PERALATAN YANG WAJIB ADA DI MOBIL ANDA

By | August 11, 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. Gimana nih kabar kalian semua?? Semoga selalu diberikan kesehatan ya,, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.. Oke jadi kali ini gw mau kasih info ke kalian semua khususnya yang punya mobil atau mau beli mobil. Jadi bagi kalian yang punya mobil, kalian harus dan perlu membeli peralatan yang wajib ada di mobil anda.

 

Dan pada artikel ini, kami coba merangkum beberapa peralatan yang wajib ada di mobil anda. Agar nantinya anda bisa merasa aman lah saat berkendara, karena peralatan yang akan kami sebutkan ini akan sangat berguna untuk kondisi darurat.

 

Contohnya adalah saat mobil kalian mogok, atau ban bocor, atau masalah air radiator, kecelakaan dan lain-lain. Tentunya kalian akan sangat kerepotan jika tidak menyimpan peralatan-peralatan untuk kasus seperti ini.

 

Untuk itu sangat perlu bagi kalian menyimpan atau membeli beberapa peralatan yang wajib ada di mobil anda. Dan berikut ini adalah daftar peralatan tersebut.

 

 

PERALATAN YANG WAJIB ADA DI MOBIL ANDA

Jadi setelah kami mencoba berfikir menimbang dan mencari informasi, maka kami dapatkan beberapa peralatan yang wajib ada di mobil anda yaitu sebagai berikut :

  • Dongkrak
  • Kunci Pas Palang
  • Beberapa tipe Tang
  • Beberapa tipe obeng
  • Satu set kunci pas
  • Lakban Listrik
  • Kabel Jumper
  • Jirigen
  • Senter

 

Bisa kalian lihat ya guys.. Ada 9 peralatan yang wajib ada di mobil anda dan masing-masing peralatan tersebut tentunya akan kami jelaskan ya fungsinya. Karena kurang afdol kalo kami ga jelasin fungsinya dan yang pasti akan kami lampirkan juga fotonya.

 

Biar kalian ga bingung juga.. Karena biasanya penyebutan di kami dan dengan di daerah kalian itu berbeda. Paling enak ya lihat langsung gambarnya ya. Oke langsung aja kita masuk ke penjelasannya ya guys.. Cekidot..!!

 

 

DONGKRAK

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Dongkrak

 

Alat pertama yang penting dan harus ada di dalam mobil anda yaitu dongkrak ya guys. Dongkrak ini nantinya akan sangat membantu kalian disaat mobil kalian bocor, sehingga ban harus diganti. Ataupun saat ada kerusakan dibagian bawah mesin, sehingga kalian harus mengecek mesin bagian bawah.

 

Tentunya tanpa adanya dongkrak, tenaga kalian tidak akan berarti ya untuk dapat mengangkat mobil yang kalian miliki walaupun hanya 5 cm dari tanah. Bisa turun berok ntar.. jadi jangan coba-coba ngangkat pake tangan ya. Hehehe

 

 

KUNCI PAS PALANG

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Kunci-Pas-Palang

 

Alat kedua yang perlu kalian bawa di mobil kalian yaitu kunci pas palang ya.. Kunci pas ini fungsinya untuk membuka baut pada ban kalian dan baut-baut lainnya yang arahnya vertical. Jadi bukan atas dan bawah tetapi kanan dan kiri arah bautnya tuh.

 

Sebenernya kalo kalian punya budget lebih sih bisa pake impact wrench yang cordless. Cuma karena harganya diatas sejuta, jadi kami saranin di artikel ini cukup kunci pas palang aja. Tapi tetep ya guys,, kalo memang kalian bisa beli impact wrench ya kenapa nggak pake itu aja.

 

Lebih ringan dan mudah untuk membuka dan memasang baut ban anda tanpa perlu mengeluarkan tenaga lebih. Khususnya buat kalian para wanita dan lansia, sangat direkomendasikan pake impact wrench.

 

 

SATU SET TANG

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Tang-Potong

 

Peralatan yang wajib ada di mobil anda selanjutnya yaitu tang ya guys. Tapi klo bisa jangan satu model tang aja, kalo bisa beberapa jenis. Fungsinya nanti untuk benerin kabel, cabut-cabut apa gitu yang bersifat merusak dan beberapa hal lainnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan tang ini.

 

 

SATU SET OBENG

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Obeng

 

Lanjut lagi yaitu satu set obeng dengan berbagai ukuran dan tipe ya guys. Baik itu obeng plus dan minus. Jika kalian ribet menggunakan beberapa obeng, maka kalian bisa beli obeng dengan mata yang berbeda seperti pada gambar disebelah kanan diatas itu.

 

Tentunya jika kalian menggunakan obeng seperti yang disebelah kanan akan lebih ringkas untuk dimasukkan kedalam kotak perkakas. Tapi kalo kalian merasa obeng tersebut kurang kuat, ya sebaiknya kalian beli beberapa obeng yang memang cocok untuk kebutuhan kalian.

 

Dan untuk fungsinya sendiri tentunya untuk membuka mur dan juga baut-baut pada mobil anda ya. Walaupun kalian bukan montir, tapi pasti obeng ini akan berguna untuk anda di mobil dan saat keadaan darurat nantinya.

 

 

SATU SET KUNCI PAS

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Kunci-Pas

 

Peralatan selanjutnya kunci pas ya guys.. Tentunya pada mesin mobil itu bukan hanya ada mur,, tetapi pasti ada baut-baut yang harus dibuka menggunakan kunci pas. Dan bukan hanya mobil ya,, motor aja perlu punya kunci pas untuk keadaan darurat.

 

Apalagi mobil yang ukurannya lebih besar dari motor. Nah untuk itu sediakanlah kunci pas di mobil anda dengan berbagai ukuran. Karena kita ga hafal ukuran masing-masing baut yang menempel di mesin mobil kita kan.

 

 

LAKBAN LISTRIK

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Lakban-Listrik

 

Peralatan yang keenam yaitu lakban listrik ya guys. Fungsinya untuk menghubungkan kabel-kabel kalian yang putus, konslet atau gimanapun itu. Karena sebuah kendaraan pasti ada kelistrikannya, dan itu akan sering terganggu jika ada masalah di kabel-kabelnya.

 

Untuk itu perlu kalian sediakan yang namanya lakban untuk listrik ini, biar kalian nanti ga kerepotan di jalan kalo lampu, klakson ataupun itu yang mati tiba-tiba, dan sangat penting untuk kalian berkendara dimalam hari.

 

 

KABEL JUMPER

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Kabel-Jumper

 

Lanjut lagi yaitu kabel jumper ya guys. Peralatan yang wajib ada di mobil anda yang satu ini fungsinya untuk membantu kalian menghidupkan mobil anda jika aki mobil anda soak.

 

Nah kabel jumper ini bisa kalian gunakan untuk memancing listrik dari aki lain yang tidak soak agar mobil kalian bisa di starter. Masalah yang sering terjadi pada mobil ini memang tidak bisa dihindari ya guys. Karena mobil tidak seperti sepeda motor yang dapat di selah sebagai ganti double starternya.

 

Semua mobil saat ini hanya mengandalkan starter otomatis menggunakan kunci mobilnya. Jadi sangat butuh yang namanya dorongan listrik dari aki. Dan saat aki kalian soak, ya otomatis starternya tidak akan dapat menyalakan mobil anda.

 

 

JIRIGEN

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Jirigen

 

Selanjutnya yaitu jirigen ya. Jirigen ini bisa untuk tempat menyimpan air untuk mengisi radiator yang kering atau mendinginkan radiator yang kepanasan. Dan jirigen juga bisa digunakan untuk keadaan darurat yaitu kehabisan bensin di tengah jalan.

 

Ga mungkin kalian dorong mobil sampai pom bensin ya guys. Paling tidak kalian bisa bawa jirigen ke pom bensin terdekat gimanapun caranya baik itu nebeng orang, naek angkot atau berjalan kaki. Nah bensin yang satu jirigen nantinya bisa buat bekal mobil kalian ke pom bensin terdekat tadi. Yang penting nyala aja dulu. hehe

 

 

SENTER

Peralatan-yang-Wajib-ada-di-Mobil-Anda-Senter

 

Peralatan yang wajib ada di mobil anda yang terakhir yaitu senter ya guys. Senter ini akan sangat penting dan sangat berguna dikala mobil anda sedang bermasalah di malam hari. Dan kita tentunya tidak tau ya nantinya bakalan ada pencahayaan atau nggak disitu.

 

Tapi yang jelas, senter ini akan sangat membantu anda untuk memberikan pencahayaan di kala malam hari dan keadaan darurat.

 

Naahh.. jadi itu tadi ya guys beberapa peralatan yang wajib ada di mobil kalian masing-masing. Dan pastikan kalian sudah memilikinya dan menyimpannya di mobil kalian saat akan berkendara. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dan menambah informasi buat kalian semua ya guys.

 

Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *