CARA KERJA MESIN IMPACT WRENCH

By | May 18, 2020
Thumbnail-Cara-Kerja-Mesin-Impact-Wrench

Halo sobat tehniq setanah air.. Balik lagi ya di blog informatif, dedukatif dan imaginatif ini ya. Hohoho.. Oke jadi kali ini kami akan membahas sedikit tentang cara kerja mesin impact wrench. Kenapa bisa memiliki daya hantam yang tinggi tetapi tetap berputar untuk membuka dan memasang baut.

 

Hal ini juga bisa terjadi pada mesin bor impact guys. Kurang lebih cara kerjanya pasti hampir sama dengan impact wrench ini. Mungkin bedanya ada disisi kecepatan putarnya saja karena memang mesin bor dirancang untuk melubangi bukan untuk membuka baut.

 

Sedangkan impact wrench dirancang untuk memasang dan melepaskan baut, jadi butuh kekuatan hantam yang besar untuk melepaskan baut tersebut. Untuk itu jangan kaget kalo impact wrench memiliki nilai RPM yang lebih rendah ketimbang mesin bor.

 

Nah yaw dah langsung aja ya kita bahas cara kerja mesin impact wrench biar gregetnya dapet ya.

 

 

CARA KERJA MESIN IMPACT WRENCH

Oke langsung aja ya kita bahas mengenai impact wrench ini sendiri. Jadi sebelum kami membahas cara kerja mesin impact wrench, pertama-tama kami akan membahas tentang apa itu impact wrench. Biar artikel ini semakin lengkap dan semakin banyak ngomong.. wekekek.

 

Jadi langsung aja.. Impact wrench adalah salah satu jenis power tools yang dibuat dengan sistem impact atau hentakan atau pukulan untuk membuka dan memasang baut dengan cepat dan mudah. Jadi dengan alat ini kalian bisa memasang dan membuka baut dengan mudah tanpa memerlukan kunci pas atau kunci socket.

 

Biasanya penggunaan impact wrench digunakan pada industri konstruksi, manufaktur, transportasi dan juga otomotif ya guys. Sebenernya masih banyak industri yang menggunakan mesin impact wrench ini, tapi tentunya ga bisa kami sebutin satu-satu ya.

 

Tentunya karena keterbatasan ilmu yang kami miliki juga. Jadi kami tidak berani mengutarakan informasi yang tidak kami ketahui sumbernya.

 

Oke jadi balik lagi, penggunaan impact wrench pada masing-masing industri tentunya berhubungan erat dengan perakitan atau pemasangan sebuah benda ya. Misalkan pemasangan kapal, mesin, body kendaraan, rangka bangunan, rangka jembatan, dan lain-lain.

 

Jadi bagi kalian yang belum mengetahui atau udah tau tapi belum beli alat ini, mending buru-buru deh beli. Karena memang alat ini dapat mempercepat kinerja anda dengan drastis. Tanpa perlu putar-putar kunci berkali-kali, karena cukup ditekan dan selesai.

 

Oke jadi itu tadi ya pengertian dan kegunaan secara umum dari impact wrench ini. Dan sekarang kita akan masuk pada pembahasan yang lebih detail lagi yaitu tentang cara kerja mesin impact wrench ini sendiri.

 

 

CARA KERJA IMPACT WRENCH

Oke mari kita lihat bersama ya pada gambar dibawah ini untuk mengetahui cara kerja mesin impact wrench yang lebih detail.

 

Cara-Kerja-Mesin-Impact-Wrench

 

Bukan bermaksud mencuri ya. Tapi kami juga akan memberikan sumber artikel dari gambar tersebut. Kami mengambil gambar tersebut dariĀ www.popularmechanics.com.

 

Nah bisa kalian lihat ya, bagian dalam impact wrench tersebut terdiri dari 3 bagian yaitu :

  • Poros putar
  • Per / shock
  • Semacam roda pemukul ( untuk impactnya )

 

Dan jika dilihat dari cara kerjanya, poros putar tersebut akan berputar naik dan turun. Tetapi pada saat naik, ada penahan yang disebut dengan per tersebut. Karena per sifatnya memantul, maka pada saat berada dititik tertinggi. Per akan memberikan dorongan pada roda pemukul sehingga memberikan pukulan atau hentakan pada poros depan.

 

Hal inilah yang membuat sistem impact / hentakan terjadi pada impact wrench ini. Sama halnya dengan mesin bor beton ya. Pada mesin bor beton juga memiliki fitur impact sehingga cara kerjanya pun kurang lebih sama dengan impact wrench.

 

Perbedaannya ada pada tuas dibagian bawah yang digerakkan dengan dorongan roda pemukul tadi. Bisa kalian lihat ya, ada tuas dengan ujung berbentuk kotak yang bergerak terus saat terjadi hantaman dan putaran dari roda pemukul.

 

Jadi sistem tersebut yang membuat impact wrench dapat memberikan hentakan sekaligus putaran yang bersamaan agar dapat membuka baut yang terpasang keras sekalipun.

 

Sistem kerjanya sama kaya obeng getok ya kalo di liat-liat.. Pukul puter, pukul puter gitu.. Hehehe

 

 

KESIMPULAN

Okee.. jadi gimana nih?? udah pada ngerti dan paham dong dengan cara kerja mesin impact wrench ini. Semoga kalian bisa menjadikan artikel ini sebagai sumber pengetahuan tambahan kalian tentang produk yang kalian gunakan ini.

 

Fungsinya tak lain tak bukan ya untuk memberikan kalian wawasan lebih dalam tentang produk dan dapat mempresentasikannya kepada orang lain. Dan orang yang dapat memberikan presentasi terbaik tentunya akan terlihat lebih profesional.

 

Saat anda terlihat lebih profesional, perusahaan manapun akan mempertimbangkan anda tentunya. Jadi tetap semangat buat belajar ya guys, karena dengan belajar kalian pasti akan menjadi orang dengan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

 

Yaw dah cukup sekian aja kali ya artikel dari kami ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian dan orang banyak. Salam..!!

One thought on “CARA KERJA MESIN IMPACT WRENCH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *