CARA MENGELAS PIPA BAJA

By | September 30, 2019

Halo sobat tehniq sang welder-welder sejati. Balik lagi nih di blog paling eksklusif yang selalu membahas informasi-informasi penting dan tentunya bermanfaat buat seluruh rakyat Indonesia dan tetang. Khususnya bagi mereka yang bekerja di bidang teknik seperti konstruksi, kerajinan besi, kayu, dll. Kali ini kami mau bahas tentang cara mengelas pipa baja yang tentunya kalian kudu tau tahap-tahap sebelum melakukan pengelasan ini. Karena kita smua tau ya, pipa ini bentuknya tabung dan untuk mengelasnya tentunya keliatan ribet ya guys.

 

Nah maka dari itu tentunya bagi welder pemula, kalian wajib mempelajari teknik atau cara mengelas pipa baja ini ya guys. Tapi selain faktor diatas itu masih banyak lho faktor lain yang harus kita pahami, bahwa kenapa kita perlu mempelajari cara mengelas pipa baja ini.

 

Kenapa sih kita perlu pelajari teknik atau cara mengelas pipa baja ini selain yang udah gw sebutin diatas? ini jawabannya guys :

  • Penggunaan pipa itu biasa untuk saluran baik air, gas ataupun udara. Jadi untuk penggunaannya sendiri sangat membutuhkan hasil lasan yang sempurna atau tidak berlubang. Nah untuk itu kalian perlu mempelajari teknik mengelas pipa ini agar dapat menyambung pipa dengan sempurna.
  • Pengelasan pada bidang melengkung lebih sulit jika dibandingkan dengan pengelasan pada bidang datar.
  • Posisi pengelasan yang kadang sulit dijangkau karena peletakan pipa biasanya berada diruang sempit.
  • Pengelasan Pipa memiliki tingkat kesulitan tinggi, sehingga butuh sertifikat khusus ( sertifikat pengelasan pipa ). Jadi ada baiknya kalian pelajari terlebih dahulu cara mengelas pipa baja ini.

 

CARA MENGELAS PIPA BAJA

Setelah kita tau kenapa pengelasan pipa sangat penting untuk dipelajari lebih dalam dan lebih khusus, maka langsung aja kita bahas langsung inti dari artikel ini, yaitu cara mengelas pipa baja yang baik dan benar.

 

Dan perlu kalian ketahui, cara yang kami sampaikan adalah cara-cara dasar. Sehingga untuk penerapannya sendiri tetap harus kalian lakukan rutin agar kalian bisa jadi lebih terbiasa dan langsung mengetahui problem-problem yang akan kalian hadapi langsung pada saat pengelasan.

 

Oke langsung masuk pada pembahasan ya guys.. ada langkah-langkah penting nih yang perlu kalian lakukan sebelum memulai pengelasan pada media pipa. Pipa yang kami maksud adalah pipa berukuran besar ya. Bukan pipa kecil kaya pipa saluran WC rumah kalian.. Hehehe

Berikut adalah contoh gambarnya :

Cara-Mengelas-Pipa-Baja

 

Kalian bisa lihat ya guys.. Pipa yang gimana yang kami maksud.

 

Oke balik lagi ke pembahasan.. Apa aja langkah-langkah awal sebelum melakukan pengelasan pada pipa baja ini?? Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kalian lakukan sebelum memulai pengelasan ini :

 

1. KEBERSIHAN

Bersihkan terlebih dahulu permukaan pipa yang akan las. Kenapa?? karena permukaan yang kotor akan mempengaruhi daya rekat antara kerak las dengan besi. Selain itu, permukaan yang kotor akan membuat banyaknya spatter yang keluar dari hasil pengelasan. Buat kalian yang belum tau spatter itu gimana. Kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini :

Spatter-pada-pengelasan

 

Kalo spatter yang kalian lihat diatas itu termasuk spatter yang kecil guys.. Jadi masih gampang untuk dihilangkan. Tapi kalau udah agak gede itu mulai tuh agak bandel kaya anak-anak yang suka tawuran.. Bandel banget dah.. Hahahaha

 

Spatter yang terlalu banyak dan besar-besar akan merugikan hasil lasan anda dan juga dapat merusak permukaan objek las. Untuk itu ada baiknya kalian bersihkan dulu permukaan objek yang akan kalian las dan dalam hal ini adalah pipa.

 

2. PERSIAPAN

 

  • Poin yang kedua yang perlu kalian lakukan sebelum memulai pengelasan adalah mempersiapkan kebutuhan las kalian sesuai standard. Misal jika kalian menggunakan las MIG, kalian harus setting tekanan gas yang keluar di 20 – 30 kubik. Kemudian atur juga kecepatan wire yang akan kalian terapkan. Karena tiap ketebalan objek las memiliki standard kecepatan kawat las yang keluar. Kalian bisa melihat tabel dibawah ini sebagai acuan kalian.

Tabel-Wire-Speed

Jadi semakin tebal besi, maka semakin cepat pula wire speed yang harus kalian setting. Tapi jangan kekencengan bro.. ntar malah belepotan jadinya.

 

Itu tadi jika kita bicara mesin las MIG ya guys.. Beda lagi persiapan yang harus kalian lakukan dengan mesin las TIG dan juga MMA. Jadi kalian harus pelajari dulu hal tersebut bener-bener biar hasil lasan kalian sempurna.

 

 

CARA PENGELASAN PIPA

Oke setelah kita sudah tau tahap-tahap yang harus kita lakukan sebelum memulai pengelasan. Maka selanjutnya kami akan menjelaskan hal yang perlu kalian lakukan saat memulai pengelasan.

Jadi pada poin ini, kita akan lebih masuk dalam prakteknya. Perhatiin baik-baik nih guys.

Perlu kalian ketahui.. Ada 2 jenis pengelasan pada pipa nih.

  1. Menambal
  2. Menyambung

 

A. TEKNIK MENAMBAL PIPA

Untuk poin pertama, kalian tidak terlalu membutuhkan teknik-teknik khusus. Hanya saja kalian harus menstabilkan pengelasan kalian, menghaluskan hasil lasan dan cek kebocoran. Standard ya guys.. Pokoknya settingan mesin las harus bener, sesuai dengan apa yang udah kita bahas pada poin tahapan sebelum mengelas diatas tadi.

Oia.. sebelum melakukan pengelasan pastikan kalian haluskan permukaan yang berlubang dengan gerinda agar permukaan jadi bersih, halus dan lubang yang bocor dapat terlihat dengan jelas.

 

B. TEKNIK MENYAMBUNG PIPA

Dan untuk poin pertama yaitu jenis pengelasan menyambung, disinilah perlu teknik khusus guys. Karena kita akan melakukan pengelasan panjang dengan posisi badan berubah-ubah karena objek yang melengkung ( permukaan pipa ).

Ada beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan nih untuk memulai pengelasan pipa baja ini. Berikut adalah tahapan-tahapan tersebut :

  • Gunakan Clamp ( penjepit ) ataupun alat lain yang membuat posisi pipa satu dengan pipa yang akan disambungkan itu terkunci. Jadi pipa tidak bisa bergeser atau bergerak kemana-mana.
  • Buatlah las titik pada 4 sisi untuk mengunci jarak sambungan pipa satu dengan yang lain. Hal ini juga dilakukan agar selama proses pengelasan tidak ada bagian lengkungan yang berubah bentuk akibat panasnya api las dari kawat. Seperti kita tau ya,, kalo besi mendapat panas berlebih pasti akan berubah bentuk atau bahasa gaulnya meleyot. Hehehe
  • Ambil posisi pengelasan yang menurut kalian paling nyaman baik dari sudut atas, samping ataupun bawah. Jadi saat penerapannya nanti kalian sudah bisa langsung mengelas dengan lancar tanpa perlu mencari posisi terbaik untuk mengelas.
  • Saat memulai pengelasan, lakukanlah pengelasan searah. Contohnya jika kalian mulai dari atas terus kebawah, maka kalian harus melakukan itu terus hingga lasan kalian bertemu di titik mulai kalian mengelas. Hal ini berlaku juga untuk pengelasan kedua, ketiga dan seterusnya. Semua harus searah. Karena biasanya kalo pipa tebal itu tidak bisa sekali las saja, tapi harus berkali-kali ( ditumpuk gitu lasannya sampai permukaan pipa tertutup dengan rata ).
  • Jangan mengelas dengan posisi berpindah-pindah.. Jadi misal kalian ngelas dari atas sampai pertengahan pipa. Terus kalian lanjut pada sisi sebaliknya. Hal tersebut jangan dilakukan guys. Jadi kalian harus terus konstan mengelas mulai titik start hingga balik ke titik start lagi.
  • Tidak masalah untuk berhenti sejenak untuk menarik nafas atau memposisikan badan yang nyaman, asal kalian tetap mengelas on the track, jangan sampai menyisakan lubang saat kalian memulai jeda pengelasan tadi.

PENUTUP

Okeee… gimana guys? sekarang kalian udah tau ya tentang tutorial dasar cara mengelas pipa baja ini. Tentu artikel ini masih kurang lengkap, karena memang disini kita ga bisa bahas secara keseluruhan. Namanya juga artikel, jadi agak terbatas dalam menjelaskan.

Emang paling enak itu langsung praktek. Pokok saran kami, lakukan apa yang kami udah jelaskan diatas dan terus latihan untuk mencari kekurangan serta mengejar hasil yang bagus.

 

Dan kalo kalian suka nonton video pengelasan yang baik dan benar, serta performa dari beberapa merk mesin las yang berbeda-beda. Kalian bisa pantengin channel youtube kami dibawah ini ya.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe dan share video-video kami jika kalian rasa video tersebut penting buat kerabat dan sodara kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Akhir kata dari kami.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *