CARA KERJA MESIN POTONG PLASMA CUT

By | February 21, 2023
Thumbnail-Cara-Kerja-Mesin-Potong-Plasma-Cut

Halo sobat tehniq setanah air.. Ada gak salah satu dari sobat tehniq yang kerja atau berprofesi di bidang pemotongan plat besi dengan mesin plasma cut? Kalo kalian ada yang kerja disna,, pertanyaannya sebenernya kalian udh tau belum cara kerja mesin potong plasma cut ditempat kerja kalian itu?

Sebagai orang yang bekerja profesional di bidang pekerjaan itu, ya setidaknya kalian harus tau lah ya cara kerja mesinnya. Biar nanti kalian tau lebih detail tentang pekerjaan kalian, dan tak hanya itu ya. Kalian juga bisa mengajari customer yang bertanya-tanya ataupun karyawan baru yang baru bergabung dengan kalian.

Tentunya tidak ada ilmu pengetahuan yang sia-sia kok. Semua yang kalian pelajari bakalan berguna buat kalian dan orang lain.. ( Mode Bijaksana ).. hohohoh.. Oke deh daripada banyak-banyak ngoceh mending langsung aja gw jelasin cara kerja mesin plasma cut pada poin dibawah ini.

 

CARA KERJA MESIN PLASMA CUT

Cara-Kerja-Mesin-Plasma-Cut

 

Sebelum kita masuk ke penjelasan cara kerja mesin potong plasma cut ini, ada baiknya gw jelasin dikit tentang apa itu plasma cut itu sendiri. Buat nambah-nambahin konten aja biar makin dan makin banyak tulisannya.. hehehe

Oke jadi plasma cut atau pemotong plasma adalah alat yang bekerja dengan udara / gas yang bertekanan tinggi hingga menghasilkan api seperti laser yang dapat memotong besi.

Penggunaan mesin plasma cut ini sendiri cukup banyak ya,, biasanya untuk membuat pola pada plat besi, pagar, memotong besi, dll.

 

BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Seperti janji gw tadi ya,, setelah gw jelasin tentang pengertian dari mesin plasma maka selanjutnya gw bakalan bahas tentang cara kerja dari mesin plasma cut ini sendiri. Nah langsung aja begini ceritanya.

 

Cara-Kerja-dari-Mesin-Potong-Plasma-Cut

 

Jadi pemotong plasma ini memiliki busur listrik yang dapat menghasilkan partikel plasma terionisasi. Artinya partikel ini bereaksi dengan busur listrik sehingga menjadi nyala api bertekanan tinggi.

Partikel yang sudah berupa nyala api bertekanan ini nantinya akan didorong dengan udara dari kompresor ataupun gas nitrogen dari kompresor sehingga jadi lebih padat. Partikel yang ditekan dan memadat karena tekanan udara tersebut, diarahkan pada nosel berukuran kecil sehingga lebih memadat dan tajam.

Nah partikel plasma yang keluar dari nozel inilah hasil akhir dari proses kerja plasma cut.

 

JENIS MESIN PLASMA CUT

Setelah gw bahas pengertiannya dan juga cara kerjanya, kayanya biar lebih lengkap lagi nih.. Gw bakal jelasin tentang jenis dari plasma cut ini ada berapa sih?

Nah untuk jenisnya yang utama ada 2 ya guys,, berikut adalah jenisnya :

  • DC Plasma Cut ( Arus Searah )
  • Inverter Plasma Cut

 

Untuk plasma cut DC ini menggunakan busur listrik yang terbatas tetapi membutuhkan konsumsi listrik yang tinggi. Pemotongannya sendiri lebih kasar, karena busurnya sendiri hanya cukup untuk melelehkan besi. Jadi setelah proses pemotongan dengan plasma cut ini, anda harus lebih ekstra untuk menghaluskan hasil potongannya lagi.

Dan untuk plasma cut yang kedua yaitu Plasma Cut inverter. Mesin pemotong dengan inverter ini menghasilkan busur listrik yang lebih panjang dan panas. Panasnya sendiri hingga mencapai 150.000 derajat Farenheit atau setara dengan 65.000 derajat Celcius.

Karena panas banget, artinya mesin jenis ini dapat memotong logam lebih cepat dan rapi ketimbang jenis plasma DC.

 

PENUTUP

Okee.. jadi itu tadi ya beberapa informasi yang bisa gw tuliskan untuk kalian semua.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua yang memang menggeluti pekerjaan di bidang ini. Atau yang memang sedang mempelajari mesin plasma cut ini di Sekolahnya ataupun di tempat kerjanya.

Yaw dah paling sampai disini dlu ya guys.. Salam..!!

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *