PETUNJUK PENGGUNAAN MATA GERINDA

By | September 6, 2019

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya.. Tetap junjung NKRI kita ya seperti gw yang selalu menjunjung tinggi negara ini. Hehehehe.. agak ngelantur dulu ini ngomongnya.. Okeee langsung aja kali ini gw mau ngebahas tentang petunjuk penggunaan mata gerinda yang benar yang aman dan yang sesuai dengan standard keamanan internasional. Hal ini perlu kami jelaskan tentunya untuk menghindari terjadi kecelakaan kerja. Paling tidak bisa mengurangi resiko kecelakaan kerja lah intinya. Karena ga mungkin juga kita meniadakan kecelakaan kerja,, kan takdir kita ga ada yang tau ya. hehehe

 

Jadi dengan kita menggunakan mata gerinda sesuai petunjuk penggunaan mata gerinda yang benar, tentunya ini sama saja dengan kita berusaha untuk menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan sehingga dapat menyebabkan kecelakaan kerja.

 

Mungkin salah satu dari kita saat ini masih menggunakan mata gerinda tanpa membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu. Jadi kami mengajak kalian semua pada artikel ini, untuk mulai saat ini kita mulai menggunakan mata gerinda dengan benar.

 

Tentunya ada hal-hal yang akan kalian dapati jika kalian tidak menggunakan mata gerinda dengan benar. Berikut adalah hal-hal yang tidak kita inginkan karena salahnya kita menggunakan mata gerinda kita :

  • Kecelakaan kerja
  • Kurang maksimalnya pekerjaan
  • Kurang maksimalnya hasil kerja

 

Jika salah satu atau ketiga hal tersebut menimpa kalian, tentunya kalian akan merugi. Selain membahayakan diri sendiri, kalian juga akan membuang-buang uang dan waktu kalian karena kurang maksimalnya pekerjaan kalian. Jadi sangat perlu bagi kita semua untuk mengetahui petunjuk penggunaan mata gerinda ini.

Petunjuk-Penggunaan-Mata-Gerinda

 

 

 

PETUNJUK PENGGUNAAN MATA GERINDA

Hal pertama yang akan kami jelaskan adalah apa saja yang harus kalian lakukan dengan mata gerinda kalian, baik sebelum anda gunakan maupun setelah anda gunakan. Fungsi dari penjelasan ini adalah untuk menjelaskan pada kalian semua hal-hal yang sebaiknya anda lakukan agar keselamatan kerja anda terjamin.

 

Oke langsung aja ya apa aja sih yang harus kalian lakukan dengan mata gerinda kalian :

  • Periksa mata gerinda kalian apakah ada keretakan ataupun kerusakan yang kecil, apalagi yang besar.. udah jelas ga boleh dipake ya guys.. Hehe
  • Belilah mata gerinda yang sesuai dengan nilai RPM mesin gerinda kalian. Jadi kalo RPM mesin gerinda kalian 12.000 RPM, ya kalian harus beli mata gerinda dengan spesifikasi RPM diatas nilai RPM mesin gerinda kalian.
  • Simpan mata gerinda ditempat yang aman dan jangan ditumpuk dengan beban berat agar tidak pecah atau retak.
  • Pastikan ukuran lubang mata gerinda sesuai dengan kepala mesin gerinda anda.
  • Selain memastikan ukuran lubang sesuai yang paling penting pasanglah mata gerinda dengan benar, jangan miring atau pemasangan baut yang kurang kencang.

 

Jadi ada 5 hal yang harus kalian lakukan pada mata gerinda kalian ya guys. Pastikan kalian melakukan hal tersebut sebelum dan sesudah anda menggunakan mata gerinda kalian ya guys.

Hal ini semata-mata buat keselamatan kalian kok, bukan hal lain lagi. Jadi sayangilah diri kalian semua dan pasangan kalian. Hehe.. Maksudnya ya kalo pasangan kalian kehilangan kalian kan ya sedih, nangis, mewek.

Petunjuk-Penggunaan-Mata-Gerinda-2

 

 

 

HAL YANG HARUS DIHINDARI

Setelah kita belajar tentang petunjuk penggunaan mata gerinda yang benar. Hal selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah hal yang harus kita hindari saat ingin menggunakan mata gerinda kalian.

 

Hal ini juga tentunya akan sangat berbahaya buat kalian semua jika kalian lakukan. Untuk itu jangan lakukan hal-hal berikut ini terhadap mata gerinda kalian ya guys.

  • Jangan menggunakan mata gerinda yang sudah jatuh atau bahkan sampai rusak. Jatuh yang dimaksud ini adalah jatuh dibagian sisi-sisinya, karena tekanan yang diterima saat jatuh itu lebih tinggi.
  • Saat menggunakan gerinda kalian, jangan terlalu menekan mata gerinda kalian. Karena dengan terlalu menekan maka mata gerinda kalian akan mendapatkan tekanan yang berlebihan dan dalam keadaan berputar. Jadi sangat beresiko jika kalian melakukannya.
  • Jangan menggunakan mata gerinda yang tidak sesuai dengan kegunaannya. Misalnya kalian punya mata gerinda potong tapi kalian gunakan untuk poles.
  • Jika memotong besi, jangan menekan terus mata gerinda pada satu sisi. Potong dengan gerakan atas dan bawah agar terkena 2 sisi besi yang kalian potong.

 

Jadi ada 4 hal ya yang tidak boleh kalian lakukan pada mata gerinda kalian. Semoga kalian semua paham dengan penjelasan saya yang agak kekanan dan kekiri ini. Hehehe.

 

Dan semoga juga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa dukung kami terus dengan subscribe channel youtube kami dan share ke temen-temen kalian semua. Karena kami akan selalu semangat memberikan informasi-informasi tentang mesin dan alat teknik dengan bantuan kalian semua.

Kalo kalian belum tau channel youtube kami, silahkan klik link dibawah ini.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Kami yakin pasti kalian mendapatkan informasi penting yang belum kalian ketahui dan ingin kalian ketahui selama ini. Yaw dah kalo gitu,, kami pamit undur diri dulu.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *