APA AJA KEGUNAAN GERINDA DI DUNIA KERJA

By | February 23, 2023
Apa-Aja-Kegunaan-Gerinda-di-Dunia-Kerja

Halo sobat tehniq setanah air,, Gimana kabar kalian? semoga baik-baik saja ya semuanya.. Seperti biasa ya,, klo gw sudah mulai menulis otomatis ada hal yang mau gw sampaikan ke kalian semua. Kali ini gw mau bahas tentang apa aja kegunaan gerinda di dunia kerja. Soalnya seperti yang kita tau ya,, banyak sekali profesi yang menggunakan gerinda di pekerjaannya,, bukan cuma tukang yang menggunakan gerinda.

Nah tentunya bikin penasaran ya guys bagi kalian yang kerjaannya menggunakan gerinda. Dan apalagi bagi kalian yang suka ngutak ngatik atau bikin bikin sesuatu dengan gerinda. Bisa-bisa kalian menciptakan karya yang berbeda dengan yang biasa kalian buat.

Okelah kalo begitu,, langsung aja ya kita bahas penggunaan gerinda secara luas pada poin-poin dibawah ini. Semoga kalian dapat tercerahkan.

 

APA AJA KEGUNAAN GERINDA

Sebagai pengguna gerinda yang profesional, tentunya kalian harus tau ya apa aja kegunaan gerinda di dunia kerja. Hal ini penting untuk kalian ketahui, karena banyak banget orang-orang yang menggunakan gerinda tidak pada tempatnya. Hal tersebut tentunya menjadi resiko kecelakaan kerja karena gerinda tidak digunakan sesuai dengan fungsinya.

Apalagi penggunaan gerinda ini sangat dekat dengan tangan saat pengoperasiannya. Kalo ada kesalahan sedikit saja,, tangan anda bakalan terluka. Untuk itu berikut ini gw bakalan bagiin ya 7 penggunaan gerinda di dunia kerja yang perlu kalian ketahui :

  1. Menghilangkan karat pada besi ( memoles )
  2. Memotong besi / pipa / hollow berukuran kecil
  3. Menghilangkan Cat
  4. Memotong ubin / keramik / Batu
  5. Meruncingkan besi / mengasahnya
  6. Menghilangkan mortar pada sisi ubin yang menempel agar ubin terlepas
  7. Menghaluskan permukaan besi

Nah itu tadi ya 7 hal yang bisa kalian gunakan dengan menggunakan gerinda. Diluar penggunaan itu ada baiknya anda hindari ya penggunaannya. Mending kalian menggunakan alat lainnya yang lebih mumpuni atau memang dibuat sesuai dengan kegunaannya.

Dan setelah kita sudah membahas tentang penggunaan gerinda ini. Sekarang gw mau bahas tentang apa yang harus kalian hindari dalam penggunaan gerinda ini ya guys. Karena ini gw rasa sangat penting demi keselamatan kerja kalian.

 

HAL YANG HARUS KALIAN HINDARI PADA PENGGUNAAN GERINDA

Nah seperti yang kalian tahu ya,, kecelakaan kerja itu sangat merugikan kita dan keluarga kita. Karena mau tidak mau hal tersebut pasti berdampak pada diri kalian dan juga lingkungan kalian terutama keluarga.

Maka dari itu kita harus menghindari yang namanya kecelakaan kerja sekecil mungkin ya.

Dan untuk tau lebih dalam tentang larangan-larangan dan hal-hal terkait penggunaan gerinda yang harus kalian hindari. Mari kita sama-sama lihat pada poin dibawah ini :

  • Pastikan mata gerinda utuh. Tidak retak dan padat.
  • Mata gerinda tidak expired. Jadi bukan hanya makanan ya yang bisa expired.
  • Gunakan Sarung tangan & APD yang lengkap.
  • Jangan memotong logam yang sangat keras seperti ( baja, batu mulia, dan lainnya yang sangat keras ).
  • Gunakan jenis mata gerinda sesuai kegunaannya ( Potong & Poles ).

Nah itu tadi ya hal yang harus kalian perhatikan dan kalian hindari untuk menjaga keselamatan kerja kalian. Jadi pastikan kalian menggunakan gerinda sesuai porsinya dan menjaga diri kalian saat menggunakannya.

 

KESIMPULAN

Oke jadi gitu ya hal yang perlu gw sampein buat kalian semua.. Dan bisa kita tarik kesimpulan dari pembahasan tersebut ya, yaitu kalian harus menggunakan gerinda dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Jangan pernah memaksakan penggunaan gerinda hanya karena ego kalian dan penghematan budget yang berlebihan.

Baiklah kalo gitu mungkin cukup sampai disini artikel gw kali ini.. semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *