PERBANDINGAN KEKUATAN MESIN BOR CORDLESS BOSCH

By | May 14, 2019

Halo Guys. Kalian saat ini pasti lagi bingung cari informasi tentang kekuatan mesin bor cordless Bosch ya. Jadi artikel ini akan membahas tentang perbandingan kekuatan mesin bor cordless Bosch agar kalian dapat tau. Tau apaan? tau mana mesin bor yang paling kecil kekuatannya dan yang paling besar.

 

Jadi disini kalian bisa dapetin info tersebut guys. Terus nantinya bisa kalian sesuaikan deh dengan kebutuhan kalian dan budget kalian.

Dan untuk lebih jelasnya, kami sengaja membuat gambar grafik perbandingan kekuatan mesin bor cordless bosch ini. Karena menurut kami, dengan gambar kalian bisa lebih mudah memahami dan melakukan perbandingan. Untuk lebih jelasnya dalam melakukan perbandingan tersebut. Kalian bisa melihat gambar grafik dibawah ini ya guys.

 

PERBANDINGAN KEKUATAN MESIN BOR CORDLESS BOSCH

Note* : Klik pada gambar untuk memperbesar gambar

Grafik-Perbandingan-Kekuatan-Mesin-Bor-Cordless-Bosch-Ukuran-Kecil

Nah udah kalian klik belum gambarnya. Kalo belum buruan klik deh bisa gambarnya kelihatan lebih jelas. Terus untuk penjelasan dari grafik tersebut, kalian bisa membacanya pada penjelasan yang akan kami sampaikan pada pembahasan dibawah ini. Tapi untuk lebih mudahnya kalian bisa lihat untuk mesin bor paling bawah itu kekuatan BPMnya dan NMnya yang paling kecil dan naik terus keatas semakin besar. Gampangnya gitu cara lihat gambarnya guys.

 

PENJELASAN GRAFIK KEKUATAN MESIN BOR CORDLESS BOSCH

Seperti yang bisa kalian lihat. Untuk bagian sebelah kiri atau Horizontal adalah nilai BPM yaitu Blows Per Minute. BPM itu maksudnya apa?

Bagi kalian yang belum tau fungsi dan makna dari BPM ini tenang aja, kami akan coba jelasin biar enak. BPM itu artinya jumlah hantaman per menitnya guys. Jadi kalo mesin bor impact itu kan punya fitur BPM yang cara kerjanya itu beda dari mesin bor biasa.

 

Cara kerja dari fitur impact ini yaitu mata bor bergerak maju dan mundur seperti memukul, sembari mata bor berputar. Hal ini memungkinkan mesin bor dapat mengebor beton dengan cepat.

 

Terus jika kalian pada bagian bawah atau vertical terdapat yang namanya Nm. Apa itu artinya Nm?

Nm itu adalah Newton Meter guys. Nilai Nm biasa disebut orang-orang dengan torsi. Dan Nm ini bekerja dari ledakan bahan bakar yang dihasilkan mesin. Karena dalam hal ini bahan bakar mesin cordless adalah listrik, jadi listrik tersebut menghasilkan dikonversi agar menjadi tenaga yang namanya torsi ini.

 

Pertanyaan selanjutnya, terus pengaruhnya apa BPM sama Nm ini? Jawabannya adalah Power dari mesin tersebut guys. Jadi rumusnya itu Power = Nm x RPM, tapi karena dalam hal ini menggunakan BPM maka power tersebut juga bisa dihitung dari Nm x BPM tersebut.

Artinya apa? artinya yaitu jika kalian ingin mendapatkan mesin bor dengan power yang kuat brarti kalian harus cari mesin bor dengan nilai Nm dan RPM atau BPM yang tinggi.

 

Terus power sendiri buat apa? Power itu ya sama kaya manusia lah guys. Power itu mempengaruhi kekuatan dari mesin bor tersebut. Walaupun putarannya kenceng tapi kalo torsinya (Nm) kecil ya tetap aja mesinnya letoy. Muter aja kenceng, tapi pas ngebor di material yang keras atau material yang berserat dia ga sanggup muter. Karena powernya atau kekuatannya yang kecil.

Menggunakan Mesin Bor Cordless Bosch untuk mengebor

KEKUATAN MESIN BOR CORDLESS BOSCH

Nah udah jelas ya guys tentang perbandingan kekuatan mesin bor cordless bosch yang telah kami jelaskan. Jadi kalo kalian memang lagi cari cordless yang bisa ngebor beton dan kayu, mending kalian cari mesin bor yang memilik power besar atau kalian bisa lihat pada grafik diatas. Cari yang nilai BPM dan Nm yang tinggi.

Contohnya disitu brarti tipe GSB 18 V-85 C atau bisa juga GSB 18-VE-2 Li.

 

Kalo kalian cari mesin bor untuk ngebor Tembok, kayu dan juga besi, kalian bisa pake GSB 18 VE-EC atau GSB 18V-60 C dan juga GSB 18 V-EC.

Tapi kalo kalian mau ngebor buat bor ringan-ringan aja seperti besi, kayu tipis buat bikin kanopi, pintu, hollow dan semacamnya, kalian bisa pake mesin bor GSB 18-V Li ataupun GSB 18-2 Li Plus.

 

Gimana nih? Udah jelas belum guys masalah perbandingan kekuatan mesin bor cordless bosch ini? Kalo belum jelas, kalian bisa tulis pertanyaan kalian di kolom komentar ya guys. Insyaa Allah kami akan bantu jawab pertanyaan kalian tersebut agar kalian tampak lebih cerah seperti pake merk sabun muka :O. HEhehehe..

Dan bagi kali yang saat ini tertarik untuk membeli salah Mesin Bor Cordless Bosch yang telah kami sebutkan diatas, Kalian bisa melihat-lihat katalog mesin bor cordless bosch kami. Kalian bisa lihat katalognya dengan mengklik gambar katalog dibawah ini ya guys.

KATALOG MESIN BOR BOSCH
Katalog-Produk-Mesin-Bor-Cordless-Bosch

 

Oke guys. Cukup sekian nih artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys. Dan jangan lupa nih. Kalo kalian mau liat perbandingan performa dan kekuatan dari mesin bor bosch dan mesin bor lainnya, kalian bisa kunjungi channel youtube kami dibawah ini guys.

Klik link dibawah ini untuk mengunjungi channel youtube kami yang keren.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Kayanya udah cukup nih informasi yang kami sampaikan. Udah lengkap. Yaw dah kalo gitu. Cukup sekian dari kami guys.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *