CARA KERJA KOMPRESOR ANGIN

By | November 6, 2019

Halo sobat tehniq yang tercinta.. Balik lagi ya ke blog tehniq.com yang terlengkap yang membahas tuntas semua yang berhubungan dengan mesin dan alat-alat teknik. Dan kali ini gw mau kasih info buat kalian tentang cara kerja kompresor angin itu kaya gimana sih. Jadi artikel ini akan menjadi tambahan pengetahuan buat kalian semua nantinya, baik yang masih sekolah, kuliah ataupun kerja. Bebas lepas pokoknya.

 

Secara singkat sih tugas dari kompresor angin adalah dengan memampatkan udara pada tanki atau wadah tertentu, kemudian dilepaskan. Dan pelepasan dari udara tersebut memiliki tekanan yang luar biasa dahsyat, karena kalo disemprotin ke muka, muka kalian bisa belepotan kemana-mana. Saking kencengnya tuh angin.

 

Nah proses memampatkan udara ini tentunya perlu kita pelajari bersama. Karena pada proses inilah cara kerja kompresor angin dimulai. Dan inti cara kerja kompresor angin ini juga adanya pada proses pemampatan udara ini guys.

 

Untuk itu sangat menarik jika kita bahas proses pemampatan ini. Biar unek-unek yang kalian pendam dan simpan selama ini bisa terlepaskan, biar ga jadi penyakit. Hehehe

 

 

CARA KERJA KOMPRESOR ANGIN

Secara singkat, cara kerja kompresor angin hampir mirip dengan pemompa ban sepeda. Yang saat tuasnya kalian tarik, angin terkumpul pada tabung yang sekaligus body alat tersebut. Dan saat kita tekan kebawah, angin yang sudah kita kumpulkan tadi bisa langsung dikeluarkan lewat saluran pembuangan angin. Angin yang dikeluarkan juga memiliki tekanan tinggi karena adanya dorongan dari tuas yang kita tekan tadi.

 

Langsung aja deh kita lihat gambarnya cara kerja pemompa ban sepeda biar kalian bisa tau gambaran lebih jelasnya ya.

 

Cara-Kerja-Kompresor

 

Kalian bisa lihat ya guys.. Saat tuas ditarik keatas, angin dari luar masuk kedalam tanki atau body dari pemompa ban ini. Dan kalian bisa lihat klep di sebelah tuasnya terbuka agar angin dari luar dapat masuk. Kemudian saat tuas ditekan kebawah. Klep tersebut otomatis tertutup dan angin terdorong keluar dari lubang dibagian bawah tersebut.

 

Itu tadi gambaran singkat tentang cara kerja kompresor yang hampir mirip dengan alat pemompa ban yang biasanya dilengkapi dengan tuas penarik dan pendorong. Nah sekarang kita lihat gambaran lebih jelasnya tentang cara kerja dari mesin yang ada pada kompresor angin ini ya guys.

 

 

CARA KERJA MESIN KOMPRESOR

Pada gambar diatas kita sudah melihat secara singkat tentang cara kerja kompresor angin yang sederhana. Selanjutnya kita akan mulai dalam pembahasan pada cara kerja mesinnya. Jika tadi kita berbicara tentang alat pemompa ban yang menggunakan tuas, maka pada mesin kompresor prinsip kerjanya menggunakan piston.

 

Piston ini gunanya hampir sama dengan tuas yang udah kami jelaskan diatas ya guys. Jadi kecepatan dari pengisian angin pada kompresor dapat kalian lihat pada :

  • Nilai RPM
  • Jumlah Piston
  • Panjang Silinder

 

Dan untuk cara kerja piston ini sendiri bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini ya guys.

 

Cara-Kerja-Kompresor-Angin

 

Pada gambar diatas kalian bisa lihat ya. Untuk gambar pertama, piston menghisap angin melalui katup dibagian bawah. Saat piston bergerak mundur, otomatis klep dibagian bawah akan terbuka dan angin akan masuk pada silinder piston tersebut.

 

Jadi seperti yang udah kita sebutkan diatas ya tentang hal yang mempengaruhi kecepatan pengisian angin pada kompresor. Ini nih penjelasannya. RPM Sendiri adalah kecepatan bergeraknya piston maju dan mundur. Sehingga lebih sering piston bergerak, maka lebih sering juga angin yang masuk dan keluar ke tanki.

 

Sedangkan untuk jumlah piston sendiri juga mempengaruhi kecepatan pengisian ini. Karena semakin banyak piston, berarti semakin banyak pula asupan angin yang akan dimasukkan kedalam tanki. Dan yang terakhir adalah panjang silinder. Nah pada saat piston bergerak mundur dan menarik angin dari luar. Terdapat ruang untuk udara pada silender piston tersebut.

 

Jadi semakin panjang silinder, maka ruang penyimpanan udara juga semakin luas dan pasokan angin ke tanki tentunya lebih cepat terisi.

 

 

CARA KERJA JENIS KOMPRESOR LAINNYA

Jika kita tadi udah membahas tentang cara kerja kompresor pada umumnya. Nah sekarang kita bertanya-tanya lagi tentang gimana cara kerja kompresor jenis yang lainnya seperti screw kompresor atau rotary kompresor. Tentunya menarik juga ya untuk kita bahas, agar nantinya kita dapat mengetahui cara kerja semua jenis kompresor ini.

 

Dan untuk cara kerjanya sama ya guys.. Sedot angin dan buang angin ke tanki.. Pokok intinya gitu, tapi bedanya adalah penarik anginnya. Kalo tadi kita sudah bicara piston, maka untuk kompresor screw menggunakan seperti gear yang berputar jadi disebut dengan screw itu tadi.

 

Cara-Kerja-Kompresor-Screw

Cara-Kerja-Mesin-Kompresor-Screw

 

Kalian bisa lihat ya kalo piston pada kompresor screw berbentuk seperti gear atau drat baut. Makanya disebut screw, karena emang kaya drat baut. Dan untuk cara kerja kompresor rotary atau scroll itu seperti ini guys.

 

Cara-Kerja-Kompresor-Scroll

 

Nah itu tadi ya beberapa cara kerja jenis kompresor yang berbeda-beda. Perbedaan cara kerjanya hanya ada pada pistonnya. Hal tersebut tentunya dibuat untuk mengatasi panas mesin dan durasi pengisian anginnya. Intinya semua jenis kompresor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Yaw dah guys,,  sampai disini dulu artikel kami kali ini tentang cara kerja kompresor angin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jadi sumber informasi yang lengkap buat kalian. Inget guys pesan dari gw,, selalu kerja safe dengan menggunakan perlengkapan safety yang lengkap. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *