Thumbnail-Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan

PERBEDAAN KEKUATAN 4 GERINDA 300 RIBUAN

By: Yudha Yudha
18 Jan 2019
TOP 4 MESIN GERINDA!!! Berkualitas Harga 300ribuan (RECOMMEND)

Jika anda melihat video yang kami cantumkan pada awal artikel kami ini, anda akan mendapat informasi penting mengenai perbedaan kekuatan 4 gerinda 300 ribuan. Tapi bagi anda yang suka membaca gak usah khawatir, karena pada artikel ini kami akan mengupas tuntas tentang perbedaan kekuatan 4 gerinda 300 ribuan tersebut yaitu maktec MT90, bosch GWS 060, kyuho LG 100 dan hitachi G10SS2. Jadi pada video tersebut kami akan membuktikan perbedaan kekuatan 4 gerinda tersebut dengan melakukan beberapa percobaan.

 

Apa saja percobaan yang akan kami lakukan pada 4 gerinda tersebut?? pada penasaran kan?? :p. Yak pada keempat gerinda ini kami akan coba untuk melakukan 5 percobaan untuk mengetahui perbedaan kekuatan 4 gerinda 300 ribuan tersebut yaitu maktec MT90, bosch GWS 060, kyuho LG 100 dan hitachi G10SS2. Dan kelima percobaan yang akan kami lakukan ini yaitu diantaranya :

  1. Pengukuran RPM / Putaran per Menitnya
  2. Pengukuran Getaran Mesin
  3. Pengukuran Kebisingan Suara ( Noise )
  4. Uji Kekuatan Maksimal ( Power )
  5. Uji Kecepatan Potong Besi Ulir 19 mm

 

Pertanyaannya kenapa sih kami mau melakukan kelima percobaan tersebut?? untuk apa?? fungsinya apa?? mungkin sebagian dari kalian bertanya seperti itu. Tetapi tenang aja, semua percobaan yang akan kami lakukan tersebut pastinya memiliki alasan penting yang mempengaruhi untuk mengetahui kekuatan dari keempat mesin gerinda tersebut.

 

Jadi kami akan coba jelaskan pada poin ini. Yang pertama kami ingin melakukan percobaan pengukuran RPM atau putaran per menitnya. Kenapa kami melakukan percobaan ini?? jawabannya adalah dengan kita mengetahui putaran per menitnya maka kekuatan putar motornya pun dapat kita ketahui. Dan percobaan yang kedua yaitu pengukuran getaran mesin. Dengan kita mengetahui getaran mesinnya, kita dapat mengetahui tingkat kenyamanan gerinda ini saat di genggam. Karena tanpa anda sadari, getaran mesin yang kuat akan membuat tangan anda kesemutan dan tentunya hal tersebut tidaklah nyaman.

 

Dan untuk percobaan ketiga tentunya sudah jelas kami melakukan pengukuran kebisingan suara ( noise ) karena bisingnya suara mesin juga dapat mengurangi kenyamanan anda dalam menggunakan gerinda ini, khususnya bagi pengguna gerinda yang tidak menggunakan pelindung telinga. Untuk percobaan keempat, kami akan melakukan uji kekuatan maksimal ( power ) dari keempat mesin gerinda tersebut. Dan dengan melakukan percobaan ini, kita akan bisa melihat kekuatan putaran maksimalnya dan berapa watt yang dibutuhkan saat mesin mencapai kekuatan maksimal. Tapi hal ini kami lakukan hanya untuk mengetahui kekuatan maksimalnya. Jadi bagi anda yang ada dirumah jangan pernah untuk mencoba hal ini, karena akan dapat cepat merusak motor atau armature dari gerinda ini.

 

Dan untuk percobaan terakhir yaitu percobaan kelima, kami akan menguji kecepatan potong keempat mesin gerinda ini pada besi ulir ukuran 19 mm. Pada percobaan ini kami akan menyama ratakan daya listrik yang digunakan saat memotong besi ulir tersebut. Apa maksudnya?? dengan kita menyamakan daya listrik yang digunakan mesin gerinda tersebut tentunya akan ada kesamaan dari konsumsi daya listriknya. Dan yang pasti tidak akan ada kecurigaan pada anda saat kami melakukan pemotongan ini. Karena tentunya kami mengantisipasi pemikiran-pemikiran negatif para viewer dan reader kami terkait percobaan yang kami lakukan. Misalnya ” itu mungkin saat motong besi kekuatan menekan besinya dibedain”, atau bisa juga ” ah itu kita dbohongi aja “. Jadi kami tidak mau ada persepsi jelek tersebut dengan mengantisipasinya dari awal dengan melakukan percobaan yang adil.

 

Setelah kami menjelaskan percobaan apa saja yang akan kami lakukan, maka selanjutnya kami akan menjelaskan juga alat-alat pendukung apa saja yang akan kami gunakan untuk melakukan kelima percobaan tersebut. Beberapa alat pendukung yang akan kami gunakan pada percobaan tersebut yaitu diantaranya :

  • Mesin Pendeteksi Listrik ( Power Meter )
  • Mesin Pengukur RPM
  • Botol Berisi Air ( untuk mengukur getaran )
  • Kayu Cor ( untuk mengukur kekuatan maksimal )
  • Besi Ulir 19 mm ( uji kecepatan potong )

Oke langsung aja tanpa basa-basi lagi kami akan menjelaskan hasil yang kami dapatkan pada 4 gerinda maktec MT90, bosch GWS 060, kyuho LG 100 dan hitachi G10SS2 ini pada poin-poin dibawah ini.

 

PERBEDAAN KEKUATAN 4 GERINDA 300 RIBUAN – UJI PUTARAN PER MENIT ( RPM )

Pada percobaan pertama ini, kami akan coba untuk mencari perbedaan kekuatan 4 gerinda 300 ribuan dengan melakukan percobaan uji putaran per menit ( RPM ). Tentu kalian udah pada tau ya, spesifikasi di dus atau body mesin gerinda ini biasanya tertulis RPM atau rotation per menit. Tapi apakah apa yang tertulis pada spesifikasi dengan kenyataannya ini sama atau berbeda?? dan kita juga bisa tau nanti mesin gerinda mana sih yang putarannya paling kenceng dan paling pelan.

 

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Putaran-Per-Menit-RPM-Maktec-MT90

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, percobaan pertama kami lakukan pada mesin gerinda maktec MT90. Dan pada percobaan uji putaran per menit ( RPM ) ini kami dapatkan bahwa putaran per menit ( RPM ) dari gerinda Maktec ini adalah 10.400 RPM. Jadi untuk RPM dari gerinda maktec ini cukup besar, sehingga tentunya mempengaruhi kecepatan potong dari mesin gerinda ini saat digunakan untuk memotong besi.

 

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Putaran-Per-Menit-RPM-Bosch-GWS-060

Dan seperti yang anda lihat pada gambar diatas, percobaan kedua kami lakukan pada mesin gerinda Bosch GWS 060. Dan pada percobaan uji putaran per menit ( RPM ) ini kami dapatkan bahwa putaran per menit ( RPM ) dari gerinda Bosch ini adalah 9.100 RPM. Jadi untuk RPM dari gerinda Bosch ini sedang-sedang saja, sehingga tentunya mempengaruhi kecepatan potong dari mesin gerinda ini saat digunakan untuk memotong besi.

 

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Putaran-Per-Menit-RPM-Kyuho-LG-100

Dan seperti yang anda lihat pada gambar diatas, percobaan kedua kami lakukan pada mesin gerinda Kyuho LG 100. Dan pada percobaan uji putaran per menit ( RPM ) ini kami dapatkan bahwa putaran per menit ( RPM ) dari gerinda Kyuho ini adalah 9.500 RPM. Jadi untuk RPM dari gerinda Kyuho ini juga sedang-sedang saja sama seperti merk Bosch. Dan tentunya ukuran putaran per menit tersebut mempengaruhi kecepatan potong dari mesin gerinda ini saat digunakan untuk memotong besi.

 

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Putaran-Per-Menit-RPM-Hitachi-G10SS2

Dan seperti yang anda lihat pada gambar diatas, percobaan kedua kami lakukan pada mesin gerinda Hitachi G10SS2. Dan pada percobaan uji putaran per menit ( RPM ) ini kami dapatkan bahwa putaran per menit ( RPM ) dari gerinda Hitachi ini adalah 11.100 RPM. Jadi untuk RPM dari gerinda Hitachi ini cukup tinggi hampir sama dengan maktec tetapi lebih tinggi. Dan tentunya ukuran putaran per menit tersebut mempengaruhi kecepatan potong dari mesin gerinda ini saat digunakan untuk memotong besi.

 

Jadi udah pada tau ya ukuran RPM dari masing-masing mesin gerinda maktec, bosch, kyuho dan hitachi tersebut. Dari hasil percobaan tersebut anda dapat menilai sendiri dengan kebutuhan anda di tempat anda bekerja. Karena ukuran putaran ini juga tidak mempengaruhi kebutuhan dari masing-masing user.

 

PERBEDAAN KEKUATAN 4 GERINDA 300 RIBUAN – PENGUKURAN GETARAN MESIN

Pada uji coba yang kedua, kami ingin mengetahui perbedaan kekuatan 4 gerinda 300 ribuan ini dengan melakukan pengukuran getaran mesin. Pada uji coba ini kami akan menggunakan power meter atau pendeteksi listrik untuk mengetahui konsumsi daya tanpa bebannya agar anda tau konsumsi daya minimumnya itu berapa sih.. Dan alat pendukung lainnya kami gunakan botol berisi sedikit air yang nantinya akan kami pasangkan pada handle mesin gerinda tersebut agar nanti bisa terdeteksi getaran mesinnya.

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Pengukuran-Getaran-Mesin-Maktec-MT90

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, percobaan pertama kami lakukan pada mesin gerinda maktec MT90. Pada percobaan tersebut kami dapatkan bahwa konsumsi listrik tanpa bebannya ( minimum ) yaitu 270 watt yang bisa anda lihat pada video yang kami cantumkan pada artikel paling atas. Dan untuk getaran mesinnya sendiri dapat anda lihat pada percikan air yang terlihat pada gambar diatas. Jadi karena tanda panah yang kami tunjukkan pada gambar diatas yang cukup tinggi, maka dapat kami simpulkan bahwa getaran mesin dari gerinda Maktec MT90 ini cukup tinggi. Jadi bisa jadi saat anda gunakan mesin gerinda ini untuk jangka waktu tertentu, tangan anda akan cepat kesemutan.

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Pengukuran-Getaran-Mesin-Bosch-GWS-060

 

Dan pada percobaan kedua kami lakukan pada mesin gerinda Bosch GWS 060. Pada percobaan tersebut kami dapatkan bahwa konsumsi listrik tanpa bebannya ( minimum ) yaitu 300 watt yang bisa anda lihat pada video yang kami cantumkan pada artikel paling atas. Dan untuk getaran mesinnya sendiri dapat anda lihat pada percikan air yang terlihat pada gambar diatas. Jadi karena tanda panah yang kami tunjukkan pada gambar diatas yang cukup kecil, maka dapat kami simpulkan bahwa getaran mesin dari gerinda Bosch GWS 060 ini cukup kecil. Jadi bisa jadi saat anda gunakan mesin gerinda ini untuk jangka waktu tertentu, tangan anda tidak akan cepat kesemutan.

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Pengukuran-Getaran-Mesin-Kyuho-LG-100

 

Lanjut lagi pada percobaan ketiga kami lakukan pada mesin gerinda Kyuho LG 100. Pada percobaan tersebut kami dapatkan bahwa konsumsi listrik tanpa bebannya ( minimum ) yaitu 370 watt yang artinya lebih besar jika dibandingkan dengan kedua gerinda yang telah kami tes sebelumnya yaitu maktec dan bosch. Dan untuk getaran mesinnya sendiri dapat anda lihat pada percikan air yang terlihat pada gambar diatas. Jadi karena tanda panah yang kami tunjukkan pada gambar diatas yang cukup kecil sama seperti gerinda Bosch. Jadi bisa jadi saat anda gunakan mesin gerinda ini untuk jangka waktu tertentu, tangan anda tidak akan cepat kesemutan.

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Pengukuran-Getaran-Mesin-Hitachi-G10SS2

 

Terakhir percobaan keempat kami lakukan pada mesin gerinda Hitachi G10SS2. Pada percobaan tersebut kami dapatkan bahwa konsumsi listrik tanpa bebannya ( minimum ) yaitu 310 watt. Dan untuk getaran mesinnya sendiri dapat anda lihat pada percikan air yang terlihat pada gambar diatas. Karena tanda panah yang kami tunjukkan pada gambar diatas yang sangat kecil, maka bisa kami simpulkan saat anda menggunakan mesin gerinda ini untuk jangka waktu tertentu, tangan anda tidak akan cepat kesemutan.

 

PERBEDAAN KEKUATAN 4 GERINDA 300 RIBUAN – UJI KEKUATAN MAKSIMAL

Lanjut pada percobaan pada keempat mesin gerinda yang telah kami sebutkan diatas. Sebenarnya ada uji kebisingan pada video tersebut, tetapi kami menyarankan langsung saja mendengarkan dari video untuk mengetahui tingkat kebisingan dari keempat mesin gerinda tersebut. Pada artikel ini kami hanya dapat menyebutkan bahwa gerinda maktec memiliki tingkat kebisingan yang lebih jika dibandingkan dengan ketiga mesin gerinda lainnya. Dan untuk tingkat kebisingan yang paling kecil yaitu dipegang oleh gerinda Hitachi.

 

Setelah kami melakukan uji coba untuk mengetahui tingkat kebisingannya, maka selanjutnya kami akan melakukan tes untuk mencari tau kekuatan maksimal dari keempat mesin gerinda tadi. Dan pada percobaan ini, kami coba untuk menempelkan pisau gerinda poles pada kayu cor hingga putarannya berhenti. Setelah itu nanti kita akan mengetahui kekuatan dari gerinda tersebut. Dan dapat diketahui juga maksimal watt yang akan dibutuhkan mesin gerinda ini saat mendapat tekanan paling berat.

 

1. Maktec MT90

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Kekuatan-Maksimal-Maktec-MT90

 

2. Bosch GWS 060

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Kekuatan-Maksimal-Bosch-GWS-060

 

3. Kyuho LG 100

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Kekuatan-Maksimal-Kyuho-LG-100

 

4. Hitachi G10SS2

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Kekuatan-Maksimal-Hitachi-G10SS2

Dapat anda lihat pada keempat percobaan diatas. Percobaan pertama kami lakukan pada Maktec MT90 yang hasilnya kekuatan maksimal dari mesin gerinda Maktec ini adalah pada watt 2.100. Sedangkan untuk Gerinda Bosch GWS 060, kami dapatkan hasil kekuatan maksimal dari mesin gerinda tersebut yaitu 2.100 watt sama seperti gerinda maktec.

 

Dan selanjutnya kami melakukan uji kekuatan maksimal pada mesih gerinda Kyuho LG 100. Dan pada percobaan tersebut kami dapatkan hasil kekuatan maksimal dari gerinda kyuho ini yaitu 2.600 watt. Dan terakhir kami melakukan uji kekuatan maksimal dari mesin gerinda Hitachi G10SS2. Dan kami mendapatkan kekuatan maksimal dari mesin gerinda hitachi ini yaitu di 2.000 watt.

 

PERBEDAAN KEKUATAN 4 GERINDA 300 RIBUAN – UJI KECEPATAN POTONG

Dan akhirnya kita masuk pada percobaan terakhir dari keempat mesin gerinda ini. Pada percobaan ini kami menggunakan besi ulir ukuran 19 mm sebagai objek potongnya dan juga kami menggunakan stopwatch untuk mengukur waktu kecepatan potong dari keempat mesin gerinda tersebut.

 

Dan untuk hasil yang kami dapatkan setelah melakukan percobaan uji kecepatan potong tersebut dapat anda lihat pada gambar-gambar dibawah ini.

 

1. Maktec MT90

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Kecepatan-Potong-Besi-Ulir-Maktec-MT90

 

2. Bosch GWS 060

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Kecepatan-Potong-Besi-Ulir-Bosch-GWS-060

 

3. Kyuho LG 100

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Kecepatan-Potong-Besi-Ulir-Kyuho-LG-100

 

4. Hitachi G10SS2

Perbedaan-Kekuatan-4-Gerinda-300-Ribuan-Uji-Kecepatan-Potong-Besi-Ulir-Hitachi-G10SS2

Pada percobaan uji kecepatan potong ini, kami mendapatkan beberapa hasil yang cukup memuaskan. Untuk mesin gerinda Maktec kami melakukan pemotongan pada besi ulir 19 mm selama 24 detik hingga putus. Dan kemudian kami melakukan pemotongan besi ulir 19 mm lagi dengan menggunakan mesin gerinda bosch, dan kami dapatkan waktu pemotongannya yaitu di 27 detik hingga besi benar-benar putus.

 

Setelah itu kami juga melakukan percobaan yang sama dengan mesin gerinda Kyuho LG 100. Dan dari percobaan tersebut kami dapatkan waktu pemotongan besi ulir 19 mm selama 28 detik hingga besi ulir tersebut benar-benar putus. Terakhir, kami lakukan pemotongan besi ulir 19 mm dengan menggunakan mesin gerinda Hitachi. Dan dari percobaan tersebut, kami mendapatkan waktu pemotongan dengan mesin gerinda hitachi ini yaitu di 27 detik hingga besi ulir tersebut benar-benar putus. Dari keempat percobaan mesin gerinda tadi, dapat kami simpulkan bahwa maktec MT90 memiliki kecepatan potong tercepat.

 

Jadi gimana nih guys?? udah pada tau kan hasil-hasil dari kelima percobaan yang kami lakukan dengan 4 mesin gerinda yang telah kami sebutkan diatas. Untuk kesimpulannya tentunya balik lagi dari kebutuhan kalian di Lapangan. Karena ada user yang membutuhkan gerinda yang powerfull dan ada pula yang membutuhkan gerinda yang memiliki RPM tinggi. Hal tersebut tentunya anda sendiri yang mengetahuinya.

 

Dan jika anda membutuhkan keempat mesin gerinda yang telah kami sebutkan diatas ataupun alat-alat teknik lainnya, kalian bisa langsung order di website kami www.tehniq.com. Dapatkan banyak promo menarik saat bertransaki di tehniq.com dan potongan ongkir yang cukup besar. Percayakan selalu kebutuhan alat-alat teknik anda pada kami untuk pengalaman belanja yang mudah dan cepat.

Dan untuk mengetahui video-video edukasi lainnya seperti yang kami cantumkan diatas, jangan lupa subscribe channel youtube kami pada link dibawah ini. Karena video-video kami akan membimbing anda dalam menentukan pilihan anda saat akan berbelanja alat teknik.

 

Kedepannya, Kami akan coba untuk membuat video yang lebih menarik dan informatif untuk anda. Pantengin terus channel kami disini>>.


6 responses to “PERBEDAAN KEKUATAN 4 GERINDA 300 RIBUAN”

    • Terima kasih telah berkunjung di blog kami.

      Mohon maaf pak
      untuk penjelasan per tipe produk kami tidak terlalu paham
      ada baiknya langsung ditanyakan pada produsen pembuatnya

      Kami hanya melihat perbedaan dari sisi spesifikasi saja
      tidak sampai terlalu dalam

  1. baru pertama singgah di web tehniq.com, karena nyari referensi gerinda.
    ngga nyangka sampe sedetail ini ya percobaannya.

    sangat suka sekali dengan penjabarannya, lengkap, dan bisa menjadi pertimbangan buat para pembeli sebelum memutuskan untuk membeli produk keperluan teknik.

    jabat erat ~ Iwan

  2. overall sih bagus review nya , tapi ada yg kurang yaitu uji kebisingan tidak di tampilkan, padahal ada 5 tahap pengujian, mohon di koreksi lagi sebelum di post. sekedar info saja untuk next nya

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com dan terima kasih atas komentar positifnya
      Terus dukung kami ya dengan memberikan ide dan komentar positif

      Kebetulan waktu itu kami masih belum punya dan belum kepikiran pake alat pengukur kebisingan pak
      jadi hanya sebatas suara aja saat mesin dinyalakan,, jadi langsung ditangkap di telinga masing-masing
      makanya tidak kami sampaikan lewat artikel, karena suara hanya bisa didengar di video

      Tapi setelah review ini kami sudah memperbaikinya di video kami yang lain, yaitu dengan menggunakan alat pengukur kebisingan lewat handphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *