Thumbnail-Cara-Kerja-Mesin-Gergaji-Jigsaw

CARA KERJA MESIN GERGAJI JIGSAW

By: Yudha Yudha
28 Mar 2019

Halo Guys.. Balik lagi di blog tehniq.com nih. Disini kalian bisa dapetin informasi apa aja seputar alat-alat teknik guys. Seperti misalnya tips dan trik menggunakan power tools dan juga cara perawatannya. Cara menggunakan mesin las yang benar. Pokoknya banyak deh informasi-informasi penting yang tentunya sangat perlu kalian ketahui. Dan kali ini kami mau membedah cara kerja mesin gergaji jigsaw nih guys. Jadi gimana sih cara kerja mesin gergaji jigsaw ini? Bagi kalian yang suka otak-atik mesin atau peralatan kerja kalian, tentunya info ini akan sangat berguna buat kalian. Jadi kalian nanti bisa bongkar mesin jigsaw ini ( bagi yang punya jigsaw ), agar nantinya kalian ga perlu terlalu mengandalkan teknisi. Kalian bisa melakukan perawatan terhadap mesin jigsaw kalian sendiri dirumah, sehingga kalian tidak perlu membuang-buang waktu dan uang kalian untuk memperbaiki mesin jigsaw kalian.

CARA KERJA MESIN GERGAJI JIGSAW

Kalian pernah tau gak gerakan dari mesin jahit yang mungkin ibu kalian punya dirumah. Kurang lebih cara kerja mesin gergaji jigsaw ini hampir sama dengan mesin jahit yang ibu kalian miliki. Tetapi bedanya mesin jahit itu menggunakan jarum yang difungsikan untuk menusuk kain. Sedangkan jigsaw dibekali dengan gergaji kecil dan tipis yang fungsinya merobek kayu yang ada di depannya.

 

Untuk pengertian dari jigsaw secara khusus yaitu jigsaw adalah mesin gergaji yang digerakkan dengan tenaga listrik baik langsung dari PLN maupun dari baterai yang memiliki mekanisme kerja dengan menggerakkan bilah pisau gergaji turun dan naik ( keatas dan kebawah ) untuk memotong kayu ataupun logam. Jadi secara umum, cara kerja mesin gergaji jigsaw ini adalah dengan menggerakkan bilah atau mata pisau gergaji keatas dan kebawah.

 

Tapi bukan hanya itu yang ingin kami jelaskan. Setelah kita tau cara kerja mesin gergaji jigsaw ini secara umum, maka mari kita coba untuk masuk lebih dalam lagi pada cara kerja mesinnya. Jadi bukan hanya luarnya saja yang harus kita ketahui ya guys. Kita juga harus mengetahui cara kerja daleman mesinnya.

 

Jika kita coba masuk kedalam body mesin jigsaw ini, kalian akan menemukan motor putarnya atau bisa juga disebut dengan armature. Motor ini standard bisa kita temui pada hampir semua power tools ya. Tapi bedanya pada mesin jigsaw ini motornya terhubung pada serangkaian sistem gear ( roda gigi ) yang dikenal dengan sebutan eccentric gear ( roda gigi eksentrik ) dan juga terhubung pada persneling unik yang memiliki persneling tak terpusat.

 

CARA KERJA MESIN JIGSAW

Jadi saat jigsaw ini dihubungkan pada listrik atau baterai dan tombol power ditekan, maka listrik yang tersalur tersebut dikirim pada motor putar agar motor tersebut mendapatkan kekuatan putar yang cukup. Setelah motor putar tersebut bergerak maka motor tersebut akan memindahkan kekuatannya pada sistem persneling. Sistem persneling tersebut nantinya akan menggerakkan roda gigi eksentrik ( eccentric gear ) untuk mengubah gerakan putar menjadi gerakan naik dan turun ( keatas dan kebawah ).

Cara-Kerja-Mesin-Gergaji-Jigsaw-Gear

 

Saat ini mesin gergaji jigsaw ini dilengkapi dengan variabel speed yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur kecepatan bilah pisaunya naik dan turun. Tetapi pada prinsipnya cara kerja variabel speed ini hanya untuk membatasi putaran motor mesin jigsaw ini. Dengan membatasi gerakan atau putaran motornya, maka gerakan naik turun mata pisaunya juga dapat diatur oleh user itu sendiri.

 

Biasanya speed dari jigsaw ini disesuaikan dengan objek potong atau objek gergajinya. Seperti misalnya pada kayu, kalian membutuhkan jigsaw dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk mendapatkan hasil potongan yang halus dan cepat. Sedangkan pada logam dan plastik, kalian membutuhkan jigsaw dengan kecepatan lebih rendah untuk mendapatkan hasil yang lebih halus. Jadi kalian harus memahami karakter dari objek potong kalian ya. Jangan memulai untuk menggunakan mesin jigsaw anda tanpa mengetahui cara penggunaan dari mesin jigsaw yang benar. Karena akan dapat membahayakan diri anda sendiri dan objek potong anda nantinya tidak dapat anda potong dengan benar. Selalu ikuti petunjuk penggunaan jigsaw yang benar. Jika kalian ingin mengetahui cara menggunakan mesin jigsaw yang benar. Kalian bisa kunjungi artikel kami tentang cara penggunaan mesin jigsaw ini >> DISINI <<.

CHANNEL YOUTUBE UNTUK JIGSAW ANDA

Dan jika kalian pengen tau tentang performa dari mesin jigsaw yang kalian miliki dan beberapa merk lainnya, kalian bisa mengunjungi channel youtube kami. Karena disitu kami sering membandingkan merk satu dengan merk lainnya dengan tujuan untuk memberikan anda pilihan mesin apa yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. Jadi perbandingan yang kami lakukan bukan untuk menjatuhkan satu merk dengan merk lainnya. Tapi lebih kearah memberikan pilihan pada user, karena kebutuhan user tentunya berbeda-beda. Ada user yang membutuhkan mesin dengan daya listrik rendah. Ada user yang membutuhkan mesin dengan power yang tinggi, dan lain-lain.

 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa kunjungi channel youtube kami >> DISINI <<.

 

Dijamin channel kami ini bakalan jadi gudang informasi buat kalian para user mesin teknik se Indonesia raya. Hehe. Oke kalo gitu, cukup sekian artikel kami kali ini. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *