MAU JADI WELDER TAPI HARUS MULAI DARIMANA?

By | March 17, 2023
Mau-Jadi-Welder-Tapi-Harus-Mulai-Darimana

Halo sobat tehniq setanah air,, Bagi kalian yang anak-anak muda ataupun pelajar yang tertarik dengan dunia pengelasan, semoga artikel ini dapat kalian baca dan pikirkan matang-matang. Karena kali ini gw mau bahas artikel buat kalian yang bingung mau jadi welder tapi harus mulai darimana?.

Tentunya banyak ya diantara kita semua yang ingin melakukan sesuatu yang baru atau melakukan sebuah perubahan, tetapi kalian bingung harus mulai darimana.

Dan pada artikel ini kita mulai dari bagaimana menjadi sebuah welder atau seniman api.

 

MAU JADI WELDER BINGUNG HARUS MULAI DARIMANA?

Bingung-Mau-Jadi-Welder-Tapi-Harus-Mulai-Darimana

Sebelum kalian menentukan pilihan kalian apakah ingin menjadi seorang welder ataupun ingin menjadi apapun itu, tentunya kalian harus punya yang namanya :

  • Niat atau keinginan yang kuat
  • Passion untuk menjadi welder
  • Lingkungan pendukung

Jadi seperti yang gw sampein diatas ya,, kalian kudu punya niat. Karena tanpa adanya niat ya kalian bakalan putus ditengah jalan saat kalian mengalami kendala. Dan yang kedua kalian kudu punya passion atau seperti cita-cita, agar mental kalian kuat.

Menurut gw, orang yang punya passion akan lebih semangat dan tertantang saat menghadapi masalah di bidang yang dia sukai. Karena dia suka dan ingin menemukan jawabannya agar cepat menyelesaikannya.

Dan yang ketiga juga ga kalah penting ya yaitu lingkungan pendukung. Lingkungan pendukung ini bisa dari orang tua yang pertama, karena kalian harus mendapat restu dan dukungan dari mereka. Terus yang kedua tempat untuk berlatih,, mungkin disekitar rumah kalian ada bengkel las.

Nah disitu kalian bisa mulai belajar dari nol. Asal ijin sama yang punya dan modal sendiri ya seperti kawat las dan besi-besinya. Jangan cm bawa badan aja.

Setelah mempunyai ketiga hal tersebut, maka ada hal penting juga yang bisa kalian tentukan. Hal-hal tersebut yaitu urutan pembelajaran. Beberapa urutan pembelajaran yang bisa kalian lakukan akan kami jelaskan pada poin berikut :

 

1. TIPE MESIN LAS

Ada urutan mesin las yang harus kalian pelajari satu persatu. Harus sesuai urutan ya, biar kalian ga bingung dari awal. Mesin las pertama yang harus kalian pelajari yaitu mesin las MMA atau SMAW.

Kenapa harus MMA terlebih dahulu?? karena tipe ini adalah yang paling simple. Kalian hanya harus belajar settingan amperenya dan kawat lasnya untuk besi ukuran segini dan segini, terus tipe logam ini dan ini.

Setelah kalian belajar MMA, kalian perlu belajar yang namanya mesin las MIG atau GMAW. Pengelasan MIG lebih simple dari MMA, tapi yang agak ribet settingannya. Jadi kalian harus memperhatikan bukan cuma dari sisi ampere dan kawat las seperti mesin las MMA.

Tetapi kalian harus mempelajari settingan ampere, kecepatan wire speed dan beberapa fitur lainnya. Semua hal tersebut harus dibiasakan terus menerus hingga hafal.

Yang terakhir yang harus kalian pelajari setelah itu adalah mesin las TIG. Mesin las ini merupakan pengelasan dengan teknik tersulit karena harus memahami settingan ampere, voltase dan fitur-fitur lainnya. Dan yang menarik dari mesin las ini adalah kalian harus menggunakan 2 tangan saat pengelasannya, sehingga butuh yang namanya kestabilan dan kesabaran.

 

2. POSISI PENGELASAN

Setelah kalian memahami satu karakter mesin las, maka kalian harus mencoba dan belajar macam-macam posisi pengelasan. Contoh, setelah kalian belajar mesin las MMA dan kalian rasa sudah cukup bisa dan mahir. Maka kalian jangan pindah ke mesin las MIG dlu.

Tapi kalian harus coba mengelas di berbagai posisi dan masing-masing jenis logamnya.

Begitupun selanjutnya ya.. Saat kalian rasa sudah menguasai tipe mesin las MMA dan berbagai posisi pengelasannya mulai dari 1F hingga 4G. Maka kalian sudah boleh berpindah ke mesin las MIG dan posisi pengelasannya, dilanjut dengan mesin las TIG dan posisi pengelasannya.

 

3. KARAKTER OBJEK LAS

Yang terakhir dari kesemua pembelajaran kalian diatas, maka menurut gw kalian sudah bisa mulai mengelas. Misal kalian sudah menguasai mesin las MMA dan posisi pengelasannya. Darisitu kalian sudah bisa menerima pekerjaan pengelasan MMA.

Setelah itu kalian akan dihadapkan dengan karakter objek las yang berbeda-beda sesuai permintaan pelanggan kalian. Nah disini kalian perlu mempelajari karakter-karakter tersebut setiap kalian mendapat permintaan yang berbeda. Dan perlu kalian hafalkan ya atau kalian catat agar kalian tau karakter masing-masing objek las.

Begitupun selanjutnya, saat kalian sudah menguasai mesin las MIG dan posisi pengelasannya maka kalian sudah boleh mengambil pekerjaan pengelasan MIG berikut dengan pembelajaran masing-masing karakter objek lasnya. Hingga terakhir yaitu pengelasan TIG.

 

KESIMPULAN

Naahhh itu tadi ya beberapa hal yang bisa kalian lakukan jika ingin menjadi welder. Jadi ga perlu bingung mau mulai darimana dlu. Kalian cukup mulai dengan mencari lingkungan yang mendukung untuk belajar las. Kemudian kalian akan bisa mulai belajar mengelas dengan tenang dan fokus.

Setelah itu baru tipe pengelasannya, posisi pengelasannya dan juga karakter dari objek lasnya. Semua hal tersebut akan kalian hadapi dengan percobaan terus dan terus. Karena dalam pengelasan tidak ada yang namanya sekali langsung bisa. Pasti mengalami yang namanya gagal dan berhasil seperti halnya kehidupan kalian.

Okee.. jadi itu tadi ya beberapa hal yang bisa kalian pelajari saat bingung mau jadi welder tapi harus mulai darimana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Salam..!!

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *