APA YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMBELI MESIN LAS

By | March 9, 2023
Apa-yang-Harus-Diperhatikan-Saat-Membeli-Mesin-Las

Halo sobat tehniq setanah air,, bagi kalian para welder atau tukang las, pernah ga sih bingung mau beli mesin las apa. Terus kalian bingung ga sih mesin las yang bagus dan cocok buat pekerjaan kalian itu yang seperti apa? Naahh.. pas banget nih karena kali ini gw mau bahas tentang apa yang harus diperhatikan saat membeli mesin las. Tentunya hal ini bisa jadi pertimbangan kalian sebelum membeli mesin las, agar nanti kalian tidak kecewa dengan mesin las yang udah kalian beli.

Karena banyak banget kasus orang beli mesin las baru, eh taunya baru sebulan udah jebol. Atau dia salah beli mesin las, karena pekerjaan mereka tergolong ke pekerjaan berat. Tapi justru mereka beli mesin las untuk pekerjaan ringan.

Jadi klo kita tau beberapa kriteria mesin las yang bagus kan bisa cukup membantu nih, biar ga sering di kecewain merk mesin las.. hehe

 

TIPS SAAT INGIN MEMBELI MESIN LAS

Saat kalian ingin membeli sebuah mesin las,, ada beberapa hal yang perlu kalian lihat & cek. Dan beberapa poin yang akan menjelaskan apa yang harus diperhatikan saat membeli mesin las yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Gak tentu harus mahal dan gak tentu harus murah. Yang penting sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan kerja kalian tentunya sudah sangat cukup membantu nantinya.

Oke langsung aja ya berikut ini adalah poin-poin yang harus kalian perhatikan saat akan membeli mesin las :

 

MEMILIH MESIN LAS DARI SISI PEKERJAAN

Jika dilihat dari sisi pekerjaan kalian sehari-hari maka dapat kita klasifikasikan kebutuhan anda yaitu :

  • Tebal besi yang biasa kalian las

120 ampere untuk besi 1 – 4mm

160 ampere untuk besi 1 – 6mm

200 ampere untuk besi 1 – 8mm

250 ampere untuk besi 1 – 10mm

diatas itu kalian bisa menggunakan ukuran 500 ampere

 

  • Jenis Pekerjaan

Bengkel las kecil ( mesin las 120 – 160 amp )

Bengkel las besar ( mesin las 200 ampere )

Konstruksi ( 200 – 500 ampere ) Heavy Duty

 

MEMILIH MESIN LAS DARI SISI KEUNGGULAN & SPESIFIKASI

Jika kita sudah membahas tentang pemilihan mesin las dari sisi jenis pekerjaan kalian,, maka selanjutnya kita akan beralih pada tips memilih mesin las dari sisi keunggulan dan spesifikasi.. Biasanya disini kita berbicara tentang fitur-fitur dan ketahanannya.

Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan kalian dalam memilih sebuah mesin las ya,, berikut adalah poin-poin yang bisa kalian pertimbangkan.

Duty Cycle

Kenapa kalian harus memperhatikan duty cycle?? karena duty cycle mempengaruhi seberapa lama mesin las dapat bekerja. Semakin besar duty cycle, maka semakin lama kalian bisa menggunakan mesin las tersebut secara kontinu. Jadi bagi kalian yang bekerja di bengkel las kecil, tentunya tidak perlu mesin las dengan duty cycle besar. Tapi berbeda dengan pekerjaan konstruksi dan produksi, tentunya membutuhkan pengelasan panjang.

 

Fitur Penting ( Short Circuit, Bisa Genset )

Jika kalian mengelas di lapangan, tentunya berbeda dengan di bengkel las kalian sendiri. Akan banyak hal-hal baru yang kalian hadapi, seperti listrik yang kecil, kesalahan dalam posisi pengelasan karena sempitnya tempat, dll. Jadi kalian membutuhkan yang namanya fitur short circuit dan genset ini, karena kedua hal tersebut akan sangat berguna.

 

Garansi & Service Center Jelas

Yang kedua yang harus kalian perhatikan yaitu garansi & service centernya jelas atau tidak. Karena mesin las tidak akan pernah jauh dari rusak, hilang beberapa bagian, trouble mesin, dll. Maklum saja buatan manusia tidak ada yang sempurna.

Dan jika kalian tau lokasi servis center, kalian tidak akan ke tempat bengkel-bengkel servis yang tidak jelas. Yang ada mesin las kalian tambah rusak kalo tidak mendapatkan sparepart yang sesuai.

 

KESIMPULAN

Naahh itu tadi ya beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat ingin membeli mesin las. Dari penjelasan diatas maka dapat kita tarik kesimpulan, bahwa ada 2 hal penting yang harus kalian perhatikan saat membeli mesin las. Kedua hal tersebut yaitu jenis pekerjaan kalian dan spesifikasi detail dari mesin las tersebut.

Dengan cara itu kemungkinan besar kalian akan mendapatkan mesin las yang pas dengan kebutuhan kalian. Jadi ga melulu soal uang ya guys,, karena budget atau harga mesin las itu tergantung dari kebutuhan pengelasan. Bukan harus dipaksa dengan kemampuan membeli kalian.

Okee.. jadi itu tadi ya beberapa nasehat dari gw untuk kalian semua.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *