PERBEDAAN JENIS MATA GERINDA BERDASARKAN BAHAN BAKUNYA

By | September 10, 2019

Halo sobat tehniq yang paling setia.. kali ini gw mau bahas tentang perbedaan jenis mata gerinda berdasarkan bahan bakunya. Jadi pada artikel ini akan kami lebih tekankan terkait jenis mata gerinda yang kita bedakan dari tiap-tiap bahan baku atau bahan dasarnya. Karena sebelumnya kami udah pernah bahas tentang apa aja jenis mata gerinda potong dan apa aja mata gerinda poles, jadi sepertinya akan lebih lengkap jika kami menjelaskan lebih detail terkait bahan bakunya.

 

Dan setiap bahan baku yang digunakan untuk membuat mata gerinda ini, hasilnya akan berbeda juga dari bentuk mata gerinda itu sendiri. Untuk itu sepertinya akan sangat menarik jika kita membahas tentang perbedaan jenis mata gerinda berdasarkan bahan bakunya ini.

 

 

PERBEDAAN JENIS MATA GERINDA BERDASARKAN BAHAN BAKUNYA

Jadi mata gerinda itu dibuat dari beberapa material atau bahan baku yang berbeda-beda. Dan masing-masing material atau bahan baku tersebut juga menghasilkan jenis mata gerinda yang berbeda pula.

Maka dari itu tentunya pembahasan ini akan menarik karena selain kita bisa mengetahui apa saja bahan dasar dari mata gerinda tersebut, kita juga bisa mengetahui jenis mata gerinda dari masing-masing bahan bakunya.

 

Siapa tau, nanti beberapa tahun kedepan atau dalam waktu dekat. Salah satu diantara kita ada yang ditakdirkan menjadi pengusaha dan membuka pabrik mata gerinda sendiri. Jadi dengan kami membagikan informasi ini, kami berharap informasi ini bisa jadi salah satu pendorong dan peluang bagi kalian yang ada keinginan untuk membuka pabrik mata gerinda itu sendiri.

 

Oke langsung aja ya.. apa aja sih perbedaan jenis mata gerinda berdasarkan bahan bakunya? berikut ini adalah poin-poin tersebut yang perlu kalian pahami :

 

 

ALUMINIUM OXIDE

Jenis bahan baku pertama yang digunakan untuk membuat mata gerinda yaitu aluminium oxide. Jenis mata gerinda yang dibuat dari bahan baku aluminium oxide ini ciri-cirinya yaitu memiliki warna yang cenderung kearah merah kecoklat-coklatan.

Gambarnya dapat kalian lihat dibawah ini ya agar lebih jelas.

 

jenis-mata-gerinda-dari-aluminium-oxide

 

Warna mata gerinda jenis ini biasanya sering kita jumpai pada kertas gosok / amplas ya guys. Jadi kegunaan dari mata gerinda ini biasanya untuk mengamplas atau memoles beberapa material seperti besi dan juga kayu.

Kode dari mata gerinda ini biasanya diberikan inisial “A” atau juga “WA”.

 

 

ZIRCONIA ALUMINIUM OXIDE

Jenis bahan baku yang kedua yaitu zirconia aluminium oxide. Sudah banget ya bacanya. Hmmm

Jadi gimana ciri-ciri mata gerinda yang dibuat dari bahan baku zirconia aluminium oxide ini? ciri-cirinya adalah warna permukaannya lebih ke biru-biruan yang gambarnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

 

jenis-mata-gerinda-dari-Zirconia-aluminium-oxide

 

Untuk kegunaannya sendiri hampir sama dengan jenis mata gerinda sebelumnya yaitu aluminium oxide. Hanya saja perbedaannya adalah dari durasi pemakaiannya. Material zirconia aluminium oxide ini lebih kuat dan keras jika dibandingkan aluminium oxide. Karena memang material ini adalah penyempurnaan atau peningkatan dari material aluminium oxide.

Sedangkan untuk penamaannya sendiri biasa diberi inisial “Z” ataupun “ZA”

 

 

SILICON CARBIDE

Oke lanjut lagi guys. Perbedaan jenis mata gerinda berdasarkan bahan bakunya yang ketiga yaitu Silicon Carbide. Bahan baku dari mata gerinda ini memiliki ciri-ciri berwarna hitam keabu-abuan. Material seperti ini yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari kita.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambarnya dibawah ini.

 

jenis-mata-gerinda-dari-Silicon-carbide

 

Kegunaan dari mata gerinda jenis ini kebanyakan digunakan untuk aplikasi pemotongan besi. Karena sifatnya yang lebih keras dan tahan terhadap panas gesekan dan panas cahaya matahari langsung, menjadikan mata gerinda ini sangat cocok untuk anda gunakan untuk pemotongan baik diluar maupun didalam ruangan.

Inisial yang biasa digunakan pada material gerinda jenis ini yaitu “C” dan juga “GC”

 

 

CERAMIC ALUMINIUM OXIDE

Jenis mata gerinda yang keempat yaitu dibuat dari bahan baku Ceramic aluminium oxide. Sedangkan bahan baku dari material ini yaitu memiliki ciri-ciri berwarna muda. Baik itu biru muda, merah muda dan muda-muda yang lain. Tapi yang jelas bukan istri muda. Huehehehe

Langsung aja ya untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini :

 

jenis-mata-gerinda-dari-Ceramic-aluminium-oxide

 

Karakteristik dari bahan baku ini yaitu lebih padat, tahan lama dan juga butirannya lebih halus. Bahan baku ini bisa digunakan untuk pemotongan besi dan juga bisa digunakan untuk memoles batu hias atau yang sering kita sebut batu akik.

Jadi ciri-cirinya memiliki permukaan yang lebih terlihat halus karena partikelnya yang kecil dan padat.

 

 

DIAMOND

Perbedaan jenis mata gerinda berdasarkan bahan bakunya yang terakhir yaitu Diamond. Bahan baku ini adalah bahan baku yang paling keras dan paling padat. Dan untuk kegunaannya sendiri sangat cocok untuk memoles dan memotong batu karena kerasnya butiran diamond ini.

 

jenis-mata-gerinda-dari-Diamond

 

Tetapi kelemahan dari bahan baku ini yaitu tidak cocok digunakan pada besi. Karena akan membuat hasilnya tidak maksimal tetapi mata gerinda tersebut malah cepat habis.

 

Jadi maksudnya gesekan dari besi dan diamond akan menyebabkan keausan yang lebih tinggi dari permukaan mata gerinda itu sendiri, sehingga mata gerinda malah cepat habis.

 

Okee.. jadi udah jelas ya guys.. Semoga kalian smua paham dengan penjelasan kami ini. Dan kami ga pernah bosan buat ngingetin kalian untuk selalu dukung kami dengan mengunjungi channel youtube kami serta subscribe dan share video-video kami ke temen-temen dan sodara kalian.

Langsung cekidot aja ya channel video kami dibawah ini.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe dan share ya guys. Kami yakin video-video kami sangat bermanfaat buat kalian semua. Yaw dah kalo gitu kami pamit undur diri dulu ya.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *