DAFTAR ALAT YANG PERLU DIBELI UNTUK MEMULAI USAHA LAS

By | April 13, 2020

Halo sobat tehniq sang welder sejati.. Jadi kali ini kami mau berbagi info untuk para welder nih. Banyak orang bingung mau mulai usaha lasnya harus mulai darimana. Nah maka dari itu kami disini mau kasih info tentang daftar alat yang perlu dibeli untuk memulai usaha las kalian.

 

Jadi banyak para welder itu bingung mau buka usaha las itu mulai dari mana. Nah maka dari itu kami akan coba membantu disini. Biar kalian lebih tercerahkan seperti wajah wanita setelah menggunakan bedak herocin. Lhoh hmmm panas dong.. gosong malahan.. Hehehehe

 

Oke balik lagi ya.. Melalui artikel ini kami ingin membantu kalian semua untuk sedikit demi sedikit nyicil untuk membeli beberapa alat yang memang diperlukan untuk memulai usaha las kalian. Karena untuk memulai usaha las dan kami rasa semua usaha ini ga boleh grasah grusuh.

 

Dan memang yang terpenting dalam memulai usaha khususnya bengkel las ini, yaitu peralatan yang memadai. Mungkin kalian punya skill, kalian punya tempat, kalian punya mesin las, kalian punya gerinda, kalian punya cut off. Tapi apakah semua alat tersebut cukup buat bekerja?

 

Ga cukup dong,. Tentunya kalian masih butuh beberapa alat lagi untuk mendukung pekerjaan anda dan untuk memperhalus hasil kerjaan anda. Karena dengan alat seadanya ya yakin aja kerjaan kalian juga seadanya. Gw juga pernah pake jasa welder yang seadanya karena deket rumah. Eh taunya hasilnya juga seadanya, sedih banget gw.

 

Nah makanya kami rasa penting jika kami membuat artikel ini sebagai panduan kalian yang mau buka usaha las. Agar nantinya kalian lebih mengutamakan pengadaan peralatan terlebih dahulu. Karena menurut gw peralatan ini yang harganya fantastis.

 

Perlu waktu untuk mengumpulkannya satu persatu. Jadi langsung aja ya.. mari kita bahas tentang daftar alat yang perlu dibeli untuk memulai usaha las kalian sendiri. Cekidoott..!!

 

 

DAFTAR ALAT YANG PERLU DIBELI UNTUK MEMULAI USAHA LAS

Oia tapi sebelum kami memberikan daftar alat yang perlu dibeli untuk memulai usaha las ini. Kami ingin memberikan saran kepada kalian semua terkait mesin las yang kalian butuhkan pertama kali di bengkel las kalian.

 

Nah jadi mesin las itu kan ada 3 jenis yaitu :

  1. MMA
  2. MIG
  3. TIG

 

Kebanyakan para pengusaha bengkel las menyediakan mesin las MMA di tempatnya. Tapi saran kami sebenarnya jangan. Mending kalian membeli mesin las MIG dan ga harus yang ukuran gede. Karena saat ini udah banyak produsen mesin las yang menghadirkan mesin las MIG dengan ukuran yang lebih kecil dan ringkas.

 

Kenapa kami sarankan mesin las MIG? karena mesin las MIG dapat mengelas di berbagai jenis logam seperti :

  • Besi
  • Baja
  • Stainless Steel
  • Alumunium

 

Sedangkan mesin las MMA hanya bisa digunakan untuk 3 jenis logam diatas yaitu besi, baja dan stainless steel. Jadi cakupan pekerjaan anda tentunya akan berkurang. Tapi ini hanya saran aja ya guys. Ga harus juga di pake.

 

Oia dan saran lagi nih.. Kalo mesin las MMA juga harus yang minimal ukuran 160 Ampere agar bisa mengelas sampai stainless steel. Karena kalo 120 ampere gw rasa kurang maksimal buat ngelas stainless steel. Apalagi stainless steel yang agak tebel.

 

Jadi itu tadi saran kami. Yang pertama beli mesin las MIG aja, tapi kalo ga bisa ya beli mesin las MMA yang 160 Ampere, dan kalo masih ga bisa ya mau ga mau harus beli yang 120 ampere. Tapi pekerjaan kalian juga nantinya bakalan terbatas.

 

Cuma sekedar bikin pager dan rak aja. Ga bisa buat yang lain-lain yang lebih tebel.

 

Oke balik lagi berikut adalah daftar alat yang perlu dibeli untuk memulai usaha las :

 

1. GERINDA

Gerinda-Daftar-Alat-yang-harus-dibeli-untuk-usaha-bengkel-las

 

Alat pertama yang wajib anda beli untuk memulai usaha las anda adalah Gerinda. Gerinda ini ukurannya macem-macem ya. Dari ukuran 100 – 230 mm dan dari harga murah hingga mahal. Jadi untuk ukuran gerinda ini kami rasa terserah kalian aja lah. Baik dari sisi merk dan ukuran.

 

Intinya sesuaikan dengan kebutuhan dan kantong kalian. Jangan maksain dan jangan sampe utang. Nanti yang pusing malah situ soalnya, bukan gw.

 

Dan selain beli gerinda, tentunya kalian juga harus beli mata gerindanya. Jadi belilah mata gerinda selengkap-lengkapnya sesuai dengan kebutuhan kalian. Baik itu mata gerinda potong dan mata gerinda poles.

 

2. CUT OFF

Cut-Off-Daftar-Alat-yang-harus-dibeli-untuk-usaha-bengkel-las

 

Alat kedua yang perlu kalian beli untuk membuka usaha las kalian yaitu mesin cut off. Mesin cut off ini ada alat yang bisa membantu anda saat memotong besi itu itu pipa, hollow dan lain-lain yang sejenisnya.

 

Kenapa harus mesin cut off? Jawabannya adalah karena kecepatan potongnya. Jadi fungsi dari mesin cut off ini sebenarnya bisa digantikan dengan gerinda, karena gerinda bisa digunakan juga untuk memotong besi. Tapi gerinda tidak bisa mengalahkan kecepatan potong dari mesin cut off ini guys.

 

Jadi untuk itu kami saranin kalian beli mesin cut off ini untuk mempercepat kinerja anda. Karena semakin cepat kinerja, maka akan semakin cepat pula anda mengerjakan pekerjaan lainnya.

 

3. ALAT SAFETY

Alat-Safety-Daftar-Alat-yang-harus-dibeli-untuk-usaha-bengkel-las

 

Daftar alat yang perlu dibeli untuk memulai usaha las anda selanjutnya yaitu alat-alat safety ya. Sebenernya banyak alat safety yang dijual dipasaran. Tetapi untuk pekerjaan las ini kami saranin kalian beli ini dlu :

  • Helm Las
  • Sarung Tangan Las
  • Apron
  • Kacamata Safety / Pelindung Wajah

 

Nah jadi kalian beli 4 alat safety itu dulu guys untuk saran dari kami. Karena dalam pekerjaan kalian harus mengutamakan safety atau keselamatan diri kalian.

 

Saat ini banyak banget kalo kami perhatiin itu, tukang las ataupun pekerja-pekerja lainnya sangat menyepelekan yang namanya keselamatan diri mereka. Padahal jika dilihat dari segi profesi, yang menjadi sumber uang itu sebenarnya bukan alat-alat kerja kalian. Tapi keterampilan kalian masing-masing.

 

Dan kalian tidak akan bisa bekerja dengan terampil jika kalian mengalami kecelakaan kerja. Jadi kalo dipikir lebih jauh nanti gimana keluarga kalian bisa makan kalo kaliannya terkapar di rumah sakit akibat keteledoran kalian sendiri.

 

Nah jadi untuk helm las sendiri kami saranin itu buat kalian yang matanya agak rabun, jadi kalian bisa mengelas hingga jarak dekat. Jadi detail lasan kalian akan terlihat jelas, sehingga nantinya lasan kalian akan jadi lebih rapi.

 

Dan untuk sarung tangan las dan juga apron tentunya untuk melindungi diri anda dari cipratan api las. Sedangkan yang terakhir yaitu pelindung wajah ini untuk melindungi wajah anda dari alat-alat berbahaya yang nyasar ke wajah anda.

 

Contohnya itu Paku, batu potong, api las, api gerinda & cut off, potongan-potongan besi yang terlempar, dan sebagainya. Jadi wajah kalian itu sangat rentan ya guys, dan bahkan bisa menyebabkan kematian kalo sampai kalian tertancap benda hingga menusuk saraf berbahaya.

 

Jadi alangkah baiknya kalian melindungi diri anda saat bekerja.

 

4. SATU SET ALAT PERKAKAS

Alat-Perkakas-Daftar-Alat-yang-harus-dibeli-untuk-usaha-bengkel-las

 

Selanjutnya untuk daftar alat yang perlu dibeli untuk memulai usaha las kalian yaitu satu set alat perkakas. Tentunya alat perkakas ini sangat penting ya guys untuk memasang dan melepas rangkaian benda kerja kalian. Karena tanpa alat ini kekuatan tangan saja tidak akan cukup untuk menggantikan pekerjaan tersebut.

 

Beberapa alat yang wajib kalian miliki pertama kali yaitu :

  • Kunci Pas
  • Kunci Inggris
  • Meteran
  • Waterpas
  • Kunci L
  • Tang
  • Palu
  • Obeng

 

Selain dari alat-alat tersebut bisa jadi bonus ya. Karena pasti kepake kok kalo alat-alat perkakas itu. Karena emang dibuat untuk memudahkan segala pekerjaan kalian. Dan saran kami kalo bisa jangan dipinjem-pinjemin. Karena suka jarang balik atau malah diilangin sama yang minjem.

 

Entah mereka teledor atau memang sengaja. Tentunya mereka yang tau. Tapi intinya disini yaitu menjaga alat-alat kalian tetap lengkap sehingga dapat menunjang segala pekerjaan anda kapanpun anda butuhkan.

 

5. MESIN BOR

Mesin-Bor-Daftar-Alat-yang-harus-dibeli-untuk-usaha-bengkel-las

 

Alat atau mesin yang kelima yang harus kalian beli tentunya mesin bor ya. Dengan mesin bor ini kalian akan lebih mudah dan lebih halus dalam membuat lubang, khususnya untuk lubang mur baut dan lubang sambungan.

 

Untuk jenis mesin bor yang kalian butuhkan sebenarnya mesin bor 10 mm aja udah cukup. Tapi apa salahnya kalian beli yang 13 mm. Siapa tau bisa kepake untuk melubangi benda yang membutuhkan lubang bor lebih besar.

 

Tapi tetap semua terserah kalian mau beli ukuran yang mana ya. Pokok mesin bor kudu ada.

 

6. PENGGARIS SIKU / MAGNET SIKU

Pembentuk-Siku-Daftar-Alat-yang-harus-dibeli-untuk-usaha-bengkel-las

 

Daftar alat selanjutnya yang wajib kalian beli yaitu penggaris siku atau magnet siku ya guys. Karena pekerjaan mengelas sangat identik dengan benda-benda yang dibuat dengan sudut.

 

Nah untuk mendapatkan sudut yang sempurna agar pekerjaan anda tidak miring. Tentunya kalian butuh alat bantu baik itu penggaris siku ataupun magnet siku. Terserah kalian mau beli yang mana, tapi kalo gw pribadi lebih suka magnet siku. Karena lebih simple aja.

 

Dan saran pemakaian dari kami untuk magnet siku ini jangan kalian pasangkan untuk pengelasan panjang. Cukup untuk nempelin besi aja buat bikin siku. Kalo kalian tempelin magnetnya sambil ngelas panjang, yang ada daya magnetnya bisa berkurang dengan cepat.

 

Karena salah satu sifat magnet yaitu tidak tahan terhadap panas.

 

7. KLEM / PENJEPIT

Klem-Penjepit-Daftar-Alat-yang-harus-dibeli-untuk-usaha-bengkel-las

 

Alat terakhir yang bisa kalian beli yaitu Klem atau penjepit. Para welder profesional saat mengelas pasti pake clamp atau penjepit untuk menjaga objek las atau objek kerja mereka tetap pada tempatnya. Sehingga tidak bergeser ataupun meleyot.

 

Jadi dengan clamp atau penjepit ini kalian akan mendapatkan hasil yang rapi guys dan tentunya lurus. Tanpa perlu takut bergeser atau meleyot.

 

Okee.. gw rasa 7 daftar alat yang perlu dibeli untuk memulai usaha las kalian segitu udah cukup. Kedepannya kalian bisa nyicil alat-alat lain untuk mendukung pekerjaan anda agar lebih halus dan rapi. Tapi intinya cukupi kebutuhan 7 alat diatas terlebih dahulu agar kalian bisa segera memulai usaha bengkel las kalian sendiri.

 

Segitu dulu ya guys artikel dari kami. Semoga artikel ini bisa jadi rujukan buat kalian yang saat ini sedang mencari informasi tentang memulai usaha las ini. Dan doa dari kami semoga usaha kalian terus diberikan kelancaran oleh Allah dan tentunya keberkahan. Amiinn

 

Sekian dari kami.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *