Thumbnail-Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN 5 MESIN BOR 10 MM

By: Yudha Yudha
25 Jan 2019
Review 5 merek mesin bor DIBAWAH 500 RIBU, kira-kira bisa apa aja ya?

Haloo guys..!! gimana nih??? udah pada baca artikel kami sebelumnya belon? yang tentang pengukuran daya minimum dan juga nilai RPM 5 mesin bor. Kalo kalian yang setia baca artikel-artikel kami tentunya udah baca dong artikel kami tersebut. Gimana tanggapan kalian tentang hasil yang kami dapatkan dari percobaan tersebut pada 5 mesin bor Doliz, Maktec, Hitachi, Bosch dan Kyuho? Udah tau ga kalian mau beli mesin bor yang mana?? Semoga kalian untuk bisa nentuin ya, mau beli mesin bor 10 mm yang mana untuk kebutuhan anda dirumah atau bengkel anda.

 

Dan bagi kalian yang belum baca artikel kami sebelumnya itu, kalian bisa kunjungi link dibawah ini.

PERBEDAAN 5 MESIN BOR HARGA 500 RIBUAN

 

Sebagai informasi buat kalian, artikel ini adalah lanjutan dari artikel kami sebelumnya yang kami cantumkan pada link diatas. Dan untuk artikel ini, kami akan membahas tentang perbedaan kecepatan pengeboran 5 mesin bor 10 mm. Dan pada percobaan ini, kami ingin mengetahui power dari masing-masing mesin bor Doliz, Maktec, Hitachi, Bosch dan Kyuho. Karena seperti yang kami sebutkan pada artikel sebelumnya, bahwa daya minimum dan nilai RPM dari mesin bor tidak menentukan power dari mesin bor tersebut. Jadi itulah fungsi dari percobaan kami kali ini. Gimana sih power dari masing-masing mesin bor tersebut??. Nanti akan kami jelaskan lebih lanjut hasil percobaan tersebut pada artikel kami ini.

 

Pada percobaan ini kami menggunakan beberapa alat pendukung untuk mendapatkan data real dari hasil percobaan ini. Beberapa alat pendukung yang kami gunakan yaitu :

  • Mata bor kayu 16 mm
  • Mata Skrup Bor 5 cm
  • Socket Skrup
  • Stopwatch
  • Alat Pengukur Suhu
  • Kayu Kamper Medan
  • Besi 3 mm

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN KAYU 5 MESIN BOR 10 MM

Pada percobaan pertama, kami akan coba untuk mengetahui perbedaan kecepatan pengeboran kayu pada 5 mesin bor yang Bosch, Hitachi, Kyuho, Maktec dan Doliz. Pada percobaan ini kami menggunakan mata bor kayu 16 mm, stopwatch dan juga alat pengukur suhu. Tapi sebelum kami memulai percobaan, kami akan jelaskan terlebih dahulu kenapa kami melakukan percobaan ini. Jawabannya adalah kita ingin mengetahui power dari mesin bor ini, karena objek bor yang paling berat adalah kayu. Kayu adalah objek bor yang memiliki banyak serat diseluruh bagiannya, sehingga butuh tenaga ekstra pada mesin bor untuk mengebornya. Dan ditambah kami menggunakan kayu kamper medan yang terkenal akan tingkat kekerasannya.

 

Oke setelah kalian tau maksud kami untuk melakukan percobaan ini, langsung aja kita mulai uji coba pertama kita dan mari kita lihat sama-sama hasilnya pada gambar-gambar dibawah ini.

 

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN KAYU 5 MESIN BOR BOSCH GBM 350

Untuk percobaan pertama untuk pengukuran kecepan pengeboran kayu ini, kami mulai dengan mesin bor bosch GBM 350.

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Bosch-GBM-350-Kecepatan-Pengeboran-Kayu

Terlihat pada gambar diatas, untuk kecepatan pengeboran kayu sejumlah 5 lubang pada mesin bor bosch ini adalah 46 detik. Dan suhu yang dihasilkan adalah di 40 derajat celcius, jadi cukup dingin dan tidak cepat panas.

 

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN KAYU 5 MESIN BOR HITACHI D10VST

Kemudian percobaan kedua untuk mengukur kecepatan pengeboran pada objek kayu sebanyak 5 lubang ini kami lakukan pada mesin bor Hitachi D10VST.

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Hitachi-D10VST-Kecepatan-Pengeboran-Kayu

Dan hasilnya, untuk kecepatan pengeboran sebanyak 5 lubang pada kayu kamper medan ini, hitachi dapat melakukannya selama 49 detik, dengan suhu yang dihasilkan yaitu diangka 44 derajat celcius. Jadi hampir sama dengan mesin bor bosch untuk kecepatannya dan juga suhu yang dihasilkannya

 

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN KAYU 5 MESIN BOR KYUHO K450D

Percobaan ketiga kami lakukan pada mesin bor Kyuho K450D, dengan hasil kecepatan pengeborannya terhadap kayu kamper medan sebanyak 5 lubang ini yaitu di 49 detik sama seperti mesin bor Hitachi. Untuk gambar dari hasil uji coba tersebut, dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Kyuho-K450D-Kecepatan-Pengeboran-Kayu

Sedangkan suhu yang dihasilkan dari uji coba pengeboran kayu ini yaitu diangka 44 derajat celcius. Dan lagi-lagi hasil yang didapatkan mesin bor kyuho ini sama persis dengan mesin bor Hitachi.

 

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN KAYU 5 MESIN BOR MAKTEC MT60

Dan lanjut lagi untuk percobaan keempat kita lakukan pada mesin bor Maktec MT60. Kira-kira berapa yang hasil yang didapatkan untuk kecepatan pengeboran kayu kamper medan sebanyak 5 lubang ini?? Langsung aja kita liat gambarnya dibawah ini sama-sama.

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Maktec-MT60-Kecepatan-Pengeboran-Kayu

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, sayang sekali untuk mesin bor maktec MT60 ini tidak sanggup menyelesaikan percobaan pengeboran kayu kamper medan ini dengan menggunakan mata bor kayu ukuran 16 mm. Dan untuk suhu mesin yang didapatkan dari percobaan inipun cukup tinggi, karena memang kinerja mesin yang berlebihan tentunya. Suhu yang dihasilkan mesin bor maktec ini yaitu 56 derajat celcius, jadi memang saat kami pegang itu benar-benar panas sehingga tidak nyaman ditangan kami.

 

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN KAYU 5 MESIN BOR DOLIZ BA652

Dan terakhir, kami melakukan uji coba kecepatan pengeboran kayu kamper medan sebanyak 5 lubang pada mesin bor Doliz BA652. Dan seperti yang dapat anda lihat pada gambar dibawah ini, untuk kecepatan pengeboran mesin bor Doliz ini yaitu di 73 detik. Sedangkan suhu yang dihasilkan dari mesin bor ini setelah melakukan pengeboran pada objek kayu ini yaitu di 45 derajat celcius. Jadi cukup dingin juga sama seperti mesin bor yang lainnya.

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Doliz-BA652-Kecepatan-Pengeboran-Kayu

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN BESI 5 MESIN BOR 10 MM

Setelah kita sama-sama melihat hasil uji coba kecepatan pengeboran kayu, maka selanjutnya kita akan sama-sama lihat perbedaan kecepatan pengeboran besi pada mesin bor Doliz, Maktec, Hitachi, Bosch dan Kyuho. Dan pada percobaan ini kami menggunakan skrup bor sepanjang 5 cm yang kami pasangkan pada socket yang sudah kami pasangkan pada chuck mesin bor. Percobaan ini juga kami lakukan sebanyak 5 lubang untuk melihat performa dari masing-masing mesin bor. Dan untuk alasan kenapa kami melakukan percobaan ini yaitu karena saat ini mesin bor 10 mm banyak digunakan para user untuk mengebor atap baja ringan ataupun besi hollow untuk pemasangan rangka rumah, pagar dan juga kanopi. Jadi dengan melakukan percobaan ini, para user kami dapat melihat performa masing-masing mesin bor yang nantinya dapat mereka sesuaikan dengan kebutuhan mereka di Lapangan.

Langsung aja kita mulai percobaan pengeboran terhadap besi 3 mm ini dan lihatlah hasil-hasilnya pada penjelasan dan gambar-gambar dibawah ini.

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN BESI 5 MESIN BOR BOSCH GBM 350

Seperti pada percobaan pertama, untuk percobaan kedua ini juga kami mulai pada mesin bor Bosch GBM 350. Dan hasil percobaan kecepatan pengeboran besi ini dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Bosch-GBM-350-Kecepatan-Pengeboran-Besi

Dan pada percobaan ini mesin bor bosch dapat melakukan pengeboran sebanyak 5 lubang terhadap besi berukuran 3 mm selama 22 detik. Jadi untuk kecepatan pengeboran mesin bor bosch ini dapat disimpulkan bahwa pengeboran ini berlangsung dengan cukup cepat.

 

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN BESI 5 MESIN BOR HITACHI D10VST

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Hitachi-D10VST-Kecepatan-Pengeboran-Besi

Selanjutnya, untuk percobaan kedua kami lakukan pada mesin bor Hitachi D10VST. Dan pada percobaan ini kami mendapatkan hasil kecepatan pengeborannya selama 25 detik. Dan dapat disimpulkan juga untuk mesin bor hitachi ini dapat melakukan pengeboran dengan cukup cepat hampir sama dengan mesin bor bosch.

 

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN BESI 5 MESIN BOR KYUHO K450D

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Kyuho-K450D-Kecepatan-Pengeboran-Besi

Pada percobaan ketiga, mesin bor yang kami gunakan untuk melakukan pengeboran pada besi berukuran 3 mm ini yaitu pada mesin Kyuho K450D. Dan hasil kecepatan pengeboran yang kami dapatkan dengan mesin bor kyuho ini yaitu 22 detik. Dan untuk kecepatannya ini kami rasa juga cukup cepat sama seperti mesin bor bosch.

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN BESI 5 MESIN BOR MAKTEC MT60

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Maktec-MT60-Kecepatan-Pengeboran-Besi

Untuk percobaan keempat, kami melakukan percobaan pengukuran kecepatan pengeboran pada mesin bor Maktec MT60. Untuk hasilnya kami dapatkan kecepatan pengeborannya yaitu di angka 30 detik. Jadi kesimpulan dari mesin bor maktec untuk pengeboran besi ini yaitu lebih lama jika dibandingkan dengan ketiga mesin bor sebelumnya. Tapi dengan durasi 30 detik ini, kami rasa cukup cepat juga untuk melakukan pengeboran pada besi 3 mm sebanyak 5 lubang ini.

 

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN BESI 5 MESIN BOR DOLIZ BA652

Perbedaan-Kecepatan-Pengeboran-5-Mesin-Bor-10-mm-Doliz-BA652-Kecepatan-Pengeboran-Besi

Dan untuk percobaan yang terakhir, kami akan melakukan percobaan ini pada mesin bor Doliz BA 652. Untuk kecepatan pengeboran besi yang kami dapatkan yaitu 25 detik. Sedangkan hasil yang dapat kami simpulkan yaitu mesin bor Doliz ini dapat melakukan pengeboran pada besi ukuran 3 mm sebanyak 5 lubang dengan cukup cepat. Jadi untuk kecepatannya sendiri hampir sama dengan 3 mesin bor pertama yang telah kami lakukan uji coba yang sama.

 

Jadi gimana nih guys?? udah pada tau kan power atau kekuatan bor dari masing-masing mesin bor 10 mm yang telah kami lakukan uji coba tadi. Jadi balik lagi kekebutuhan kalian nih guys, kalian mau yang powerfull atau butuh yang konsumsi watt atau daya listriknya kecil. Dan bagi anda yang sedang membutuhkan salah satu dari kelima mesin bor yang telah kami sebutkan diatas, atau baik anda yang sedang membutuhkan mesin bor dengan tipe dan ukuran yang lain. Jangan ragu untuk berbelanja di www.tehniq.com. Dapatkan pengalaman belanja kebutuhan alat teknik anda yang cepat, aman dan nyaman. Dan nantikan selalu promo-promo menarik dari kami yang tentunya sangat menarik buat anda semua.


One response to “PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN 5 MESIN BOR 10 MM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *