KOMPRESOR ANGIN UNTUK CUCI MOBIL

By | November 5, 2019

Halo para sobat tehniq yang saat ini sedang ingin merambah ke bidang pencucian kendaraan khususnya mobil dan motor. Kali ini gw punya informasi sedikit buat kalian yang mau buka usaha jasa pencucian kendaraan. Karena pada artikel ini kami akan memberikan informasi seputar kompresor angin untuk cuci mobil. Kira-kira kompresor angin apa yang cocok untuk cuci mobil ini ya??

 

Makanya langsung aja masuk ke inti artikel ini biar kalian tau kompresor apa aja yang cocok untuk usaha yang akan kalian dirikan ini. Karena kompresor ini cukup mahal juga harganya, jadi jangan sampai kalian salah membeli tipe kompresor yang ternyata ga cocok buat usaha kalian ini.

 

 

JENIS KOMPRESOR ANGIN UNTUK CUCI MOBIL

Sebelum kita membahas masalah kompresor ini, ada baiknya kami pisahkan terlebih dahulu masing-masing job dari kompresor ini. Karena pada kasus pencucian mobil, ada beberapa aplikasi yang harus menggunakan kompresor. Dan masing-masing aplikasi tersebut memiliki tingkatan yang berbeda pula, sehingga butuh kompresor yang berbeda pula baik dari sisi jenis kompresornya dan juga spesifikasinya.

 

Oke kita mulai bahasannya, jadi ada 3 hal yang menjadi landasan utama pada pencucian mobil ( yang menggunakan kompresor ). Berikut adalah 3 hal yang menjadi landasan pencucian mobil ini :

  • Hidraulik
  • Snow Spray ( semprot salju )
  • Air Duster
  • Washer gun ( Penyembur air )

 

Selain dari 4 hal tersebut, semuanya tidak menggunakan kompresor guys. Jadi untuk jenis kompresor yang akan kami jelaskan adalah jenis kompresor yang cocok untuk masing-masing hal tersebut aja. Biar nyambung gitu penjelasannya.. Hehe

 

Oke kita mulai penjelasannya satu-persatu.

 

 

HIDRAULIK

Kompresor angin untuk cuci mobil yang pertama yang akan kita bahas adalah untuk kebutuhan hidrauliknya ya guys. Hidraulik ini fungsinya untuk mengangkat mobil atau motor agar lebih mudah dibersihkan disemua bagiannya. Dan tentunya untuk mengangkat kendaraan ini dibutuhkan tekanan angin yang sangat kuat.

 

Hidrolik-Cuci-Mobil

 

Sehingga dibutuhkan kompresor yang memiliki tekanan angin yang kuat dan juga memiliki kapasitas tabung yang agak besar juga. Tapi untuk cara kerja hydraulic lift ini bukan dengan udara yang dihasilkan kompresor ya guys. Jadi jangan salah kaprah dulu.

 

Tugas kompresor disini hanya untuk mendorong minyak atau oli atau ga tau dah apa namanya. Nah si minyak atau oli ini nantinya yang mendorong piston agar tabung hidrolik tadi dapat mengangkat mobil atau motor. Balik lagi ke pembahasan kompresor ya. Kira-kira jenis kompresor angin untuk cuci mobil yang bertugas dibagian hidrolik lift ini kompresor apa?

 

Khusus untuk hidrolik lift, kami sarankan anda menggunakan kompresor tipe belt kompresor, karena kompresor ini memiliki tabung yang cukup besar dan daya dorong yang kuat juga. Untuk spesifikasinya sendiri kami sarankan untuk membeli yang tekanannya 8 – 10 bar atau setara 116 – 145 PSi.

 

Kompresor-Untuk-Hidrolik

 

Tapi untuk nilai HPnya bisa kalian sesuaikan sendiri dengan kebutuhan bengkel cuci kalian ya. Karena semakin banyak hidrolik yang kalian miliki, kami sarankan beli kompresor yang HPnya lebih tinggi.

 

 

SNOW SPRAY & AIR DUSTER

Bagian dari peralatan cuci mobil yang menggunakan kompresor selanjutnya yaitu snow spray atau bahasa gaulnya sering kita sebut semprotan salju. Bagian ini digunakan untuk mensabuni,, halaahh.. apaan tuh bahasanya.. Ya pokoknya gitu lah ya.. kalian pasti ngerti.

 

Snow-Spray-Semprot-Salju

 

Snow spray atau semprot salju ini dikeluarkan dengan menggunakan kompresor angin juga guys. Jadi kompresor angin untuk cuci mobil yang khususnya untuk snow spray ini kira-kira kompresor yang jenis apa nih? Kita bahas dari aplikasinya dulu deh.

 

Jadi snow spray ini mengeluarkan busa-busa sabun yang daya semprotnya tidak besar atau tidak bertekanan tinggi. Sehingga untuk kompresornya sendiri tidak perlu kalian gunakan yang tipe-tipe besar seperti kompresor untuk hidrolik tadi.

 

Dan hal yang kedua yang perlu anda ketahui adalah air duster. Air duster ini fungsinya untuk menyemburkan udara atau angin kencang untuk mengeringkan permukaan dan sela-sela mobil yang tidak bisa dijangkau. Bisa kalian gunakan untuk menyembur sisa-sisa air bekas cucian, dan juga debu-debu yang menempel.

 

Air-Duster

 

Air duster ini juga tidak membutuhkan tekanan udara yang terlalu besar seperti snow spray tadi. Untuk itu penggunaannya kami sarankan untuk digabungkan saja agar lebih menghemat budget kalian. Jadi gunakan sambungan udara yang bercabang ( “T” Join ). Jadi yang satu buat snow spray dan yang satu untuk air duster tadi.

 

Atau jika memang snow spray kalian lebih dari satu dan air duster kalian juga lebih dari satu. Maka belilah kompresor 1 buah untuk snow spray kalian yang nantinya juga kalian cabangin sambungan udaranya. Dan Satu buah kompresor lagi untuk air duster kalian dan kalian cabangkan juga.

 

Terus untuk kompresor yang cocok digunakan pada aplikasi ini ( Snow Spray dan Air Duster ) yaitu Kompresor Direct Driven dan Belt Kompresor.

 

Kompresor-Direct-Driven

 

Untuk gambar kompresor belt udah dibagian atas tadi ya.. Jadi gw rasa ga perlu ditampilin lagi disini, biar irit tenaga dan kuota. Hehehe

 

 

WASHER GUN

Yang terakhir yang digunakan untuk mencuci mobil adalah hal yang paling penting nih dalam pencucian, yaitu Washer gun. Washer gun ini adalah alat yang digunakan untuk menyemburkan air dengan tekanan tinggi sehingga dapat menghilangkan kerak-kerak kotoran yang menempel pada kendaraan. Apalagi debu, yang lewat doang disemprot sama Washer gun ini. Hehe.

 

Spray-Gun-Washer

 

Karena digunakan untuk mobil, washer gun ini membutuhkan tekanan udara yang tinggi agar dapat mendorong air sekuatnya. Jadi kami sarankan gunakanlah kompresor dengan tekanan yang tinggi. Dan ada baiknya lagi pasangkan mesin tambahan, agar kompresor dapat bekerja lebih cepat dalam mengumpulkan udara dan menyembur lebih kencang lagi. Ini contoh mesin tambahannya ;

 

Mesin-tambahan-Kompresor-Power-Sprayer

 

Dan untuk tipe kompresor yang cocok untuk penggunaan washer gun ini yaitu belt kompresor. Karena penggunaan washer gun yang cukup lama saat membersihkan kendaraan tentunya membutuhkan tanki kompresor yang besar agar angin tidak tekor. Dan tentunya lebih irit listrik karena kompresor tidak cepat mati nyala yang menyebabkan listrik menjadi lebih boros.

 

Nah jadi itu tadi ya kompresor angin untuk cuci mobil yang perlu kalian miliki jika kalian ingin membuka usaha pencucian mobil khususnya. Jadi ada 3 kompresor yang harus kalian siapkan untuk membuka usaha tersebut. Tapi jika kalian ingin membuka usaha cuci motor, kami rasa kalian cukup membeli 2 kompresor saja yaitu belt dan direct kompresor.

 

Kedua kompresor tersebut nantinya bisa kalian gunakan untuk pendorong washer gun ( belt kompresor ). Dan untuk snow spray / semprot salju dan juga air duster, kalian bisa menggunakan direct kompresor tadi yang saluran anginnya dibuat bercabang.

 

PENUTUP

Okee jadi cukup jelas ya.. semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan lupa untuk selalu dukung kami dengan subscribe channel youtube  kami dan share video-video kami. Agar nantinya perjuangan kami bisa terus berlanjut untuk memberikan informasi yang akurat pada kalian semua seputar alat-alat teknik.

 

Cekidot : >> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Sampai disini ya artikel kami,. jangan lupa liat katalog kompresornya jika kalian ada rencana mau beli.. salam..!!

 

KATALOG KOMPRESOR
Katalog-Kompresor-Angin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *