PERBEDAAN IMPACT DRIVER DAN COMBI HAMMER DRILL

By | May 7, 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. Balik lagi di blog kami yang oke punya ini ya, yang gak lain gak bukan yaitu blog tehniq.com. Oke kali ini kami mau membahas perbedaan impact driver dan combi hammer drill. Kenapa sih kami mau bahas perbedaan kedua power tools ini?. Jawabannya adalah karena keduanya sama-sama memiliki fitur impact atau dentuman saat mengebor ataupun menyekrup.

 

Jadi walaupun keduanya memiliki fitur yang sama yaitu impact atau dentuman, tetapi secara fungsi dan juga kegunaannya sebenarnya berbeda banget guys. Nah untuk itu kami mau membahas perbedaan impact driver dan combi hammer drill tersebut pada blog kami kali ini.

 

PENGERTIAN IMPACT DRIVER DAN COMBI HAMMER DRILL

Sebelum kami membahas perbedaan impact driver dan combi hammer drill, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang masing-masing pengertian dari keduanya.

 

Yang pertama yaitu Impact Driver. Impact Driver adalah salah satu tipe power tools yang difungsikan untuk membuka dan memasang baut atau skrup. Untuk itu Impact Driver ini tidak dikhususkan untuk melakukan pengeboran. Tetapi jika anda ingin memasang skrup pada material kayu, anda tidak perlu melubangi kayu tersebut terlebih dahulu. Cukup dengan impact driver dan skrupnya langsung sebagai ganti pengeboran. Jadi udah pada paham ya guys.

 

Terus yang kedua yaitu Combi Hammer Drill. Untuk Combi Hammer Drill ini pengertiannya adalah salah satu tipe power tools yang difungsikan untuk melakukan pengeboran pada beton, kayu maupun besi. Jadi untuk combi hammer drill ini dibuat memang khusus digunakan untuk pengeboran. Tetapi, karena combi hammer drill ini bisa melakukan pengeboran, tentunya combi hammer drill ini juga dapat melakukan hal yang lebih ringan yaitu memasang sekrup atau baut. Kalian tinggal beli socket khusus atau mata obeng khusus untuk melakukan itu.

 

Nah udah tau bedanya ya guys. Jadi dari segi kekuatan putarannya sendiri, combi hammer drill lebih unggul dibandingkan impact driver, karena combi hammer drill dapat mengebor beton.

 

PERBEDAAN CARA KERJA IMPACT DRIVER

Setelah kita tau perbedaan kekuatan dari impact driver dan combi hammer drill. Maka selanjutnya kami akan membahas hal yang lebih mendalam lagi, yaitu dari segi cara kerjanya. Nah disinilah letak perbedaan impact driver dan combi hammer drill.

 

Jadi cara kerja impact driver disini adalah hampir sama dengan obeng getok. Impact Driver memiliki fitur impact saat putaran awalnya seperti obeng getok. Impact yang dihasilkan pun berbeda dengan combi hammer drill. Karena impact yang dihasilkan impact driver ini lebih seperti menghantam dan mencongkel. Jadi hampir sama dengan obeng getok yang cara pakainya adalah satu tangan anda siap mencongkel atau memutar mur dan tangan yang satu lagi bersiap untuk menghantam obeng tersebut.

Jadi paham ya guys untuk cara kerja dari impact driver ini. Dan jika kalian lihat bagian kepala atau drill chucknya pun berbeda.

Perbedaan-Cara-Kerja-Impact-Driver-dan-Combi-Hammer-Drill-Kepala-Drill-Chuck

Jika kalian lihat pada gambar diatas, kepala mata bornya atau drill chucknya itu pendek dan dibagian ujungnya berbentuk seperti tabung. Jadi jika kalian melihat cordless dengan kepala bor seperti ini, dapat dipastikan cordless tersebut bukan untuk pengeboran melainkan untuk memasang dan melepas skrup atau baut.

 

 

PERBEDAAN CARA KERJA COMBI HAMMER DRILL

Oke pembahasan selanjutnya adalah tentang cara kerja combi hammer drill. Jadi setelah tadi kita sudah sama-sama pelajari tentang cara kerja impact driver yang berfungsi seperti obeng getok. Nah kalo cara kerja combi hammer drill ini beda lagi, yaitu bekerja dengan gerakan dentuman kedepan dan kebelakang sembari berputar. Bahasa gampangnya sih saat mata bor berputar, mata bor tersebut bukan hanya berputar tetapi sambil bergerak maju mundur terus menerus / continue.

 

Maka dari itu, combi hammer drill ini memang dikhususkan untuk melakukan pengeboran pada beton ataupun tembok. Karena memang teknik pengeboran pada tembok atau beton diharuskan disertai dengan dentuman agar pengeboran dapat dilakukan dengan cepat.

 

Kenapa demikian? karena kita tau bersama ya, sifat dari beton atau tembok itu sangat keras. Jadi mata bor yang berputar saja tidak akan dapat menembusnya jika tidak ditekan atau dihantam terus menerus. Beda halnya dengan mengebor kayu ataupun besi yang hanya perlu ditekan.

Gimana nih? Jadi udah pada paham ya beda cara kerja impact driver dan combi hammer drill ini. Nah untuk kepala mata bor atau drill chuck dari combi hammer drill ini juga beda dengan cordless drill biasa guys. Coba deh kalian lihat pada gambar dibawah ini.

Perbedaan-Cara-Kerja-Combi-Hammer-Drill-dan-Impact-Driver-Kepala-Drill-Chuck
 

Jika kalian lihat pada gambar diatas. Kepala Drill Chuck dari combi hammer drill ini lebih panjang ya guys. Hal ini memang disesuaikan dengan fiturnya yang memiliki impact, sehingga harus ada jarak yang lebih pada drill chucknya. Dan untuk lubang mata bornya sama saja dengan cordless drill biasa.

Jadi jika kalian melihat cordless drill dengan kepala drill chucknya yang lebih panjang, maka dapat dipastikan cordless tersebut adalah tipe combi hammer drill.

 

 

PERBEDAAN KEMAMPUAN IMPACT DRIVER DAN COMBI HAMMER DRILL

Pertanyaannya, bisakah impact driver ini menggantikan fungsi combi hammer drill karena sama-sama memiliki fitur impact / dentuman? Jawabannya adalah tidak.

 

Sebaliknya, bisakah combi hammer drill menggantikan fungsi impact driver? Jawabannya adalah Bisa. Karena kekuatan putar yang bisa kalian atur dan juga adanya fitur impact dan tidak pada mesinnya membuat combi hammer drill ini dapat melakukan pengeboran dan juga penyekrupan.

 

Tapi kami saranin sih kalian kudu punya dua-duanya sih. Biar mesin bor kalian bekerja sesuai dengan fungsinya. Dan kalo kalian tertarik untuk membeli salah satu atau kedua mesin bor cordless impact driver dan combi hammer drill ini. Kalian bisa melihat katalog kami pada gambar dibawah ini.

*Klik pada gambar untuk melihat katalog*

 

KATALOG CORDLESS DRILL
Perbedaan-Impact-Driver-dan-Combi-Hammer-Drill-Katalog

 

Okelah kalo begitu. Semoga ada katalog yang cocok buat kalian ya. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua dapat menambah pengetahuan yang baru untuk kalian semua.

 

Dan jangan lupa nih guys. Kami punya channel youtube yang oke banget lho. Dsitu kalian bisa liat performa dari beberapa brand yang kami bandingkan dan kami cari masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Gimana? Seru ga? Soalnya saat ini di Indonesia belum ada lho channel kaya gitu.

Kunjungi channel kami disini ya >> CHANNEL YOUTUBE <<.

Yaw dah kalo gitu. Cukup sekian ya informasi yang bisa kami sampaikan. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *