAKBAN

Hal yang kedua ada tandai titik yang akan anda bor pada bagian tengah lakban yang sudah menempel tadi. Lihatlah gambar diatas untuk lebih jelasnya.

 

Jika sudah ditandai untuk titik bornya, maka hal selanjutnya adalah gunakan center punch anda untuk menandai titik yang kalian buat tadi. Fungsi center punch disini adalah membuat cekungan atau lekukan kedalam agar nantinya mata bor dapat masuk kedalam lakban tersebut. Jadi mata bor nantinya tidak akan meleset walaupun bersentuhan dengan permukaan keramiknya. Jadi fungsi lakban disini adalah menahan mata bor agar tidak meleset kemana-mana. Jika kalian tidak memiliki center punch, kalian bisa menggunakan paku tetapi buat agak tumpul ujungnya.

Cara-Mengebor-Ubin-Keramik-Agar-tidak-Meleset-Bor-Titik-yang-Sudah-Ditandai

MEMULAI PENGEBORAN DAN MEMASANGKAN FISCHER

Hal yang terakhir yang perlu kalian lakukan adalah menyalakan mesin bor kalian dan mulai mengebor pada titik yang sudah kalian tandai tadi. Pertama gunakan speed lambat yaitu dengan menekan tombol powernya secara perlahan dan kemudian gunakanlah speed paling cepat dengan menekan penuh tombol powernya. Hal ini dimaksudkan agar lubang bor yang kalian dapatkan nanti konsisten (bulat sempurna) dan rapi.

 

Jika kalian sudah melakukan semua tahapan tersebut, kami yakin kalian pasti sudah bisa mengebor dinding ubin keramik anda. Dan terakhir masukkan fischer pada lubang tersebut dengan cara memukulnya menggunakan palu secara perlahan. Fungsi fischer disini adalah menahan mur atau paku yang kalian masukkan pada lubang bor tadi agar tidak longgar dan dapat menancap dengan kuat ( Mengikat Mur atau Paku agar tidak mudah lepas ).

 

Okelah kalo begitu, cukup sekian informasi tentang cara mengebor ubin keramik agar tidak meleset. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa untuk selalu mempercayakan kebutuhan alat-alat teknik anda di www.tehniq.com ya. Kalian bisa membeli semua peralatan teknik yang kami sebutkan diatas di website kami www.tehniq.com. Dapatkan hadiah dan promo-promo menarik dari kami untuk pengalaman belanja yang memuaskan.

 

Dan bagi kalian yang suka nonton youtube dan suka mencari tips dan juga trik menggunakan peralatan kalian dirumah. Kalian bisa mengunjungi channel youtube kami disini >> CHANNEL YOUTUBE <<.

Kalian juga bisa mencari perbandingan harga serta spesifikasi asli dari uji coba mesin dan alat-alat teknik kami yang beragam di channel tersebut. Yaw dah kalo gitu, ga perlu berlama-lama lagi. Kami pamit undur diri.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *