KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SPRAY GUN ELEKTRIK UNTUK MENGECAT

By | November 24, 2021
Thumbnail-Kelebihan-dan-Kekurangan-Spray-Gun-Elektrik

Halo sobat tehniq setanah air,, bagi kalian yang bekerja di bidang pengecatan tentunya tau ya apa itu spray gun elektrik. Nah kali ini gw mau bagi info buat kalian semua tentang kelebihan dan kekurangan spray gun elektrik untuk mengecat. Tentunya biar kalian semua bisa mempertimbangkan penggunaan spray gun elektrik ini nantinya. Karena memang spray gun elektrik memiliki kelemahan untuk aplikasi pengecatan tertentu. Dan hal tersebut akan kita bahas bareng-bareng disini.

 

PENGERTIAN DAN KEGUNAAN SPRAY GUN ELEKTRIK

Tapi sebelumnya gw mau jelasin dikit tentang apa itu spray gun dan kegunaannya. Jadi spray gun elektrik adalah alat bantu untuk penyemprotan cat pada sebuah bidang dengan sumber energi listrik. Berbeda dengan spray gun biasa yang membutuhkan kompresor untuk tenaga pendorongnya agar dapat menyemburkan cat.

Jadi tentunya spray gun elektrik ini lebih simple ya, karena tidak membutuhkan kompresor yang lebih memakan ruang saat disimpan.

 

Kelebihan-Kekurangan-Spray-Gun-Elektrik

 

Untuk cara kerja spray gun elektrik sendiri berbeda dengan kompresor ya. Kalo kompresor itu mengisi angin dan memampatkannya pada tabung dengan ukuran tertentu. Maka spray gun elektrik ini mengisi angin sekaligus mengeluarkannya bersamaan dengan cat dengan kecepatan dan tekanan tertentu. Jadi saat mesin menyala, maka mesin akan mengisi angin dan sekaligus mengeluarkannya.

 

Tak heran kalo kalian menggunakan spray gun elektrik ini akan ada bagian pengecatan yang lebih pudar. Karena ada jeda saat angin masuk dan angin keluar. Berbeda dengan spray gun yang menggunakan kompresor. Tekanan angin yang dikeluarkan kompresor akan keluar terus menerus sesuai dengan tekanan dan ukuran tankinya tanpa ada jeda.

Jadi untuk hasilnya juga pasti lebih merata dari sisi pengecatannya saat sekali penyemprotan.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SPRAY GUN ELEKTRIK

Pembahasan selanjutnya yaitu kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan spray gun elektrik ini. Jadi gw anggap kalian udah paham ya tentang pengertian, kegunaan dan cara kerja spray gun elektrik ini. Nah dari cara kerja spray gun tadi maka dapat kita tarik kesimpulannya berupa kelebihan dan kekurangannya pada beberapa poin berikut ini.

 

KELEBIHAN SPRAY GUN ELEKTRIK

Untuk kelebihan dari spray gun elektrik ini bisa kita ambil kesimpulannya dari sisi penggunaan dan ukurannya ya. Dan berikut adalah kesimpulan yang gw dapetin untuk kelebihan dari spray gun elektrik ini :

  • Tidak membutuhkan kompresor, hanya listrik dengan daya listrik yang cukup rendah untuk dapat mengecat. Jadi lebih simple, praktis dan hemat listrik tentunya.
  • Mode Spray dapat diatur dengan mudah, sehingga anda dapat melakukan pengecatan dengan berbagai mode spray yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Dapat digunakan diluar ruangan ( outdoor ) dan juga didalam ruangan ( indoor ) dengan hasil pengecatan yang bagus dan tetap stabil.

 

Jadi ada 3 kelebihan yang diberikan dari spray gun elektrik ini ya. Tapi jangan pergi dulu nih, karena gw belum jelasin tentang kekurangannya.

 

KEKURANGAN SPRAY GUN ELEKTRIK

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri bisa kita ambil kesimpulannya dari sisi penggunaan dan cara kerjanya ya. Dan berikut adalah kesimpulan yang gw dapetin dari kekurangan spray gun elektrik ini.

  • Karena ada jeda saat penyemprotan, maka butuh berkali-kali penyemprotan agar mendapatkan hasil pengecatan yang merata.
  • Suaranya cukup bising, karena mesin bekerja bersamaan saat penyemprotan. Berbeda dengan kompresor yang akan mati saat tabung sudah terisi penuh. Jadi kami sarankan untuk menggunakan air plug dan juga masker saat bekerja menggunakan spray gun elektrik ini.
  • Kerja mesin tergantung tingkat kekentalan cat. Jadi saat cat terlalu kental maka mesin akan bekerja lebih berat dan bahkan mempengaruhi hasil cat yang keluar.

 

Naahh jadi itu tadi ya kelebihan dan kekurangan spray gun elektrik yang perlu kalian ketahui ya. Jadi ada 3 kelebihan dan juga 3 kekurangan yang tentunya masih sangat wajar untuk kalian gunakan. Dan balik lagi ya,, tentunya kekurangan yang ada ini bisa kalian atasi dengan pengalaman dan bantuan alat lainnya.

 

Dan bagi kalian yang saat ini sedang mencari atau membutuhkan spray gun elektrik untuk kebutuhan pengecatan anda. Tentunya kalian bisa mampir ke lapak kami ya untuk melihat katalog spray gun elektrik yang kami jual.

SPRAY GUN ELEKTRIK

Katalog-Spay-Gun-Elektrik

 

Kami menjual berbagai merk Spray Gun ternama yang dijual di Indonesia seperti NLG, Mollar, Hyundai, Multipro dan lain-lain. Semua produk yang kami jual dapat kami jamin keasliannya dan dalam keadaan baru, sehingga anda tidak perlu ragu untuk membelinya.

Dan tak hanya itu, semua produk yang kami jual pastinya bergaransi sehingga anda dapat mengklaim garansinya kapanpun sesuai dengan masa garansi produk yang anda beli.

 

Okee jadi itu tadi ya kelebihan kekurangan dari spray gun elektrik versi tehniq.com. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan kebutuhan kalian akan spray gun elektrik ini. Salam..!!

 

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *