TIPS MEMBELI GENSET PORTABLE

By | June 11, 2020

Halo sobat tehniq setanah air, gimana nih kabar kalian semua di masa transisi menuju new normal ini?? Semoga masih pada baik-baik ya.. Dan semoga penularan virus korona segera berakhir.. Amiinn.. Oke jadi kali ini kami mau memberikan tips membeli genset portable untuk kebutuhan kalian baik dirumah, dibengkel maupun di toko.

 

Jadi intinya tips membeli genset portable yang akan kami sampaikan disini adalah genset dengan kapasitas diatas 4.000 watt. Tapi sebelumnya perlu kalian ketahui ya,, kebanyakan genset saat ini itu spesifikasinya tidak real. Jadi nilai 4.000 watt itu bukan asli 4.000 watt.

 

Untuk itu jangan samakan daya listrik dirumah dengan pemilihan genset kalian ya. Karena spesifikasi pada genset selain melibatkan nilai watt, penggunaannya juga melibatkan nilai voltase. Jadi kedua satuan listrik ini lah yang nantinya bisa kalian jadikan acuan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kalian.

 

Tapi penjelasan kami diatas bukan termasuk tips membeli genset portable ya. Karena inti dari penjelasan tips membeli genset portable baru akan kami jelaskan pada beberapa poin dibawah ini.

 

 

TIPS MEMBELI GENSET PORTABLE

Apa sih yang dimaksud genset portable disini menurut kategori gw? Jadi maksud gw ngomong genset portable ini adalah genset berukuran kecil berbahan bakar bensin yang dapat dipindahkan kemana-kemana. Untuk itu pambahasan ini jangan kalian perlebar untuk genset tipe yang lebih besar ya.

 

Karena biasanya ada netizen yang merasa kurang puas karena informasi yang dia cari tidak ketemu. Padahal memang informasi yang dia cari bukan termasuk kategori yang kami jelaskan pada artikel kami.. Ehmm.. sedikit curhat ya ini.

 

Capek juga kalo ada netizen yang menghujat negatif, tapi tidak bersifat membangun. Kami disini butuh kritik dan saran yang membangun ya bukan menjatuhkan. Untuk itu kalian juga harus memahami hal ini agar blog kami ini dapat terus memberikan informasi bermanfaat buat kalian semua.

 

Oke jadi langsung aja ya.. Nanti malah kebanyakan basa-basi.. Berikut ini adalah tips membeli genset portable yang bisa kalian terapkan sebelum benar-benar membeli genset yang kalian butuhkah :

 

1. POWER GENSET DAN KEBUTUHAN LISTRIK YANG KALIAN BUTUHKAN

Hal pertama yang harus kalian prioritaskan adalah hal ini ya. Yaitu power atau spesifikasi genset dengan kebutuhan listrik yang kalian butuhkan. Dan seperti yang kami sampaikan diatas, saat ini banyak merk genset yang spesifikasinya tidak real.

 

Jadi karena mementingkan harga murah, genset yang diproduksi dikurangi nilai real pada spesifikasi yang tertera. Nah untuk memahami dan menyelesaikan masalah ini, kalian harus memilih genset dengan spesifikasi yang melebihi dari yang kalian butuhkan.

 

Tapi sebelum kami memberikan contoh perhitungannya, terlebih dahulu kami ingin menekankan kepada kalian soal pemilihan merk genset terlebih dahulu. Jika kalian mendapati 2 merk genset atau lebih dengan spesifikasi daya listrik yang dihasilkan itu sama. Misal ada 4 genset spesifikasi 5.000 Watt.

 

Tetapi masing-masing harga dari genset tersebut berbeda. Misalnya :

A. Tipe genset spesifikasi 5000 harga : Rp. 5.000.000

B. Tipe genset spesifikasi tipe 5000 harga : Rp. 4.000.000

C. Tipe genset spesifikasi tipe 5000 harga : Rp. 9.000.000

D. Tipe genset spesifikasi tipe 5000 harga : Rp. 10.000.000

 

Darisini bisa kalian lihat ya,, berarti tipe C dan D adalah genset yang menghasilkan daya listrik dan juga voltase yang sesuai dengan spesifikasi. Tetapi untuk tipe A dan B adalah genset yang curang yaitu tidak mencantumkan nilai sebenarnya pada spesifikasi mesinnya.

 

Jadi kalo kalian pengen harga murah, tetapi kebutuhan genset kalian adalah 5.000 watt, ada baiknya kalian membeli genset tipe A dan B tapi yang memiliki spesifikasi 8.000 watt atau 10.000 watt.

 

CARA PERHITUNGAN KEBUTUHAN LISTRIK

Balik ke cara perhitungan kebutuhan genset untuk kebutuhan kalian ya. Misal kalian punya alat dan konsumsi listrik sebagai berikut :

  1. Mesin bor ( Daya listrik 500 watt )
  2. Gerinda ( Daya listrik 500 watt )

 

Berarti kalian benernya harus beli genset dengan daya listrik 1.000 watt kan. Tapi ternyata nggak guys.. Ada yang namanya start awal mesin menyala itu daya listrik yang dikonsumsi lebih besar. Biasanya start awal mesin itu 2x dari kapasitas watt normal.

 

Jika daya listrik mesin diatas itu 500 watt, maka bisa jadi start awal mesinnya 1.000 watt. Jadi kebutuhan listrik kalian itu adalah 1000 + 1000 watt : 2.000 watt. Dan dalam memilih genset, kalian harus beli yang 3.000 watt untuk jaga-jaga kelebihan daya.

 

Tapi balik lagi ke pembahasan harga genset yang real kapasitas dengan yang tidak tadi ya. Jika kalian beli genset yang murah dengan spesifikasi 3.000 watt, maka kami sarankan kalian beli yang 6.000 watt aja untuk merk yang kalian lihat harganya murah tadi.

 

Dan jika kalian beli genset dengan harga yang tinggi dengan kapasitas spesifikasinya 3.000 watt. Maka itu sudah cukup untuk kebutuhan kalian. Jadi intinya tergantung harga dan spesifikasi realnya ya guys.

 

 

2. KEBUTUHAN HARIAN ATAU SESEKALI

Tips membeli genset portable yang kedua yaitu apakah kebutuhan akan genset kalian untuk harian ataukah untuk sesekali saja saat ada pemadaman lampu?

 

Untuk-apa-Kebutuhan-Genset-Kalian

 

Jika kebutuhan kalian hanya untuk sesekali yaitu saat ada pemadaman lampu saja. Maka kami rasa segala merk genset portable yang ada dipasaran sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian ya. Karena memang penggunaan yang ringan biasanya tidak terlalu mempengaruhi umur genset.

 

Tapi jika kebutuhan genset kalian adalah untuk kebutuhan harian. Maka kami sarankan kalian membeli genset dengan merk yang sudah dikenal dan sudah memiliki rating tinggi untuk produk gensetnya. Karena genset dengan merk yang sudah memiliki rating seharusnya memiliki ketahanan lebih baik dan juga performa yang stabil.

 

Kelemahannya yaitu harganya ya guys. Biasanya genset dengan merk ternama itu memasang harga yang cukup tinggi. Dan memang harga juga tidak bisa bohong soal kualitas ya guys.

 

Oia, dan perhatikan juga kejelasan service center dan juga garansinya ya guys. Kedua hal tersebut juga kami rasa sangat penting untuk menilai kualitas dari sebuah genset.

 

 

3. LAMA PEMAKAIAN

Tips yang ketiga yaitu kalian juga harus memperhatikan lama pemakaian genset kalian ya. Lama pemakaian genset kalian tentunya dipengaruhi dari jenis bahan bakar dan juga kapasitas tanki ya guys. Jika kebutuhan kalian hanya untuk pemakaian yang seadanya atau seperlunya saja. Maka bahan bakar bensin dengan kapasitas tanki standard tidaklah masalah.

 

Tapi jika kebutuhan kalian lebih intens atau lebih memakan waktu, ada baiknya kalian memikirkan jenis bahan bakar dan juga ukuran tanki. Ada genset dengan bahan bakar solar dan juga bensin. Genset yang berbahan bakar solar lebih irit ketimbang genset yang berbahan bakar bensin.

 

Tetapi di Indonesia, genset kecil yang berbahan bakar solar masih sangat jarang. Untuk itu kalian kudu ngakalin dengan memilih tanki yang lebih besar. Jadi intinya walaupun genset yang kalian pilih berbahan bakar bensin, tetapi paling tidak tankinya lebih besar.

 

 

4. NOISE LEVEL ( TINGKAT KEBISINGAN )

Perhatikan-Tingkat-Kebisingan-atau-noise-level

 

Tips membeli genset portable yang keempat yaitu kalian harus memperhatikan noise level atau tingkat kebisingan. Noise level ini bisa kalian temukan di spesifikasi genset yang kalian beli. Jadi tenang aja, kalian ga perlu bingung.

 

Dan kalopun di spesifikasinya tidak tertera noise level genset tersebut, maka kalian juga bisa melakukannya dengan cara lain. Yaitu dengan mendownload aplikasi noise level pada handphone smartphone kalian. Atau kalian juga bisa menggunakan cara manual yaitu dengan mendengar kebisingan yang ditimbulkan dari mesin genset saat menyala.

 

Fungsi memperhatikan noise level ini yaitu karena faktor lingkungan kerja kalian ya. Jika kalian menggunakan genset di lingkungan perumahan ataupun perkampungan, tentunya suara bising sangat mempengaruhi lingkungan. Jadi kalian bisa memilih genset yang lebih silent atau tidak bising.

 

Tapi jika suara tidak jadi masalah, maka kalian tidak perlu mempertimbangkan faktor noise level ini.

 

 

5. RODA DAN RANGKA BESI

Tips membeli genset portable yang terakhir yaitu adanya roda dan rangka besi untuk pemindahan genset itu sendiri. Bagi kalian yang ga mau ribet, mending beli genset yang pake roda. Jadi jika kalian ingin memindahkan genset kalian, tentunya kalian tidak perlu mengangkatnya.

 

Cukup didorong atau ditarik karena dengan adanya roda, proses pemindahan akan lebih mudah. Tapi jika kalian tidak bisa menemukan genset dengan roda, paling tidak genset tersebut memiliki rangka besi tambahan yang fungsinya untuk dikaitkan dengan alat angkat seperti rantai ataupun hook.

 

 

Okee jadi itu tadi ya beberapa tips membeli genset portable yang bisa kalian pertimbangkan. Pastikan kalian membeli genset di toko yang terpercaya dan memberikan garansi resmi. Ya kalo bisa sih belanja di www.tehniq.com. Hehehe

 

Promosi dikit ga papa ya.. Yaw dah kalo gitu.. Segini aja nih artikel dari kami. Semoga sekelumit informasi ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

3 thoughts on “TIPS MEMBELI GENSET PORTABLE

  1. Fachrudi

    Apa genset portable rumahan tidak tersedia komponen alatnya untuk pengisian sendiri listrik akinya? Apa harus selalu dicopot dan disetrum bila tidak mampu starter?

    Reply
  2. Fachrudi

    Terima kasih banyak jawabannya.
    Genset saya baru 1 tahun, sistem elektrik 3200 watt. Sistem charging pakai alat apa ya? Batere baru juga, pernah saya setrum aki sekali, n starter jalan. Tetapi hanya bisa 2 kali starter. Habis itu, harus manual lagi. Kira2 alat atau komponen apa yg perlu saya cek atau ganti, selain aki? Nama alat atau komponen sistem charging itu apa ya.
    Terima kasih banyak

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih atas pertanyaannya

      Mohon maaf untuk pertanyaan itu masih ranahnya teknisi
      jd kami tidak bs menjawabnya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *