Thumbnail-Perbedaan-Kekuatan-4-Mesin-Bor-Impact-Drill

PERBEDAAN KEKUATAN 4 MESIN BOR IMPACT DRILL

By: Yudha Yudha
30 Jan 2019

yo..yo..yoo.. Halo semua sobat tehniq.. selamat datang kembali nih di artikel website kami yang paling lengkap dan jelas. Tempat dimana kalian bisa dapetin semua informasi seputar alat-alat teknik mulai dari yang kecil hingga yang besar tentunya. Jadi bagi kalian yang lagi punya pertanyaan tentang alat-alat teknik baik itu dari segi perbandingan spesifikasi dan kekuatannya ataupun dari segi tips dan trik dalam menggunakan dan merawat peralatan teknik anda dirumah. Jadi kalian udah bisa utak-atik sendiri peralatan kalian biar kalian bisa lebih berkreasi sendiri. Namanya juga negara Indonesia ya guys.. Negara yang penuh dengan kreatifitas yang tinggi.. jadi kita semua harus bangga tentunya.

 

Ok guys langsung aja kita menuju ke pokok pembahasan artikel ini. Pada artikel ini kami akan membahas tentang perbedaan kekuatan 4 mesin bor impact drill merk Bosch GSB 550, Kyuho K 550I, Hitachi DV 13VSS dan juga Maktec MT 80B. Jadi intinya kita pengen tau nih perbedaan kekuatan 4 mesin bor impact drill ini.. Kira-kira mana ya yang paling kuat atau mana yang paling kecil konsumsi daya listriknya. Atau hal-hal lain yang nantinya bisa kalian dapatkan dari nonton video kami diatas. Jadi nanti kalian bisa review sendiri nih, mana mesin bor impact drill yang paling cocok dengan kebutuhan kalian masing-masing.

 

Tapi bagi kalian yang suka baca-baca, di artikel ini kami juga memberikan informasi hasil percobaan yang kami lakukan. Jadi kalian ga perlu khawatir, semua kebagian kok guys.. hehehe.. Jadi pada artikel ini kami juga menyediakan informasi berupa gambar dan keterangan dari masing-masing percobaan.

 

Pertanyaannya kami ini mau ngelakuin percobaan apa sih buat nunjukkin perbedaan kekuatan 4 mesin bor impact drill ini ke kalian??.. Tentunya percobaan yang kami lakukan ini selalu ada sisi extremenya guys, biar lebih greget gitu. Karena prinsip kami kalo ga extreme gimana bisa tau kekuatannya.. betul ga.. 😀

 

PERBEDAAN KEKUATAN 4 MESIN BOR IMPACT DRILL

Jadi nanti untuk mengetahui perbedaan kekuatan 4 mesin bor impact drill ini, kami akan melakukan beberapa percobaan atau uji coba. Beberapa uji coba itu diantaranya :

  1. Pengukuran RPM dan Daya minimum tanpa bebannya.
  2. Mengukur Kecepatan Pengeboran di Tembok Bata Merah.
  3. Kecepatan Pengeboran di Beton K350 & Cek Suhu Mesinnya.
  4. Dan Kecepatan pengeboran di Kayu Kamper Medan.

 

Nah jadi kita nanti mau mengukur kekuatan dari masing-masing mesin bor impact drill tersebut dengan ngelakuin keempat percobaan diatas. Pertanyaannya kenapa sih kami ngelakuin keempat percobaan tersebut?? Jadi disini kami akan coba jelaskan satu persatu alasan masing-masing uji coba tersebut, kenapa kami lakukan.

 

Jadi untuk percobaan pertama kita mau ukur RPM dan Daya minimumnya. Tentunya kami pengen tau putaran RPM dari masing-masing mesin bor ini berapa sih.. apakah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak. Dan untuk daya listrik tanpa bebannya juga tentunya buat kasih informasi ke kalian semua, agar nanti kalian bisa ukur sendiri kapasitas listrik di tempat kalian masing-masing. Mesin bor mana yang paling cocok buat kalian pake di kapasitas listrik kalian masing-masing.

 

Dan untuk percobaan kedua, ketiga dan keempat.. kami pengen ngukur kekuatan dari masing-masing mesin bor tersebut dengan mengukur kecepatan pengeborannya di material yang keras (tembok), sangat keras (beton) dan juga berserat (kayu). Dengan kami mengukur kecepatan pengeborannya, tentunya nanti ketauan mesin bor mana yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan cepat. Kalo mesin bor tersebut dapat mengatasi uji coba ini dengan cepat, tentunya dapat dipastikan power atau kekuatan mesinnya pasti mantap. Tapi kalo mesin bor tersebut tidak bisa menyelesaikan tugasnya, berarti power mesinnya memble alias lemah syahwat.. hehe.

ALAT UJI COBA YANG DIGUNAKAN

Setelah kita semua tau percobaan apa yang nanti akan kami lakukan dengan keempat mesin bor impact drill ini. Maka selanjutnya kami akan menjelaskan sedikit alat-alat pendukung apa saja yang akan kami gunakan untuk melakukan percobaan ini. Jadi bagi kalian yang punya beberapa alat ini dan penasaran dengan kekuatan mesin bor kalian dirumah. Nanti kalian bisa melakukan percobaan sendiri dirumah kalian masing-masing, tapi tetap jaga safety use ya guys.

 

Jadi untuk melakukan keempat percobaan tadi, kami akan menggunakan alat pendukung khusus yang dapat mengukur keempat percobaan tersebut. Beberapa alat pendukung yang akan kami gunakan nanti yaitu :

  • Power Meter ( Mesin pendeteksi listrik )
  • Stopwatch
  • Termometer Laser.
  • Alat Pengukur RPM
  • Mata Gerinda yang sudah dimodifikasi untuk mengukur RPM
  • Drill Bit / Mata Bor beton 10 mm
  • Auger Bit Mata Bor kayu 16 mm

 

Oke setelah kita semua tau percobaan apa aja yang akan kami lakukan nanti dan apa aja alat uji cobanya. Jadi langsung aja nih guys kita melakukan pengetesan untuk melihat hasil tes masing-masing mesin bor impact dril tersebut.

 

PERBEDAAN RPM 4 MESIN BOR IMPACT DRILL – BOSCH GSB 550

Yak.. pada percobaan kita yang pertama yaitu kita akan melakukan pengukuran RPM dan juga daya minimum atau watt tanpa bebannya. Dan pada percobaan ini kami memulainya dengan menguji mesin bor impact drill Bosch GSB 550. Kira-kira spesifikasi RPM aslinya apakah sesuai dengan yang tertera di spefifikasi pada kardusnya, langsung aja kita lihat.

Perbedaan-Kekuatan-4-Mesin-Bor-Impact-Drill-pengukuran-RPM-dan-Daya-Minimum-Bosch-GSB-550

Seperti yang dapat anda lihat pada gambar diatas, untuk nilai RPM yang ditunjukkan dengan mesin pengukur RPM dari mesin bor bosch ini yaitu di 2.400 RPM. Sedangkan untuk daya minimumnya dapat anda lihat pada power meter bagian paling kanan, yaitu tertulis daya minimum yang dikonsumsi mesin bor bosch ini adalah 220 watt.

 

PERBEDAAN RPM 4 MESIN BOR IMPACT DRILL – KYUHO K 550I

Lanjut pada percobaan pengukuran RPM dan daya minimum keempat mesin bor impact drill. Pada percobaan kedua kami akan melakukannya pada mesin bor impact drill Kyuho K 550I.

Perbedaan-Kekuatan-4-Mesin-Bor-Impact-Drill-pengukuran-RPM-dan-Daya-Minimum-Kyuho-K-550I

Untuk hasil percobaan pengukuran RPM pada mesin bor kyuho ini, kami mendapatkan nilai RPM aslinya yaitu di angka 3.100 RPM. Jadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin bor Bosch sebelumnya. Tapi gimana untuk nilai daya minimumnya?? dapat dilihat pada power meter sebelah kanan, terlihat nilai daya minimum tanpa bebannya yaitu di 270 watt. Jadi untuk daya listrik minimumnya mesin bor kyuho ini lebih besar dibandingkan mesin bor bosch sebelumnya.

 

PERBEDAAN RPM 4 MESIN BOR IMPACT DRILL – MAKTEC MT 80B

Selanjutnya untuk percobaan yang ketiga yaitu akan kami lakukan pada mesin bor Maktec MT 80B. Kira-kira gimana hasilnya ya?? apakah lebih tinggi RPMnya dari kedua mesin bor sebelumnya?? atau malah lebih rendah?? langsung aja kita lihat pada gambar dibawa ini.

Perbedaan-Kekuatan-4-Mesin-Bor-Impact-Drill-pengukuran-RPM-dan-Daya-Minimum-Maktec-MT-80B

Setelah kami melakukan uji coba pengukuran RPM mesin bor Maktec ini, kami mendapatkan hasil yaitu nilai RPM dari mesin bor maktec ini adalah 3.000 RPM. Sedangkan untuk konsumsi daya minimum dari mesin bor maktec ini yaitu 180 watt. Dengan RPM yang tinggi tersebut, kami rasa konsumsi daya dari mesin bor maktec ini cukup kecil. Sehingga untuk penggunaannya sendiri lebih tidak boros listrik.

 

PERBEDAAN RPM 4 MESIN BOR IMPACT DRILL – HITACHI DV 13 VSS

Percobaan terakhir untuk mengetahui nilai RPM dan daya minimum ini yaitu kami lakukan pada mesin bor Hitachi DV 13 VSS. Kira-kira gimana ya hasilnya??.. langsung aja kita lihat sama-sama pada gambar dibawah ini.

Perbedaan-Kekuatan-4-Mesin-Bor-Impact-Drill-pengukuran-RPM-dan-Daya-Minimum-Hitachi-DV-13-VSS

Untuk mesin bor hitachi ini kami dapatkan nilai RPMnya yaitu diangka 2.800 RPM. Sedangkan untuk konsumsi daya yang digunakan mesin bor hitachi ini yaitu diangka 270 watt. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba pada mesin bor hitachi ini nilainya berada di tengah-tengah dari ketiga mesin bor yang telah kita uji tadi. Untuk nilai RPMnya dapat kami simpulkan nilainya menengah dan untuk konsumsi daya listriknya juga hampir sama dengan mesin bor Bosch dan Kyuho.

 

Jadi gimana?? udah pada tau kan nilai RPM dari masing-masing mesin bor impact drill yang kami coba diatas. Dan kalian juga bisa menyesuaikan kebutuhan listrik anda dengan masing-masing mesin bor impact drill yang kami telah paparkan diatas.

 

Setelah kita semua tau tentang nilai RPM dan konsumsi daya minimumnya, maka selanjutnya kami akan melakukan tes kecepatan pengeboran yang telah kami sebutkan diatas. Tetapi tidak pada artikel ini.. untuk melanjutkan baca artikel tentang kecepatan pengeboran dari keempat mesin bor Impact drill diatas anda dapat mengunjungi link dibawah ini.

KECEPATAN PENGEBORAN 4 MESIN BOR IMPACT DRILL

 

Dan bagi kalian yang sedang ada kebutuhan mesin bor impact drill ataupun kebutuhan akan alat-alat teknik lainnya, anda dapat mengunjungi website kami www.tehniq.com untuk pengalaman belanja alat teknik yang aman, cepat dan nyaman.


One response to “PERBEDAAN KEKUATAN 4 MESIN BOR IMPACT DRILL”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *