TIPS MENGGUNAKAN POWER TOOLS DAN ALAT PERKAKAS

By | May 8, 2019

Halo Sobat tehniq senusantara, balik lagi nih di blog tehniq.com. Disini tuh gudangnya informasi seputar alat teknik dan alat-alat perkakas lainnya. Seperti contohnya artikel yang mau kami bahas kali ini nih. Artikel ini judulnya tips menggunakan power tools dan alat perkakas. Jadi disini kami mau bahas tentang cara menggunakan power tools dan alat perkakas yang benar, baik itu membeli, merawat dan juga menggunakan.

 

Jadi kami membuat artikel ini maksudnya ingin berbagi informasi agar nantinya kalian tidak membeli peralatan kalian asal harga murah. Atau kalian menggunakan peralatan kalian serampangan tanpa mengikuti aturan yang berlaku, sehingga akan dapat membahayakan diri sendiri dan juga orang lain serta membuat umur peralatan kalian lebih cepat rusak.

 

Gimana? Pada penasaran ga tentang tips-tips yang akan kami bagikan ini? Jadi ada 3 kategori tips yang akan kami bagikan ya. Yaitu tips membeli, menggunakan dan juga merawat power tools dan alat perkakas anda.

 

CARA MENGGUNAKAN POWER TOOLS DAN ALAT PERKAKAS

Hal pertama yang akan kami bahas yaitu tips membeli power tools dan alat perkakas kalian. Ada beberapa tips yang akan kami bagikan sebelum anda memutuskan untuk membeli power tools dan juga alat perkakas kalian ya guys.. Kalo kalian mau ngikutin tips dari kami mungkin kalian bisa membeli power tools dan juga alat perkakas yang bagus dan juga awet. Berikut Tipsnya.

 

TIPS MEMBELI POWER TOOLS DAN ALAT PERKAKAS

Tips-Membeli-Power-Tools-dan-Alat-Perkakas

Jadi ada beberapa poin yang perlu anda perhatikan sebelum membeli power tools dan alat perkakas untuk anda sendiri. Berikut adalah beberapa poin yang kami rasa dapat anda pertimbangkan :

  • Belilah alat yang berkualitas

Gimana caranya tau alat itu berkualitas atau tidak? ada beberapa poin yang perlu anda ketahui.

  1. Merk yang sudah dikenal banyak orang.

  2. Lihat lah materialnya, baik itu besi ataupun plastiknya. Bahan yang bagus adalah bahan yang tebal, kokoh dan juga keras.

  3. Jika membeli Power tools, carilah yang nilai daya listriknya agak lebih besar. Karena daya listrik yang besar menandakan motor yang besar dan bertenaga.

 

Jadi pastikan kalian memilih berdasarkan ketiga hal tersebut ya guys. Tapi jika kalian punya tips lain untuk memilih alat yang berkualitas, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya. Itung-itung bagi pengalaman dan pengetahuan buat kita semua.

 

TIPS MENGGUNAKAN POWER TOOLS DAN ALAT PERKAKAS

Tips-Menggunakan-Power-Tools-dan-Alat-Perkakas

Setelah kami membahas tentang tips membeli power tools dan alat perkakas. Maka tips selanjutnya yang akan kami sampaikan adalah tips menggunakan power tools dan alat perkakas yang sudah ada beli tadi.

Ada beberapa tips yang akan kami sampaikan pada anda semua. Berikut adalah beberapa tips yang perlu kalian ketahui.

  • Pakailah peralatan anda secara wajar, dan jangan terlalu memaksakan.

  • Gunakan peralatan yang sesuai dengan Spesifikasinya. Jangan mengakali peralatan untuk kebutuhan anda. Misalkan kalian menggunakan mesin bor 10 mm untuk mengebor tembok.

  • Perhatikan umur pemakaian atau tanggal kadaluarsa alat anda. Karena ada sebagai tools memiliki masa penggunaan. Jadi jangan menggunakan alat tersebut lagi jika memang sudah melebihi kapasitas penggunaannya. Biasanya yang menggunakan nilai ini adalah alat-alat abrasives.

  • Jika power tools atau alat yang anda gunakan memiliki poros yang harus rutin diganti pelumasnya atau gemuknya, kalian harus rajin mengganti gemuk atau pelumasnya guys. Fungsinya agar roda gigi atau porosnya tidak cepet aus.

  • Jangan memakai power tools kalian terlalu lama, usahakan untuk mengistirahatkan mesin anda sejenak secara bertahap agar mesin tetap terjaga kualitasnya. Perlu anda ketahui, panas yang berlebih dapat mengurangi daya medan magnet pada Armature, sehingga mesin dapat terganggu kinerjanya.

Jadi udah pada tau ya guys cara menggunakan power tools dan alat perkakas kalian sendiri. Inget-inget guys biar mesin dan peralatan kalian awet dan terus ngejos performanya. Hehe.

 

BONUS TIPS KESELAMATAN KERJA

Tips-Menggunakan-Power-Tools-dan-Alat-Perkakas-Keselamatan-Kerja

Berhubung mimin tehniq ini baik hati dan tidak sombong, jadi kami mau kasih bonus informasi buat kalian nih guys. Jadi bonus yang akan kami berikan pada kalian itu bonus tentang tips keselamatan kerja saat kalian bekerja nih. Langsung aja deh kami kasih infonya ya, perhatikan beberapa poin dibawah ini ya guys :

  • Selalu Gunakan alat safety atau alat pelindung kerja saat anda bekerja untuk menjaga keselamatan anda selama anda bekerja.

  • Saat bekerja diketinggian, jangan menaiki tangga dengan menggenggam alat kalian. Gunakan ember atau sabuk untuk mengkaitkan peralatan kalian di pinggang.

  • Jangan pernah membawa alat yang runcing di saku kalian, karena akan dapat melukai paha anda saat anda bekerja.

  • Jangan menggunakan alat listrik dalam keadaan basah baik alat tersebut ataupun tangan anda.

 

Jadi itu kiat-kiat atau tips dari kami ya guys terkait keselamatan kerja kalian. Walaupun cuma sedikit, tapi semoga dapat bermanfaat buat kalian semua.

Oke jadi cukup sekian ya artikel kami kali ini. Jangan lupa kunjungi channel youtube kami yang oke punya ya. Disitu kalian bisa komparasi alat-alat yang ingin kalian beli. Kami selalu melakukan uji coba dengan alat-alat yang nyata dan nilai yang nyata. Jadi semua pengujian kami telah terbukti dengan bukti nyata. Kunjungi channel kami disini >> CHANNEL YOUTUBE <<.

 

Okelah klo begitu, sekian dulu ya dari kami.. Salam.!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *