TIPS MEMILIH MITTER SAW YANG BAGUS

By | March 21, 2019

Yo-Yo-Yomy brother. Balik lagi di Blog Tehniq.com. Gimana nih kabar kalian sahabat tehniq? Semoga kalian semua baik dan waras ya. Hehehe. ( Becanda ). Gimana nih? udaha pada ngikutin artikel-artikel blog tehniq.com belum nih? Kalo belum berarti kalian bikin hati gw sedih nih guys. Hiks-Hiks. Tapi ga papa, jangan berlarut-larut dalam kesedihan, karena kita harus move oonn..!!!. Okelah klo begitu, kita akan coba bahas artikel menarik ini khususnya buat kalian para sahabat tehniq yang hobby di bidang perkayuan atau bahasa kerennya itu wood working. Jadi artikel ini akan membahas tentang tips memilih mitter saw yang bagus. Nah artikel ini fungsinya untuk menjadi salah satu alternatif informasi buat kalian yang mau beli mesin mitter saw kalian. Jadi jangan selalu berpatokan pada harga ya guys, tapi pikirin juga kualitas dan hal-hal lainnya yang nantinya akan kami coba bahas dalam artikel ini.

 

Melihat dari segi harga memang boleh-boleh aja guys, tapi jangan sampai dijadikan prioritas utama ya. Karena barang dengan harga yang paling murah belum tentu punya kualitas baik. Bisa jadi baru kalian beli sebulan, eh udah buluk aja alias udah modar. Jadinya kalian harus ke service center atau bahkan harus membuang mesin mitter saw kalian. Jadi kalian mau ga mau harus beli mitter saw yang baru.

 

Untuk itu kita tekanin lagi ya, jangan memprioritaskan pada harga yang termurah saja guys. Bisa aja kalian dapat harga agak mahalan dikit tapi kualitasnya oke punya dan awet sampe kakek nenek. hehe. Oke langsung aja deh daripada gw makin ngalor ngidul ngomongnya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang tips memilih mitter saw yang bagus.

 

TIPS MEMILIH MITTER SAW YANG BAGUS

Jadi sebelum kalian membeli sebuah mesin mitter saw idaman kalian. Kalian harus ngerti dulu tips memilih mitter saw yang bagus buat kalian. Agar nantinya kalian ga akan nyesel setelah membeli mesin mitter saw idaman kalian itu. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat memilih mitter saw :

  • Pisau Potong

Mata pisau potong tentunya sangat mempengaruhi hasil pekerjaan yang kalian dapatkan. Mitter saw yang bagus tersedia untuk ukuran mata pisau 8, 10 dan 12 inch. Kenapa mata pisau potong merupakan hal penting untuk memilih sebuah mitter saw? Karena mata pisau potong dapat digunakan untuk melakukan pemotongan terhadap kayu, alumunium dan juga baja ringan. Jadi jika ukuran mata pisau yang kalian miliki bisa masuk pada mitter saw kalian, tentunya kalian akan dapat memotong ketiga jenis objek potong yang sudah kami sebutkan tersebut.

  • Sliding Mitter Saw

Mitter saw yang bagus harus memiliki keunggulan yaitu memiliki sistem sliding. Mungkin sistem sliding ini tidak terlalu berpengaruh untuk pemotongan terhadap kayu kecil seperti pembuatan pada piguran, dll. Tetapi lain halnya jika kalian akan memotong dengan objek yang lebih besar dan lebar, sehingga tidak mungkin anda menggeser terus objek potongnya saat akan mengganti sudut potong anda.

Dengan menggunakan fungsi sliding ini, jangkauan potong anda akan lebih luas dan flexible sehingga pekerjaan anda akan lebih cepat dan ringan. Lain halnya jika anda membeli mitter saw tanpa fungsi sliding. Fungsi dari mitter saw tersebut tentunya jadi hampir sama dengan circular saw biasa.

  • Bevel / Compound

Untuk fitur yang dimiliki mitter saw ini memang agak sulit untuk diterapkan, jika tidak anda rasakan sendiri. Jadi untuk memilih mitter saw yang bagus, kalian harus merasakan sendiri fitur bevelling yang terdapat pada mitter saw tersebut. Jika kalian masih awam dalam hal ini dan ingin belajar, carilah merk yang sudah terkenal yang memang sudah banyak diakui oleh user. Apalagi jika kalian mengikuti sebuah komunitas, maka kalian akan lebih mudah mendapatkan informasi terkait kenyamanan penggunaan fitur ini pada teman komunitas kalian.

Oia. Bagi kalian yang belum tau apa itu bevel / compound, maka kami akan memberikan penjelasannya. Jadi bevel atau compound ini adalah kemampuan yang dimiliki mitter saw untuk melakukan potongan miring kesamping dan juga memutar. fitur ini akan memungkinkan kalian memotong objek tanpa perlu menggerakkan objek tersebut saat ingin merubah sudut potongnya. Jadi fitur ini adalah pendukung dari fitur sliding diatas.

  • Fitur Tambahan

Mitter saw yang bagus seharusnya memiliki fitur tambahan. Tetapi biasanya satu mitter saw memiliki satu sampai dua fitur saja. Beberapa fitur tambahan yang biasa dimiliki mitter saw yaitu :

Petunjuk sinar laser. Fungsinya adalah sebagai penanda untuk titik potong benda yang akan dipotong jika pencahayaan pada ruangan kurang.

Fitur yang kedua yaitu Pembatas belakang yang bisa disetel agar aman dan nyaman saat anda gunakan. Kelebihan Fitur ini yaitu dapat mengklem atau mengikat benda agar tidak bergerak banyak serta menopang kayu yang ingin anda potong.

Fitur yang ketiga ini agak jarang ada tetapi baru-baru ini mulai muncul pada mitter saw keluaran baru. Fitur ini yaitu Variable Speed atau pengatur kecepatan. Jadi kecepatan potong mitter saw kalian bisa kalian atur agar kalian bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan dapat bekerja dengan cepat.

  • Penyedot Debu / Pengontrol Debu

Mitter yang bagus tentunya harus memiliki pengelola debu yang baik. Untuk itu butuh adanya penyedot debu atau pengontrol debu ini. Tentunya kalian tau ya bahaya debu-debu kecil saat memotong kayu. Dan hal ini sangat diperhatikan oleh standard internasional dalam memproduksi mesin-mesin perkayuan. Dan salah satu inovasi yang dilakukan yaitu dengan menambahkan penyedot debu atau pengontrol debu ini.

Karena saat anda berada di ruang kerja yang kecil atau sempit, tentunya debu-debu kayu yang berterbangan akan sangat berbahaya bagi paru-paru anda. Dan karena ruangan yang sempit tersebut membuat kemungkinan debu tersebut terhisap hidung anda akan semakin besar pula. Untuk itu sangat penting memilih mitter saw yang memiliki penyedot atau pengontrol debu ini.

 

MITTER SAW YANG BAGUS

Gimana? udah pada paham ya tentunya tentang tips memilih mitter saw yang bagus ini. Semoga informasi tentang tips memilih mitter saw yang bagus ini bisa bermanfaat untuk kalian. Dan ada satu lagi tambahan dari kami ya. Tapi ini lebih kearah tips memilih mitter saw yang bagus dan sesuai buat kalian. Tipsnya yaitu pilihlah mitter saw dengan ukuran tinggi yang sesuai dengan tinggi anda. Jadi tingkat kenyamanan anda dalam menggunakannya pun akan lebih baik lagi.

 

Tetapi kalo memang masih kurang nyaman, kalian bisa meletakkan mitter saw kalian pada meja. Dan potonglah kaki meja kalian untuk mendapatkan tinggi yang paling nyaman untuk anda. Oke klo gitu, cukup sekian perjumpaan kita kali ini. Semoga informasi ini dapat berguna buat kalian semua. Dan jangan lupa untuk mengunjungi youtube kami untuk mengetahui perbandingan-perbandingan kinerja dari masing-masing merk power tools dan juga mesin las yang kita uji. Jadi nantinya kalian bisa menyesuaikan dan menentukan pilihan anda sesuai dengan pekerjaan anda. Berikut ini adalah channel youtube kami >> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Dan bagi kalian yang sedang mencari mitter saw untuk kebutuhan wood working kalian. Kalian bisa melihat katalog mitter saw kami disini >> KATALOG MITTER SAW <<.

Cukup sekian ya.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *