Thumbnail-Cara-Menghilangkan-Goresan-pada-Cat-Mobil

CARA MENGHILANGKAN GORESAN PADA CAT MOBIL

By: Yudha Yudha
18 Apr 2019

Yo-yo-yoomy brother.. Balik lagi nih di blog tehniq.com. Blog khusus seputar alat-alat teknik dan tips-tips penggunaannya. Oke pada artikel kami kali ini, kami mau bahas tentang cara menghilangkan goresan pada cat mobil anda. Caranya cukup mudah sih, tetapi kalian harus punya mesin polisher ya. Karena cara yang akan kami bagikan ini menggunakan mesin poles ( polisher ) sebagai alat bantu utamanya.

 

Jadi artikel ini kami bagikan khusus buat kalian yang tinggal didaerah yang cukup padat, sehingga tidak terhindarkan dari anak-anak kecil yang suka bermain-main disekitar lingkungan rumah anda.

Ya kalian pasti tau lah anak kecil. Kalo lagi main pasti tangannya iseng kemana-mana. Sampai-sampai mobil kita yang kena imbasnya karena tergores mainan mereka atau memang sengaja mereka gores.

 

 

CARA MENGHILANGKAN GORESAN PADA CAT MOBIL

Tapi sebelum kami membahas langsung tentang cara menghilangkan goresan pada cat mobil kalian sendiri. Ada beberapa perlengkapan atau barang-barang yang kalian perlukan dalam proses ini. Berikut adalah beberapa barang yang harus kalian siapin ya.

  1. Amplas Halus ( biasa buat gosok cat atau busi motor )
  2. Cairan kompon ( Rubbing Compound )
  3. Spons khusus untuk mesin poles ( polisher )
  4. Kain poles khusus untuk mesin poles ( polisher )
  5. Cairan / Krim Poles

 

Untuk poin nomor 3, kalian bisa membeli spons khusus untuk mesin poles ini di toko-toko online biasa yang kalian ketahui. Dan untuk gambarnya sendiri dapat kalian lihat dibawah ini :

Cara-Menghilangkan-Goresan-pada-Cat-Mobil-Busa-Poles

 

Sedangkan untuk poin nomor 4 juga bisa kalian dapatkan dengan cara membeli di toko-toko online biasa. Atau jika kalian terbiasa belanja di toko-toko. Kalian bisa membeli kedua pemoles tersebut ( spons dan kain poles ) di toko-toko alat teknik langganan anda.

 

Jika kalian belum tau gambar dari kain poles yang kami maksud, kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini. Karena emang kita ga tau sebutan kain poles ini yang umum disebutkan di Indonesia. Hehehe. Tapi kalo kalian mau cari di internet sih namanya Wool Polisher.

Cara-Menghilangkan-Goresan-pada-Cat-Mobil-Kain-Poles-Wool

 

Oke kalo kalian sudah mempersiapkan semua perlengkapan tersebut maka ada langkah-langkah yang harus kalian lakukan agar dapat menghilangkan goresan cat tersebut. Berikut akan kami coba paparkan satu-persatu dengan detail.

 

1. BASAHI PERMUKAAN YANG TERGORES & HALUSKAN

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membasahi permukaan yang tergores terlebih dahulu dengan air.

Hal ini dimaksukan agar nantinya amplas yang anda gunakan untuk menghaluskan dapat bekerja maksimal tanpa memberi goresan tambahan pada permukaan tersebut.

 

Cara-Menghilangkan-Goresan-pada-Cat-Mobil-Amplas-Perlahan

 

Dan setelah cukup basah, segera gosok bagian yang lecet atau tergores dengan amplas halus yang juga sudah anda basahi.

Note* : Jangan menggosok dengan cara ditekan, gosok saja secara halus dan perlahan agar permukaan cat tidak rusak.

 

2. OLESI RUBBING COMPOUND DAN POLES

Langkah kedua yang perlu kalian lakukan adalah memoles permukaan yang telah kalian amplas tadi dengan Rubbing Compound. Merk Rubbing Compound yang kami ketahui saat ini sih cuma KIT. Tapi kalo kalian udah tau dan udah cocok pake merk lain sih ga papa guys. Pokoknya pake yang namanya rubbing compound nih ( merk bebas ).

Cara-Menghilangkan-Goresan-pada-Cat-Mobil-Rubbing-Compound

Caranya adalah dengan menggunakan spons poles yang sudah kami sebutkan diatas. Lumuri rubbing compound tadi pada busa foam spons tersebut. Dan sedikit basahi dengan air agar spons tadi

Setting kecepatan putarnya di 600 Rpm dan mulai poles permukaan yang sudah digosok dengan amplas tadi.

Cara-Menghilangkan-Goresan-pada-Cat-Mobil-Poles-Dengan-Spons

Setelah kalian rasa polesan yang kalian lakukan sudah cukup. Maka selanjutnya adalah mengelap / lap permukaan tadi dengan lap halus agar permukaan menjadi kering dan halus.

 

3. OLESI DENGAN OBAT POLES DAN POLES

Nah hal yang terakhir yang perlu kalian lakukan adalah melumuri permukaan cat yang sudah di poles tadi dengan krim atau cairan poles. Biasanya kalian bisa cari yang merk kit, san-poly atau merk lainnya yang kalian biasa gunakan. Jadi untuk merk cairan atau krim poles ini juga bebas kalian tentukan sendiri.

 

Setelah kalian lumuri dengan rata, maka hal yang perlu kalian lakukan adalah mengganti spons poles tadi dengan wool polisher atau kain poles. Untuk gambar dari kain poles itu sendiri sudah kami jelaskan dibagian atas ya.

Jika sudah kalian ganti dengan kain poles, maka hal selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah men-setting polisher anda pada kecepatan maksimal.

Cara-Menghilangkan-Goresan-pada-Cat-Mobil-Poles-dengan-Kain-Poles

Poles semua bagian yang sudah kalian lumuri dengan cairan atau krim poles tadi. Fungsinya adalah agar cat yang sudah kalian gosok dan poles tadi kembali berkilau seperti sedia kala. Jadi udah bakalan balik kaya kondisi normal lagi tuh catnya.

 

 

Jadi gimana nih? udah pada jelas dong ya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian ya guys. Dan jika kalian pengen liat video tutorial tentang cara menghilangkan goresan pada cat mobil agar lebih mudah kalian pahami pengerjaannya. Kalian bisa lihat video tutorialnya dibawah ini.

How To Remove Scratches from Paintwork - DeWalt DWP849X Polisher

 

KATALOG POLISHER

Dan bagi kalian yang sedang ada kebutuhan mesin polisher untuk membantu pekerjaan anda di rumah ataupun di bengkel. Jangan buru-buru pergi dulu guys. Kalian bisa lihat-lihat dulu katalog mesin polisher dibawah ini. Siapa tau ada merk dan harga yang cocok sesuai dengan apa yang anda inginkan. Dijamin barang yang kami jual adalah barang asli dan berkualitas, karena kami telah bekerja sama dengan produsen dan distributor resmi merk-merk produk yang kami jual. Untuk melihat katalog mesin polisher kami, kalian bisa klik gambar katalog mesin polisher kami dibawah ini.

KATALOG POLISHER
Cara-Menghilangkan-Goresan-pada-Cat-Mobil-Katalog

 

Oke deh. Cukup sekian artikel kami kali ini ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yang saat ini sedang bermasalah karena mobil kalian tergores. Oia dan satu lagi.. Cara Menghilangkan goresan pada cat mobil ini berlaku untuk goresan tipis ya guys. Kalo goresan yang sampe dalem banget kami saranin di didempul dan di cat ulang. Oke kalo gitu.. cukup sekian. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *