CARA MENGEBOR BESI YANG BENAR DAN MUDAH

By | May 3, 2019

Yo-Yo-Yomaann.. Gimana nih kabar sobat tehniq setanah air? semoga pada baik ya kabarnya. Oke pada artikel kami kali ini kami mau memberikan tips tentang cara mengebor besi yang benar dan mudah. Jadi artikel ini kami buat agar dapat membantu kalian yang saat ini bekerja dibidang pengrajin alat-alat yang terbuat dari besi. Contoh nya pengrajin pagar, tralis, pipa, dan lain-lain.

 

Jadi dalam mengebor besi itu dibutuhkan adanya teknik tersendiri agar nantinya anda dapat mengebor dengan cepat dan mudah. Karena kalo kalian ga tau caranya, yang ada durasi mengebor kalian bisa lebih lama dan mata bornya biasanya suka nyangkut-nyangkut. Untuk itulah kami membuat artikel cara mengebor besi yang benar dan mudah. Yang kami harapkan sih agar kalian semua dapat mengebor besi dengan cepat dan mudah, karena kalian semua menggunakan cara mengebor besi yang benar dan mudah.

Yaw dah langsung aja deh kami akan jelaskan tentang cara mengebor besi yang benar dan mudah pada poin-poin dibawah ini.

 

 

CARA UNTUK MENGEBOR BESI YANG BENAR DAN MUDAH

Jadi ada beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan untuk mengebor besi yang benar dan mudah. Ikutilah beberapa tahapan tersebut sesuai dengan yang akan jabarkan pada beberapa poin dibawah ini. Agar nantinya anda tidak salah dalam mengaplikasikannya.

 

TAHAPAN MENGEBOR BESI YANG BENAR DAN MUDAH

Tahapan yang pertama adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Jadi ada beberapa peralatan yang harus kalian siapkan ya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Drill Lubricant / Pelumas WD ( Optional )
  • Mata Bor Besi
  • Mesin Bor 10 – 13 mm
  • Center Punch
  • Clamp / Penjepit

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat gambar dibawah ini untuk masing-masing gambar dari peralatan tersebut.

Cara-Mengebor-Besi-yang-Benar-dan-Mudah-Peralatan

 

Untuk poin yang pertama yaitu lubricant atau pelumas khusus untuk mengebor besi. Tapi jika kalian tidak bisa, maka kalian bisa menggunakan WD saja guys. Cairan yang biasa digunakan dibengkel untuk membersihkan karburator itu lho. Pasti kalian tau lah ya.

 

Yang kedua dan ketiga tentunya udah pada tau dong ya. Pastikan kalian menggunakan mata bor besi yang sesuai ukuran kebutuhan kalian ya guys. Jangan kebesaran dan juga kekecilan, biar ga buang-buang besinya. Dan untuk mesin bornya yang ukuran 10 mm atau 13 mm ya guys. Jangan pake Rotary hammer,, kebesaran.. Hehe.

 

Untuk yang ketiga yaitu center punch untuk memberi titik atau tanda sebelum anda mengebor. Dan fungsi lainnya dari center punch ini adalah memberi cekungan pada besi agar nantinya mata bor dapat masuk pada besi tanpa bergeser-geser. Jadi cekungan tadi menahan gerakan bergeser dari mata bor anda.

 

Dan yang terakhir yaitu Clamp atau penjepit. Clamp atau penjepit ini digunakan untuk menahan besi agar tidak bergerak kemana-mana akibat dari pengeboran yang akan dilakukan nanti. Fungsinya adalah agar lubang yang dibor nanti lebih sempurna dan halus, dan juga agar besi tidak lecet akibat gesekan dari mata bor jika besi bergeser-geser.

 

TIPS CARA MENGEBOR BESI

Oke jadi langsung aja nih. Gimana sih cara mengebor besi yang benar dan mudah. Pertama-tama jepitlah besi anda terlebih dahulu agar tidak bergeser kemana-mana. Posisikan besi anda dengan posisi mengebor yang paling nyaman untuk anda.

 

Jika sudah benar-benar kencang dan tidak bergerak maka selanjutnya adalah memberi titik dengan menggunakan center punch. Jadi tandai titik yang akan kalian bor dengan center punch tersebut ya guys. Kemudian berikan lubricant atau pelumas pada titik tersebut. Jika kalian tidak punya lubricant atau pelumas tersebut, kalian juga bisa mengebor tanpa menggunakan lubricant ya guys. Untuk itu kami katakan optional.

 

Mulailah mengebor pada titik yang sudah kalian tandai tersebut. Dan perhatikan hal ini ya.

Mulai mengebor dengan speed pelan saja, tetapi harus lebih ditekan dengan berat badan anda. Maksud kami disini adalah mengebor dengan tekanan berat badan, bukan hanya menekan dengan tangan. Perhatikan gambar dibawah ini untuk mengetahui posisi mengebor besi yang benar.

Posisi Badan Saat Mengebor Besi

 

Setelah anda mengebor dengan speed lambat dan dengan cara ditekan dengan badan, maka perlahan kencangkan speednya dan jika mata bor terlihat akan menembus besi. Maka tekanlah power switch mesin bor tersebut dengan maksimal. Hal ini untuk menghindari nyangkutnya mata bor pada besi. Karena saat mata bor anda menembus besi, besi tersebut akan lebih lunak sehingga bisa mengikat mata bornya dan nyangkut.

Jadi kira-kira begitu guys, cara mengebor besi yang benar dan mudah. Semoga kalian udah pada paham ya.

 

KATALOG MESIN BOR

Oke guys, semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys. Dan jika kalian saat ini sedang ada kebutuhan mesin bor 10 mm atau 13 mm, kalian bisa melihat-lihat katalog mesin bor dibawah ini.

Siapa tau ada harga dan tipe mesin bor yang cocok dengan budget dan kebutuhan anda. Langsung klik aja pada katalog dibawah ini ya guys untuk melihat katalognya.

 

KATALOG MESIN BOR
Katalog Cara Mengebor Besi yang Benar

 

Okelah kalo begitu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys. Jika kalian punya cara kalian sendiri, langsung aja tulis di kolom komentar ya. Siapa atau ada sobat teknik yang suka atau cocok dengan cara yang kalian sampaikan pada kolom komen tersebut. Itung-itung bagi informasi lah guys, karena kita semua saudara yang ga boleh perhitungan masalah ilmu baru.. Hehehe.

Yaw dah cukup sampai disini artikel kami. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *