BEBERAPA HAL YANG DINILAI DARI HASIL LASAN

By | March 16, 2023
Beberapa-Hal-yang-Dinilai-dari-Hasil-Lasan

Halo sobat tehniq setanah air.. Kalian udah pada tau belum sih, kalo ada kompetisi las itu apa aja sih yang dinilai? atau mungkin kalian juga belum tau,, ciri-ciri lasan yang bagus itu yang seperti apa. Nah untuk mengetahui dan menambah ilmu kalian terkait hal ini, gw akan coba tulis artikel tentang beberapa hal yang dinilai dari hasil lasan.

Karena hal ini menurut gw sih berguna ya buat kalian semua, khususnya para welder pemula. Mungkin bagi kalian yang penting kelihatan rapi aja lasannya udah cukup. Padahal bukan hanya itu ya guys. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dari hasil lasan kalian.

Jadi langsung aja ya biar kalian semua bisa tau dan bisa menilai sendiri hasil lasan kalian. Makin tau tentunya bisa makin yakin dan pede ya, bahwa kualitas pengelasan kalian itu bagus.

 

HAL YANG DINILAI DARI HASIL LASAN

Ada beberapa hal yang dinilai dari hasil lasan pada setiap pengelasan. Dan untuk dapat melihat kualitas dari hasil lasan kalian, maka kalian alat pengukur khusus untuk hasil lasan. Tapi jika kalian tidak memilikinya tidak apa-apa guys, jangan berkecil hati dulu.

Kalian bisa menggunakan cara manual yaitu menghitung lebar dan tebal lasan dengan ukuran kawat las kalian. Tapi klo kalian mau beli gpp guys,, gw kasih tau aja gambar alat pengukur hasil lasan ini bisa kalian lihat pada gambar dibawah :

Alat-Untuk-Melihat-Hasil-Lasan

 

Alat itu ya yang bisa buat melihat kualitas hasil lasan kalian.

Dan balik lagi ke topik pembicaraan artikel ini, berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian lihat pada hasil lasan kalian :

1. PENETRASI

Kedalaman-Penetrasi-Hasil-Lasan-Kalian

Kekuatan sambungan pada pengelasan sangat berpengaruh dari penetrasi las itu sendiri. Jika penetrasi kurang dalam maka akan mempengaruhi kekuatan sambungan antara besi yang disambung.

Untuk melihat penetrasi dari hasil lasan kalian caranya mudah guys. Kalian cukup memotong sedikit besi kalian, kemudian membakar bagian samping yang kalian las. Poles dengan gerinda, dan bakar lagi hingga tercipta warna yang berbeda antara besi dan hasil lasan.

Dari situ kalian bisa melihat penetrasi yang kalian dapatkan dari hasil lasan kalian.

 

2. TERAK LAS TERKELUPAS SEMPURNA

Terak-Las-Terkelupas-Sendiri

Sebenarnya tidak semua terak las harus terangkat otomatis saat kalian selesai mengelas. Tetapi terak las yang mudah di singkirkan hingga bersih menandakan kualitas dari hasil lasan kalian ya.

Hal ini dipengaruhi oleh settingan ampere kalian yang sempurna, Tidak terlalu kecil dan besar sehingga meninggalkan terak yang tidak lengket.

 

3. TIDAK BERPORI

Hasil-Lasan-Berpori

Hasil lasan yang berpori menandakan hasil lasan kalian itu tidak bagus. Kalian harus memperhatikan settingan ampere dan kecepatan mengayun kalian serta kebersihan dari objek yang kalian las.

Semua hal tersebut harus kalian perhatikan untuk menghindari adanya pori-pori tersebut. Tapi terkadang kelembapan dan kualitas dari kawat las juga berpengaruh sih. Jadi kalian juga harus kalian perhatikan juga ya kawat lasnya dengan uji perbandingan merk kawat las lain.

 

4. KEPADATAN LASAN

Travel-Speed

Kepadatan las sangat mempengaruhi hasil lasan kalian. Karena lasan yang pada tentunya lebih baik dan kuat. Dan jika pengelasan padat, maka akan mengurangi adanya keropos dan pori pada hasil lasan kalian.

Untuk mendapatkan kepadatan las, kalian harus memperhatikan kecepatan ayunan dan perpindahan las kalian. Jarak ayunan juga sangat penting pada pengelasan untuk mendapatkan hasil lasan yang padat.

Masing-masing tipe pengelasan memiliki karakter kepadatan yang berbeda, intinya semakin padat semakin mantap.

 

5. TEBAL DAN LEBAR LASAN

Perhitungan-Hasil-Lasan

Khusus untuk ketebalan dan lebar dari hasil lasan ( khususnya SMAW / MMA ) harus memiliki spesifikasi sendiri. Yaitu tebal atau tingginya adalah 1x ukuran kawat las, dan lebar 2 – 3 kali ukuran kawat las yang bisa kalian lihat pada gambar diatas.

 

6. TIDAK UNDERCUT

Undercut-Pada-pengelasan

Adanya undercut pada pengelasan akan menyebabkan kebocoran dan kekeroposan sambungan. Untuk itu kalian bisa melihat pinggiran hasil lasan kalian untuk mengetahui kualitas dari pengelasan kalian.

Jika ada undercut berarti pengelasan kalian kurang bagus. Dan untuk mengetahui penyebab dan cara menghindari adanya undercut, kalian bisa melihatnya pada artikel kami berikut ini :

>> penyebab undercut dan cara menghindarinya <<

 

KESIMPULAN HAL YANG DINILAI DARI HASIL LASAN

Naahhh itu tadi ya beberapa hal yang bisa kalian cek pada hasil lasan kalian. Dari beberapa hal yang sudah kami sampaikan diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan ya. Ada 6 hal yang dapat kalian nilai dari hasil lasan kalian.

Dan semua hal tersebut dapat kalian pelajari seiring pembelajaran las kalian. Karena gw percaya, pengalaman itu datang dari percobaan terus menerus. Intinya kalian harus mencoba dan terus mencoba untuk mendapatkan pengalaman tersendiri akan pengelasan kalian.

Okee paling itu tadi ya artikel gw kali ini.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *