MACAM-MACAM POSISI PENGELASAN

By | March 15, 2023
Macam-Macam-Posisi-Pengelasan

Halo sobat tehniq setanah air.. Bagi kalian yang ingin belajar tentang pengelasan, ada baiknya ada beberapa hal yang harus kalian pahami terlebih dahulu. Jadi jangan melulu harus belajar ngelasnya doang. Tapi kamu harus memahami beberapa hal seperti contohnya macam-macam posisi pengelasan.

Dan emang gw bakalan bahas hal tersebut pada artikel gw kali ini. Karena memang posisi pengelasan memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Kalian tidak akan mendapatkan kesempatan belajar teknik pengelasan pada setiap posisi pengelasan jika kalian tidak mengetahui macam-macam posisi pengelasan ini.

Setiap posisi pengelasan memiliki karakternya sendiri dan harus kalian hafalkan.

Oke langsung aja ya,, gw akan mulai membahas tentang posisi pengelasan ini.

 

MACAM POSISI PENGELASAN YANG PERLU KALIAN KETAHUI

Pada dunia pekerjaan nanti, kalian akan dihadapkan dengan struktur tempat dan objek las yang akan kalian las. Dan hal tersebut akan mempengaruhi posisi kalian dalam mengelas. Beberapa bisa kalian las dengan mudah, dan beberapa bisa kalian las dengan posisi yang sulit.

Karena adanya berbagai posisi tersebut maka dikembangkanlah beberapa teknik-teknik khusus untuk setiap posisi pengelasan tersebut. Dan asosiasi pengelasan di dunia mendefinisikan dan mengklasifikan beberapa posisi pengelasan yaitu diantaranya :

  • Posisi Datar
  • Horizontal
  • Vertikal
  • Posisi Overhead ( diatas kepala )

Posisi-Pengelasan

 

Masing-masing posisi tersebut memiliki jenis dan penamaan yang berbeda ya. Dan beberapa penamaan dari masing-masing posisi tersebut yaitu diantaranya adalah :

  • 1F dan 1G ( Posisi Datar )
  • 2F dan 2G ( Posisi Horizontal )
  • 3F dan 3G ( Posisi Vertikal )
  • 4F dan 4G ( Posisi Overhead )

Naahhh itu tadi ya beberapa posisi pengelasan yang perlu kalian ketahui. Dan untuk penjelasan lebih detail lagi, tentunya kalian bisa membacanya pada poin-poin dibawah ini. Jadi jangan keluar dulu guys,, langsung aja scroll kebawah untuk melanjutkan membaca.

 

POSISI PENGELASAN DATAR ( 1F dan 1G )

Untuk posisi pengelasan yang pertama ini adalah posisi pengelasan awal yang wajib dipelajari seorang pengelas. Pada posisi ini dibutuhkan sudut pengelasan sekitar 45°. Jarak perpindahan kawat las saat kalian mengelas juga tidak boleh terlalu jauh. Kalian harus dapat mengelas sepadat mungkin untuk menghasilkan pengelasan yang kuat dan padat.

Lebar kerak pengelasan juga harus kalian perhatikan disini, karena tidak boleh terlalu sempit dan tidak boleh terlalu lebar. Standard lebar pengelasan pada posisi ini dapat kalian ukur sekitar 2 – 3 kali ukuran kawat las.

Untuk mendapatkan penetrasi yang sempurna kalian tidak boleh melakukan pergerakan yang terlalu cepat dan terlalu lambat ya guys.

 

POSISI HORIZONTAL ( 2F dan 2G )

Untuk posisi pengelasan yang kedua yaitu posisi horizontal yang terbagi menjadi 2 jenis pengelasan yaitu 2F dan 2G. Sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan pengelasan datar, karena posisinya membuat cairan terak las turun kebawah. Sedangkan panas dari api las naik kearah atas.

Jadi berlainan arahnya dari terak dan api las ini membuatnya lebih sulit untuk diterapkan. Untuk posisi pengelasan yang tepat pada pengelasan posisi ini yaitu antara 45 – 60°. Untuk lebar pengelasan juga sama seperti pengelasan datar. Tetapi bedanya hasilnya tidak akan lebih tebal dibanding pengelasan datar.

Untuk mendapatkan penetrasi pengelasan yang baik, kalian harus memperhitungkan waktu pergerakan kebawah harus sedikit lebih lama ketimbang tarikan keatas. sekitar 0.1 detik aja lamanya,, jangan terlalu lama juga ya.

 

POSISI VERTIKAL ( 3F dan 3G )

Selanjutnya yaitu pengelasan vertikal yang artinya kearah atas ataupun kearah bawah. Pada pengelasan ini tingkat kesulitannya yaitu karena terak las jatuh mengumpul kebawah karena memang posisinya membuatnya mengumpul.

Untuk mendapatkan pengelasan yang bagus, posisi pengelasan kalian juga harus pada posisi 45 – 60°. Dengan lebar juga sama yaitu seukuran 2 – 3 kali ukuran kawat las.

Dan untuk mendapatkan hasil penetrasi yang baik, kalian harus memperhatikan waktu ayunannya. Jangan memperlambat ayunan saat kawat las berada dibawah, karena terak las akan semakin tebal. Usahakan memperlama waktu ayunan saat ada dititik atas, sekitar 0.1 detik lebih lama.

Terus untuk settingan ampere awal pengelasan juga harus lebih kecil sekitar 15 ampere dari normalnya jika kalian mengelas di posisi datar ataupun horizontal.

 

POSISI OVERHEAD ( 4F dan 4G )

Yang terakhir yaitu posisi pengelasan overhead yang merupakan posisi tersulit dari pengelasan. Karena ada bahaya menetesnya terak las ketubuh atau wajah kalian saat kalian mengelas. Waktu dan sudut pengelasan sangat penting pada posisi overhead.

Posisi ini sangat dipengaruhi oleh waktu ayunan kawat las kalian, karena posisi terak las akan melorot kebawah. Genangan cairan las harus tetap kecil dan ayunan las tidak boleh terlalu lama, agar terak las tidak sampai menetes kebawah.

Untuk sudut pengelasan yang cocok pada posisi overhead ini yaitu kisaran 15 – 45°. Terus untuk settingan ampere awal pengelasan juga harus lebih kecil sekitar 15 ampere dari normalnya jika kalian mengelas di posisi datar ataupun horizontal.

 

KESIMPULAN

Naaahhh itu tadi ya guys beberapa penjelasan tentang macam-macam posisi pengelasan dan teknik pengelasannya. Walaupun ga terlalu detail paling gak gw udah coba menyampaikannya sesingkat mungkin.

Karena kalo mau lebih detail kalian harus praktek langsung guys. Kalo kalian pengen lihat pengaplikasiannya kalian bisa lihat youtube channel kami untuk teknik pengelasan keempat posisi ini ya.

Teknik Las Posisi SMAW 1F 2F 3F & Overhead 4F pakai Mesin Las Listrik Beckum A160

Youtube channel :  <<tehniq.com>>

 

Dari artikel ini dapat kita tarik kesimpulan, bahwa masing-masing posisi memiliki tingkat kesulitannya dan juga tekniknya sendiri. Untuk itu perlu kalian perhatikan dan hafalkan baik-baik caranya, sudut pengelasannya dan juga waktu jeda ayunan las kalian.

Mungkin sampai disini dulu ya artikel dari gw.. semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *