CARA CEPAT DAN MUDAH MELEPASKAN KERAMIK LANTAI

By | March 30, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya. Bagi kalian yang saat ini sedang ada dirumah, tentunya artikel-artikel dari kami bisa menambah pengetahuan dan menemani waktu kalian dirumah. Jadi pas banget kan, baca artikel sekalian buat ngabisin waktu santai dirumah.. Dan berikut ini kami mau kasih artikel menarik yaitu tentang cara cepat dan mudah melepaskan keramik lantai.

 

Jadi ada beberapa cara nih yang bisa kalian lakukan untuk melepaskan keramik dengan mudah dan cepat. Dan Ada juga cara yang bisa kalian lakukan untuk melepaskan keramik tanpa pecah, hanya saja lebih lama. Jadi artikel ini akan kami fokuskan untuk cara cepat dan mudah melepaskan keramik lantai aja.

 

Untuk yang cara melepaskan keramik tanpa pecah tetap akan kami sampaikan hanya saja tidak mendetail. Karena menurut kami cara tersebut lebih lama. Kecuali bagi kalian yang kerja harian, ga papa juga dilama-lamain biar dapet duit banyak.. Hehehe.. tapi jangan ya.. kasian juga yang punya rumah, pengen rumahnya cepat selesai.

 

 

CARA CEPAT DAN MUDAH MELEPASKAN KERAMIK LANTAI

Untuk cara cepat dan mudah melepaskan keramik lantai ini kami bagi menjadi dua cara ya guys. Karena kebutuhan untuk pemasangan lantai biasanya ada 2 yaitu diantaranya :

  • Melepas keramik kemudian menambahkan ketinggian lantainya dengan menumpuk semen diatas alas semen keramik sebelumnya yang sudah terlepas.
  • Melepaskan keramik dan juga membobok semen alas keramik agar nantinya keramik baru dapat dipasang dengan ketinggian yang sama.

 

Jadi cara yang pertama adalah memasang ulang keramik dengan menambah ketinggian keramiknya. Yaitu dengan cara melepaskan keramik tanpa harus merusak alas semen keramiknya. Jadi nanti tinggal ditumpuk semen baru dan dipasang keramik lantai baru.

 

Dan cara yang kedua adalah memasang ulang keramik dengan ketinggian yang sama. Yaitu dengan cara melepaskan sekaligus menghancurkan alas semennya, agar nanti bisa disemen ulang.

 

Nah kedua cara ini masing-masing berbeda dalam penggunaan alatnya. Maka dari itu kami membagi cara cepat dan mudah melepaskan keramik lantai ini menjadi 2 cara.

 

1. MELEPAS UNTUK MEMASANG KERAMIK LEBIH TINGGI

Untuk cara yang pertama dibutuhkan cara yaitu dengan mencongkel keramik sehingga tidak menghancurkan bagian alas semennya.

 

Cara ini bisa kalian lakukan dengan menggunakan beberapa alat berikut :

  • Pahat Beton
  • Pry Bar / Wrecking Bar ( Hampir sama kaya Linggis )

 

Pahat-Beton-dan-Pry-Bar-Wrecking-Bar-Linggis

 

PAHAT BETON

Alat pertama adalah alat yang sangat banyak digunakan para tukang sampai saat ini ya. Pastinya kalian semua udah tau yang namanya pahat beton ini. Alat bisa digunakan untuk membobok tembok ataupun melepaskan lantai.

Cara-Cepat-dan-Mudah-Melepaskan-Keramik-Lantai-Menggunakan-Pahat-Beton

 

Kalian hanya cukup menggunakan palu martil kecil untuk memukul-mukul pahat beton pada bagian ujung lantai agar lantai dapat terlepas dengan mudah. Kekurangan dari alat ini yaitu berbahaya untuk tangan kalian. Karena resiko meleset dan menghantam tangan kalian itu sangat mungkin terjadi.

 

Untuk itu kami sarankan anda menggunakan sarung tangan kulit atau sarung tangan pelindung. Untuk melindungi luka ataupun memar yang parah jika terkena palu martil ke tangan anda.

 

PRY BAR / WRECKING BAR

Dan alat yang kedua yaitu pry bar atau wrecking bar. Alat ini hampir sama seperti linggis tetapi bukan linggis. Karena dikhususkan penggunaannya untuk melepaskan keramik lantai. Alat ini memiliki 2 bagian kepala yaitu bagian penyongkel dan bagian lainnya seperti pahat beton.

 

Cara-Cepat-dan-Mudah-Melepaskan-Keramik-Lantai-Menggunakan-Pry-Bar-Wrecking-Bar-Linggis

 

Alat ini juga bisa kalian gunakan menggunakan pantuan palu martil untuk mencongkel lantai. Dan setelah lantai tercongkel, Kalian bisa langsung melepaskan lantai lainnya dengan bagian kepala pahatnya. Dengan panjang pry bar yang melebihi pahat beton, tentunya pekerjaan anda akan semakin mudah.

 

Ditambah alat ini memiliki berat yang lebih ringan ketimbang linggis, sehingga lebih mudah untuk anda dalam bekerja. Kenapa kami tidak menyarankan linggis untuk mencongkel lantai? ada 2 faktor yaitu berat dan ukuran bagian pahatnya yang tebal atau kurang tajam.

 

Jadi untuk masuk kedalam sela-sela lantai akan susah. Kecuali emang kalian pengen menghancurkan lantai dengan cara dipukul. heheh

 

 

2. MELEPAS UNTUK MEMASANG KERAMIK DENGAN TINGGI YANG SAMA

Jika tadi kita berbicara tentang pemasangan lantai dengan cara menumpuk alat lantai yang ada. Sehingga lantai yang baru nantinya lebih tinggi. Maka selanjutnya kita berbicara tentang pemasangan lantai baru dengan tinggi yang sejajar.

 

Hal ini tentunya butuh penghancuran bagian alas lantai agar terdapat ruang untuk menumpuk semen yang baru. Jadi tinggi lantai dapat disesuaikan lagi seperti semula.

 

Jadi intinya disini kalian harus melepaskan lantai sekaligus menghancur bagian alasnya. Tentunya cara cepat dan mudah melepaskan keramik lantai dan sekaligus menghancurkan alasnya yaitu menggunakan mesin. Mesin yang kami maksud disini adalah power tools ya.

 

Dan power tools atau mesin yang cocok untuk melepaskan lantai sekaligus menghancurkan alas lantainya yaitu :

  • Jack Hammer
  • Demolition Hammer

 

Jack-Hammer-dan-Demolition-Hammer

 

JACK HAMMER

Alat pertama yang bisa kalian gunakan yaitu jack hammer. Jack hammer adalah versi kecil dari demolition hammer yang lebih enteng bobotnya. Bentuknya diserupakan seperti mesin bor tetapi fungsinya bukan untuk mengebor melainkan lebih kearah bor bobok.

 

Tapi selain bisa digunakan untuk bor bobok, jack hammer ternyata bisa difungsikan juga untuk melepaskan lantai sekaligus menghancurkan alas lantainya.

 

Cara-Cepat-dan-Mudah-Melepaskan-Keramik-Lantai-Menggunakan-Jack-Hammer

 

Aktifkan mode chipping dan gunakan mata chipping agar dapat melepaskan lantai dan juga menghancurkan bagian alasnya. Untuk mata bornya bisa kalian lihat pada gambar diatas ya.

 

DEMOLITION HAMMER

Alat yang lebih berat dan penghancur selanjutnya yaitu demolition hammer. Alat ini adalah alat penghancur dan pembobok baik beton, aspal bahkan beton jembatan dan juga jalan.

 

Jadi alat ini bisa dikategorikan kelas berat kalo di pertandingan tinju. Kecepatan dalam membobok dan melepaskan lantai tentunya lebih cepat dibandingkan dengan jack hammer. Tapi dari sisi harga juga beda lah ya.

 

Untuk itu pastikan gunakan alat yang sesuai dengan pekerjaan anda. Karena ada pekerjaan yang dituntut cepat dan ada juga yang tidak terlalu menuntuk kecepatan. Asal rapi aja kerjaannya.

 

Cara-Cepat-dan-Mudah-Melepaskan-Keramik-Lantai-Menggunakan-Demolition-Hammer

 

Penggunaannya sendiri cukup mudah. Kalian tidak perlu terlalu menekannya. Cukup pegang dan stabilkan gerakannya agar dapat membobok daerah yang anda inginkan dengan tepat.

 

Tapi jika kalian males atau capek karena kalian udah mulai berumur kaya gw. Kalian bisa beli alat tambahan untuk memudakan pekerjaan anda seperti alat dibawah ini.

 

Alat-Bantu-Demolition-hammer

 

Kalo pake alat itu mah tinggal sorong aja ya.. Hehehe..

 

Okee jadi itu tadi ya beberapa cara cepat dan mudah melepaskan keramik lantai yang dapat kalian gunakan. Semoga pekerjaan kalian jadi lebih mudah ringan dan juga cepat. Kalo customer puas, tentunya kerjaan kalian bisa mengalir kaya wavin. Hehehe

 

Yaw dah kalo gitu.. sampai disini ya artikel kami. semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *