PERBEDAAN 5 MESIN BOR HARGA 500 RIBUAN

By | January 25, 2019
Review 5 merek mesin bor DIBAWAH 500 RIBU, kira-kira bisa apa aja ya?

Haloo Guyss..!! gimana nih kabar kalian?? semoga pada baik semua ya.. dan bagi yang sakit semoga lekas diangkat penyakitnya. Seperti biasa nih kali ini kita mau review perbedaan 5 mesin bor harga 500 ribuan. Pada artikel kami ini, kami akan mereview perbedaan 5 mesin bor Doliz, Maktec, Hitachi, Bosch dan Kyuho. Cukup banyak juga ya yang mau kita review, tapi gak papa dong.. makin banyak yang direview maka kalian akan makin banyak tau juga keunggulan dan kekurangan dari mesin bor yang dijual di pasaran Indonesia ini. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi anda yang ingin mencari mesin bor 10 mm tapi masih bingung mau beli mesin bor merk apa. Karena tanpa adanya review seperti ini, kalian mungkin bingung mau cari info dimana.

 

Jadi tenang aja nih guys.. semua informasi seputar alat-alat teknik terlengkap pastinya hanya adalah di blog tehniq.com. Jadi kalian ga perlu khawatir atau bingung mau cari keperluan alat teknik anda. Mau pilih yang mana, tinggal liat channel youtube kami atau kunjungi blog kami ini. Oia.. kalian bisa liat channel youtube kami disini>>. Disitu juga kalian bisa tulis comment mengenai barang apa yang ingin kalian review.. Nanti kami akan coba untuk pertimbangkan dan buatin buat kalian, tapi ga langsung jadi ya guys.. Kita juga butuh bantuan dari kalian seperti subscribe channel kami, like dan share. Dan ada satu lagi nih, belanja alat tekniknya di www.tehniq.com ya.. biar kami bisa terus bagi-bagi info dan review seputar alat teknik buat kalian semua.

 

PERBEDAAN 5 MESIN BOR HARGA 500 RIBUAN

Langsung aja kita mulai review kita tentang perbedaan 5 mesin bor harga 500 ribuan ini. Jadi pada video diatas, kita mau review mesin bor ukuran 10 mm yang saat ini banyak dipakai tukang-tukang untuk pemakaian ringan seperti pasang rangka atap baja ringan, kanopi, ngebor kayu dan ngebor dinding biasa ( bukan beton ). Tentunya mesin bor 10 mm ini banyak dibutuhkan juga oleh orang-orang selain tukang. Jadi kami rasa review tentang perbedaan 5 mesin bor Doliz, Maktec, Hitachi, Bosch dan Kyuho yang katanya harganya 500 ribuan sangatlah penting untuk kalian ketahui bersama.

 

Dan pada video tersebut, kami coba untuk melakukan review kelima mesin bor Doliz, Maktec, Hitachi, Bosch dan Kyuho dengan melakukan 3 percobaan. Apa aja sih percobaannya? penasaran ga kalian?? beberapa percobaan tersebut diantaranya adalah :

  1. Percobaan mengukur daya minimum (no load watt) dan RPM (no load speed).
  2. Kemudian mengukur kecepatan pengeboran dengan mata bor 16 mm di objek kayu kamper medan.
  3. Dan mengukur kecepatan pengeboran dengan skrup bor ukuran 5 cm pada besi 3 mm.

 

Pertanyaannya kenapa sih kami melakukan ketiga percobaan tersebut pada review mesin bor 10 mm ini. Yang pertama tentunya kami ingin mengetahui berapa sih daya yang dikeluarkan mesin bor ini jika tidak digunakan untuk mengebor??.. Dan dari percobaan tersebut maka dapat kita ketahui daya minimum dari kelima mesin bor tadi. Jadi kalian bisa sesuaikan sendiri nih, mesin bor mana yang cocok buat daya listrik dirumah atau di bengkel kalian.

 

PERALATAN YANG DIGUNAKAN

Tentunya untuk melakukan ketiga percobaan tersebut, kami membutuhkan alat-alat pendukung yang sesuai dengan percobaan yang akan kami lakukan tersebut. Untuk peralatan yang kami gunakan pada percobaan kali ini diantaranya adalah :

  • Power Meter ( Alat pendeteksi listrik )
  • Mata Gerinda yang sudah dimodifikasi untuk mengetahui RPM mesin bor nantinya.
  • Stopwatch
  • Alat Pendeteksi Suhu
  • Alat Pengukur RPM
  • Mata Bor Kayu 16 MM
  • Skrup untuk pengeboran besi 5 cm
  • Kepala mata skrup ( socket )

Cukup banyak juga ya ternyata alat-alat yang kami gunakan ini.. hmm tapi ga papa, yang penting hasil yang kita dapetin nanti memuaskan.

 

PERBEDAAN MESIN BOR – BOSCH GBM 350

Selain itu pada percobaan ini kami juga pengen tau berapa sih RPM dari masing-masing 5 mesin bor yang tadi kami sebutkan. Apakah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak ya kira-kira??. Jadi langsung aja kita coba sama-sama nih guys. Pada percobaan pertama, kami akan mulai pada mesin bor Bosch GBM 350. Dan pada percobaan tersebut kami dapatkan watt tanpa beban atau daya minimum dari mesin bor bosch GBM 350 adalah 178 Watt.

Perbedaan-5-Mesin-Bor-Harga-500-Ribuan-Bosch-GBM-350-RPM-No-Load-Speed

 

Dan untuk RPM yang kami dapatkan pada mesin bor Bosch ini adalah 2.800 RPM. Jadi dapat disimpulkan untuk konsumsi daya listrik yang dibutuhkan mesin bor Bosch GBM 350 ini cukup kecil dan RPMnya sendiri cukup / standard tidak tinggi tidak rendah pula.

 

PERBEDAAN MESIN BOR – HITACHI D10VST

Percobaan selanjutnya untuk mengetahui daya minimum dan RPM yaitu pada mesin bor Hitachi D10VST.

Perbedaan-5-Mesin-Bor-Harga-500-Ribuan-Hitachi-D10VST-RPM-No-Load-Speed

Dan dari percobaan ini kami mendapatkan hasil bahwa mesin bor hitachi ini konsumsi daya minimumnya yaitu 162 Watt. Dan untuk RPM dari mesin bor ini yaitu di angka 3.280 RPM. Jadi dari hasil percobaan ini kami dapat simpulkan bahwa mesin bor hitachi ini mengkonsumsi daya listrik yang rendah tetapi untuk nilai RPM dari mesin bor ini cukup tinggi.

 

PERBEDAAN MESIN BOR – KYUHO K 450 D

Dan pada percobaan selanjutnya untuk mengetahui daya minimum dan RPM yaitu pada mesin bor Kyuho K 450 D. Kira-kira hasilnya gimana ya?? apa berbeda dengan mesin bor bosch dan hitachi ataukah sama saja.

Perbedaan-5-Mesin-Bor-Harga-500-Ribuan-Kyuho-K450D-RPM-No-Load-Speed

Dan dari percobaan ini kami mendapatkan hasil bahwa mesin bor kyuho ini konsumsi daya minimumnya yaitu 236 Watt. Dan untuk RPM dari mesin bor ini yaitu di angka 3.280 RPM. Jadi dari hasil percobaan ini kami dapat simpulkan bahwa mesin bor kyuho ini mengkonsumsi daya listrik yang rendah tetapi lebih tinggi dari bosch dan hitachi. Dan untuk nilai RPM dari mesin bor ini cukup tinggi seperti Hitachi.

 

PERBEDAAN MESIN BOR – MAKTEC MT60

Lanjut lagi pada percobaan mesin bor keempat untuk mengetahui daya minimum dan juga RPM dari mesin bor tersebut. kali ini adalah giliran percobaan pada mesin bor Maktec MT60.

Perbedaan-5-Mesin-Bor-Harga-500-Ribuan-Maktec-MT60-RPM-No-Load-Speed

Untuk hasil dari percobaan ini kami mendapatkan hasil bahwa mesin bor maktec ini konsumsi daya minimumnya yaitu 150 Watt. Dan untuk RPM dari mesin bor ini yaitu di angka 3.000 RPM. Jadi dari hasil percobaan ini dapat kami simpulkan bahwa mesin bor maktec ini mengkonsumsi daya listrik yang cukup rendah yang lebih rendah dibandingkan ketiga mesin bor yang lainnya tadi. Dan untuk nilai RPM dari mesin bor ini cukup tinggi lebih tinggi dari bosch, tetapi lebih rendah dari Hitachi dan Kyuho.

 

PERBEDAAN MESIN BOR – DOLIZ BA652

Untuk percobaan terakhir dalam mencari tau daya minimum dan nilai RPMnya yaitu pada mesin bor Doliz 652. Jadi mari kita sama-sama lihat apakah mesin bor Doliz ini mampu mengalahkan mesin-mesin bor yang sebelumnya diatas. Ataukah malah kalah. Langsung aja kita lihat hasilnya pada gambar dibawah ini.

Perbedaan-5-Mesin-Bor-Harga-500-Ribuan-Doliz-BA652-RPM-No-Load-Speed

Gimana nih?? udah pada tau kan masing-masing spesifikasi asli dari kelima mesin bor tersebut. Jadi balik lagi ke kalian, kalian butuh mesin bor yang mana?? yang daya listriknya kecil atau nilai RPMnya yang tinggi?? Tapi yang perlu kami tekankan disini, nilai RPM yang tinggi tidak menjadi patokan untuk kekuatan dari mesin bor tersebut. Power dari mesin bor dapat anda lihat dari perbedaan armaturenya baik dari segi ukuran dan juga lilitan tembaganya (kumparan listrik).

Jadi setelah tau spesifikasi asli dari kelima mesin bor ini, kami akan menjelaskan tentang kecepatan pengeboran kelima mesin bor tadi. Tetapi untuk poin tersebut akan kami jelaskan pada artikel kami selanjutnya dibawah ini.

PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN 5 MESIN BOR 10 MM

One thought on “PERBEDAAN 5 MESIN BOR HARGA 500 RIBUAN

  1. Pingback: PERBEDAAN KECEPATAN PENGEBORAN 5 MESIN BOR 10 MM - Blog Tehniq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *