CARA MERAWAT GERINDA AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

By | January 21, 2019
NO HOAX ! Mesin Gerinda ini Gak Rusak-Rusak, Ternyata ini Rahasianya !

Halo guys..!! gimana nih kabar kalian?? semoga selalu diberikan kesehatan ya pastinya. Kali ini gw rada stress nih,, tau-tau mesin gerinda gw dirumah rusak. Padahal gw baru beli tuh gerinda beberapa bulan yang lalu. Pengennya bisa dipake lama eh kok tau-taunya baru beberapa bulan udah rusak aja nih. Mungkin kalian pernah ya ngerasain hal yang sama kaya gw.. nyesek banget guys.. 🙁

 

Tapi setelah gw mencari info-info terkait mesin gurinda di tempat temen yang emang kerjanya itu teknisi. Akhirnya gw dikasih tau nih apa sih tips atau cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak. Jadi tenang aja guys, gw nih orangnya ga pelit. Gw bakalan bagi-bagiin info disini, cuma di blog tehniq.com, ga ditempat lain. Gw bakalan bagiin tips atau cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak buat kalian semua. Jadi kalian bisa mandiri dan bisa dapet pengalaman seru nih buat otak-atik mesin gerinda kalian sendiri. Tentunya bagi kalian yang hobi otak-atik barang, tips yang bakalan gw bagiin ini pastinya seru banget buat kalian. Karena tips atau cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak ini ternyata gampang dan simple banget.

 

Pada video diatas, loe bisa dapet informasi tentang cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak secara lengkap beserta dengan caranya. Tetapi bagi kalian yang suka baca artikel, tenang aja guys.. gw bakalan coba jelasin sebisa gw agar kalian bisa memahami cara-cara yang bisa kalian pake buat merawat gerinda kalian sendiri.

 

TIPS CARA MERAWAT GERINDA AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

Jadi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan tentang tips cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak. Ada beberapa poin yang dapat anda lakukan sendiri dirumah atau dibengkel anda, agar gerinda yang anda miliki awet dan tidak cepat rusak. Poin-poin tentang tips cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak yaitu diantaranya :

  1. Jangan langsung mematikan mesin saat selesai mengoperasikan gerinda.
  2. Ganti Grease / gemuk secara berkala.
  3. Gunakan gerinda secara normal ( jangan terlalu ditekan ).
  4. Bersihkan body bagian dalam dan armaturenya secara berkala.
  5. Ganti carbon brush sebelum benar-benar habis.

 

Jadi kelima cara tersebut adalah beberapa tips cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak. Tapi mungkin poin-poin tersebut membutuhkan penjelasan yang lebih terperinci agar kalian dapat mudah membacanya dan nanti akan mempraktekkannya. Dan dalam poin-poin dibawah ini, kami akan coba untuk menjelaskan secara terperinci masing-masing dari kelima poin cara merawat gerinda diatas.

 

1. CARA MERAWAT GERINDA – JANGAN LANGSUNG MATIKAN GERINDA

Hal pertama yang perlu kalian pahami sebagai cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak yaitu dengan cara jangan langsung mematikan gerinda anda saat selesai menggunakannya. Apa sih alasannya?? Tentunya kalian tau cara kerja dari gerinda ini. Gerinda memiliki kepala yang ujungnya akan berputar saat mesin gerinda tersebut dinyalakan. Dan ujung dari kepala gerinda ini berputar karena adanya putaran dari armature yang digerakkan oleh listrik.

 

Saat gerinda dinyalakan, armature tadi akan berputar maksimal sehingga membuat adanya sirkulasi angin keluar dan masuk dari lubang-lubang ventilasi di body gerinda tadi. Dan saat gerinda digunakan dan adanya tekanan dari tangan anda dan gesekan dengan objek gerinda, maka armature akan tetap berputar tetapi mengalami tekanan. Adanya tekanan tersebut membuat motor gerinda bekerja lebih dari biasanya. Dan semakin anda menekan gerinda tersebut pada objek gerindanya, maka tekanan dari motor tersebut pun akan semakin besar. Hal ini membuat mesin gerinda memanas dan terus memanas hingga anda selesai melakukan gerinda pada objeknya. Saat anda melepaskan gerinda dari objek gerindanya, maka motor gerinda akan berputar seperti biasa tanpa beban dan sirkulasi angin tetap keluar dan masuk.

 

CARA MERAWAT GERINDA – JANGAN LANGSUNG MATIKAN MESIN GERINDA

Dengan kita mematikan langsung mesin gerinda saat anda selesai melakukan gerinda, maka mesin gerinda tersebut masih dalam keadaan panas dan dapat merusak bagian-bagian gerinda yang menempel pada mesinnya. Sedangkan jika kita tidak langsung mematikan mesin gerinda tersebut, maka mesin akan mengalami pendinginan akibat sirkulasi angin yang ada pada mesin gerinda tersebut. Sirkulasi angin ini adalah sirkulasi angin tanpa hawa panas dari mesin karena motor berputar tanpa beban. Dan saat itu terjadi, mesin akan cepat dingin dan tentunya tidak akan merusak bagian-bagian gerinda yang menempel atau dekat dengan mesinnya.

 

Mungkin cara ini sedikit memakan waktu kerja anda, tetapi ya untuk mendapatkan gerinda yang awet mungkin cara ini dapat anda lakukan. Tetapi jika anda memang membutuhkan pekerjaan yang cepat, maka coba untuk meluangkan beberapa detik sebelum anda mematikan mesin saat gerinda anda selesai digunakan. Hanya beberapa detik saja, jadi tidak akan membuang waktu anda terlalu lama.

 

2. CARA MERAWAT GERINDA – GANTI GREASE / GEMUK RUTIN

Tentunya sebuah motor yang berotasi pasti diberikan semacam pelumas untuk merawat gerigi-gerigi rotasinya. Jadi saat anda lupa atau tidak mengganti grease / gemuk pada mesin gerinda anda, maka gerigi-gerigi mesin rotasinya akan cepat terkikis dan lama kelamaan akan runcing dan tipis. Tetapi jika anda mengganti grease atau gemuknya secara rutin, maka gerigi-gerigi rotasi mesin gerinda anda akan tetap terjaga dan tidak cepat terkikis.

Cara-Merawat-Gerinda-Agar-Tidak-Cepat-Rusak-Ganti-Grease-Gemuk-Rutin

 

Jika anda kurang percaya dengan cara merawat gerinda pada poin ini, mungkin anda bisa melihat sepeda motor anda dirumah. Sepeda motor yang bukan matic yang masih menggunakan rantai dan gear untuk memutar bannya. Jika anda tidak menambah grease atau pelumas pada rantai itu, maka dapat dijamin rantai sepeda motor anda akan cepat berkarat, terkikis dan akhirnya rantai motor anda bisa putus atau mudah los dari gigi gearnya.

 

Tetapi bedakan dengan rantai motor yang rutin ditambah pelumas. Maka kami yakin rantai dan gear anda akan awet dan tetap terjaga kualitasnya. Tetapi yang ingin kami tekankan untuk mengganti grease atau gemuk pada mesin gerinda anda nanti. Jangan terlalu banyak memberi grease atau gemuknya, karena nantinya akan membuat motor bergerak lebih berat sehingga membuat mesin cepat memanas. Dan jangan juga terlalu sedikit saat memberikan grease atau gemuk pada gerinda anda tersebut. Karena ditakutkan grease tidak akan mencapai gerigi gear rotasi gerinda, sehingga gerigi tersebut akan bergesekan tanpa mendapat pelumas dari grease yang sedikit tersebut.

 

3. CARA MERAWAT GERINDA – JANGAN DITEKAN SAAT DIGUNAKAN

Cara merawat gerinda yang ketiga yaitu gunakan mesin gerinda secara normal, jangan ditekan saat digunakan. Apa yang menyebabkan mesin gerinda cepat rusak jika kalian menekannya?? Seperti yang kami jelaskan diatas pada poin nomor 1, bahwa mesin gerinda akan memanas saat mendapatkan beban baik itu tekanan dari tangan pengguna ataupun tekanan saat bertemu dengan benda atau objek gerindanya. Semakin ditekan, maka beban yang diterima motor atau mesinnya akan semakin berat dan mesin akan semakin cepat memanas. Panasnya mesin gerinda akan cepat merusak mesin dan bahkan dapat membakar motornya dan bodynya pun bisa meleleh jika memang terlalu extreme panasnya.

Cara-Merawat-Gerinda-Agar-Tidak-Cepat-Rusak-Jangan-Terlalu-Menekan-Gerinda

 

Dan dengan kita menekan mesin secara berlebihan, carbon brush juga akan cepat terkikis dan habis. Jadi intinya tetap mesin akan cepat rusak akibat tekanan yang berlebih dari user. Dan yang perlu anda ketahui, saat anda melihat spesifikasi dari mesin gerinda anda. Atau jika anda dapat melihat pada video tersebut, gerinda maktec yang dicontohkan pada percobaan diatas memiliki spesifikasi 540 watt. Sedangkan saat kami menekan mesinnya, watt yang ditunjukkan mesin power meternya dapat mencapai 2.600 watt. Jadi melebihi dari spesifikasi yang tertulis, yang artinya mesin akan mengalami overload dan tentunya akan merusak part-part dari mesin gerinda tersebut. Sangat simple ya sebenarnya, tapi akibatnya lumayan parah.

 

4. CARA MERAWAT GERINDA – BERSIHKAN SECARA TERATUR

Cara keempat untuk merawat gerinda anda yaitu dengan membersihkannya secara teratur dan rutin. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan logika kita. Karena semua motor ataupun mesin pasti membutuhkan yang namanya pembersihan. Saat debu menumpuk pada mesin, maka kerja mesin akan semakin berat dan mesin akan cepat memanas. Tetapi jika anda rutin membersihkan debunya didalam mesin gerinda anda, maka motor atau mesin gerinda anda akan tetap terjaga.

Cara-Merawat-Gerinda-Agar-Tidak-Cepat-Rusak-Bersihkan-Mesin-Secara-Rutin

Pada saat anda membersihkan mesin gerinda anda, tentunya anda tidak hanya akan mendapat debu didalamnya. Mungkin anda bisa mendapatkan gram gram besi dari gesekan mata gerinda yang masuk kedalam mesin. Ataupun batu-batu kecil yang masuk dari pentalan batu yang bekas anda gerinda atau poles.

 

5. CARA MERAWAT GERINDA – GANTI CARBON BRUSH SEBELUM HABIS

Mungkin pada poin ini kami akan mengambil contoh kampas rem. Saat anda tidak mengganti kampas rem anda, maka lempengan cakram atau tromol mesin anda dapat terkikis akibat gesekan antara besi dan besi. Sedangkan jika anda mengganti kampas rem anda sebelum habis, maka yang bergesekan dengan cakram atau tromol anda hanya plastik yang memang fungsinya yang menghentikan putaran roda sepeda motor atau mobil anda.

 

Hal ini pun berlaku pada gerinda. Pada mesin gerinda terdapat carbon brush yang carbon brush tersebut terus mendapatkan gesekan dengan putaran armature atau mesinnya saat gerinda anda nyalakan. Gesekan Carbon Brush tersebut akan memercikkan api atau listrik yang akan memberikan kekuatan putar penuh pada mesin gerinda anda. Tetapi saat carbon brush anda habis, maka gesekan yang terjadi adalah antara besi dan armature anda. Jika sampai begitu, tentunya mesin gerinda anda akan cepat rusak karena tidak bergesekan dengan carbonnya, melainkan dengan besinya.

Cara-Merawat-Gerinda-Agar-Tidak-Cepat-Rusak-Ganti-Carbon-Karbon-Brush-Sebelum-Habis

Gimana guys?? udah pada paham kan penjelasan kami tentang cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak ini?? Semoga kalian paham ya.. Dan jika kalian pengen tau cara-cara untuk melakukan beberapa poin diatas, kalian bisa nonton youtube kami diatas. Disitu ada tutorial lengkap tentang cara merawat gerinda agar tidak cepat rusak. Atau jika kalian pengen tau video-video tutorial dan edukasi kami akan alat teknik yang lain, jangan lupa kunjungi channel youtube kami di channel youtube kami ini : tehniq.com. Dan jika kalian udah nonton video-video kami disitu, jangan lupa subscribe, comment dan share ke temen-temen kalian ya. Bantu temen-temen kalian mendapat informasi penting tentang alat-alat teknik,, jangan disimpen sendiri ya 😉

Dan untuk belanja alat teknik terlengkap dan pengalaman belanja yang mudah dan cepat jangan lupa kunjungi dan belanja di website kami www.tehniq.com

4 thoughts on “CARA MERAWAT GERINDA AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

  1. Pram

    Mungkin perlu ditambahkan informasi mengenai periode waktu perawatan nya semacam berapa lama sekali apakah sebulan sekali atau berapa kah?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *