CARA KERJA DONGKRAK HIDROLIK

By | June 9, 2021
Thumbnail-Cara-Kerja-Dongkrak-Hidrolik

Halo sobat tehniq yang setia.. mohon maaf banget nih gw udah lama banget ga update artikel lagi. Dikarenakan gw sedang mempelajari banyak hal dan kesibukan lain. Tapi tenang aja.. kalo mr. P mah masih aktif di youtube dan sosmed, jadi kalian masih bisa mantengin dia. Oke jadi kali ini gw mau membahas tentang cara kerja dongkrak hidrolik yang perlu kalian ketahui.

 

Kita semua tau ya, dongkrak hidrolik itu sangat membantu kita terutama untuk mengangkat beban yang sangat berat seperti contohnya mobil, motor, mesin, dll. Dengan tenaga manusia, tentunya mengangkat beban yang sangat berat akan beresiko tinggi karena dapat menyebabkan kecelakaan kerja yang fatal.

 

Nah kalo cuma asal pakai doang sih ga seru ya,, harusnya kita kudu tau juga dong cara kerja dongkrak hidrolik itu seperti apa. Karena dengan kita tau cara kerja dari dongkrak hidrolik ini, kita bisa memperdalam wawasan kita dan bahkan bisa membuat kita berani membongkar dongkrak kita sendiri.

 

Syukur-syukur bukan cuma bongkrak doang ya.. sampai tahap memperbaiki juga lah pastinya. Hehehe

 

Dan perlu kalian ketahui dan akan kami tekankan disini terlebih dahulu. Disini kami hanya akan membahas cara kerja dongkrak hidrolik tipe dongkrak buaya dan dongkrak botol saja. Karena untuk membahas cara kerja semua tipe dongkrak akan membuat artikel terlalu panjang dan bikin kalian pusing.

 

Jadi disini kita belajar dan santai-santai aja ya.. Oke yang pertama kami akan membahas cara kerja dongkrak buaya terlebih dahulu.

 

CARA KERJA DONGKRAK BUAYA HIDROLIK

Cara-Kerja-Dongkrak-Buaya-Hidrolik

 

Secara umum, bentuk dari dongkrak buaya jika dibongkrak akan terlihat seperti itu ya. Pada gambar diatas kami coba untuk membuat ilustrasi bagian dalam dari dongkrak buaya. Dan bisa kalian lihat, pada bagian dongkrak buaya ini terdapat 3 bagian penting yang membuat dongkrak dapat mengangkat beban. Bagian-bagian tersebut diantaranya dalah :

  • Pengangkat beban
  • Tuas pengungkit
  • Silinder hidrolik

 

Secara garis besar, cara kerja dari dongkrak ini yaitu bagian tuas pengungkit akan mendorong cairan atau liquid yang ada di dalam tabung. Cairan liquid yang terdorong tadi akan mendorong silinder hidrolik terus menerus sesuai dengan gerakan tuas pengungkit.

 

Silinder hidrolik yang terdorong tadi juga akan mendorong bagian pengangkat beban terus keatas hingga dapat mengangkat beban dengan ketinggian yang kalian tentukan. Ketinggian angkat bisa kalian tentukan sembari memompa tuas pengungkit tadi ya. Jika dirasa cukup ya tinggal stop aja,, jangan dipompa terus, ntar malah terbang.. Hehehe.. nggak ding becanda.

 

Cara-Kerja-Dongkrak-Buaya-Hidrolik-Saat-Mengangkat-Beban

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat ilustrasi proses kerja dongkrak buaya diatas ya.. Walaupun gambarnya agak jelek tapi semoga bisa dapat terlihat jelas dan dapat anda pahami maksudnya.

 

Jika kalian lihat dibagian tabung liquid yang berwarna merah kusam itu, terdapat 3 titik hitam yang disebut dengan katup. Katup tersebut fungsinya untuk mengalirkan liquid dan mengunci liquid agar tidak mengalir lagi. Jadi saat kalian mengangkat tuas, maka kedua katub dibagian belakang akan terbuka dan liquid dari tabung kecil tersedot.

 

Dan saat anda menekan tuas pengungkitnya turun, maka kedua katub tadi akan menutup. Liquid yang terdorong akibat tekanan dari tuas yang anda tekan akan membuka katub bagian depan. Jadi liquid dapat mengalir dan menekan silinder hidrolik agar dapat maju kedepan dan mendorong bagian pengangkat beban keatas.

 

Sampai disini semoga kalian bisa memahami apa yang coba kami jelaskan ya. Untuk melihat proses kerja dari dongkrak tipe ini, anda bisa melihatnya pada video youtube berikut : video dongkrak buaya

 

DONGKRAK BOTOL HIDROLIK

Cara-Kerja-Dongkrak-Botol-Hidrolik

Tipe dongkrak yang kedua yaitu dongkrak botol ya. Nah disini kami juga akan coba untuk menjelaskan tentang cara kerja dongkrak hidrolik tipe dongkrak botol. Dan jika dibongkar, kurang lebih gambar dari dongkrak botol itu seperti itu ya, bisa kalian lihat pada gambar diatas.

 

Sama seperti dongkrak buaya, dongkrak botol juga memiliki 3 bagian utama yang berperan penting dalam proses pengangkatan. Tapi disitu kami tambahkan lagi 2 katup yang fungsinya sama seperti fungsi katub pada dongkrak buaya.

 

Nah untuk cara kerjanya kurang lebih sama dengan dongkrak buaya, tetapi perbedaannya ada pada jumlah katupnya ya. Katub pada dongkrak botol hanya 2, dengan rincian satu katup bagian atas untuk menghisap liquid pada bagian tabung yang berwarna hijau.

 

Dan katup kedua bagian bawah digunakan untuk melepaskan liquid yang sudah terhisap tadi, agar dapat mendorong pengangkat bebannya. Katub pertama akan terkunci saat katub kedua terbuka ya, jadi liquid pada tabung hijau tidak akan bergerak lagi atau terkunci.

 

KESIMPULAN

Cara kerja dongkrak hidrolik secara singkat yaitu dengan mendorong liquid atau cairan khusus menggunakan tuas pengungkit hingga pengangkat beban terdorong naik.

 

Oke jadi itu tadi ya kesimpulan yang bisa kita ambil dari cara kerja dongkrak hidrolik secara singkat. Semoga artikel ini dapat kalian mengerti dan tentunya dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *