Thumbnail-Alat-alat-Yang-Cocok-Untuk-Kompresor

ALAT-ALAT YANG COCOK UNTUK KOMPRESOR

By: Yudha Yudha
22 Aug 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. Kali ini kami mau kasih informasi buat kalian tentang alat-alat yang cocok untuk kompresor kalian dirumah. Jadi bukan hanya buat isi angin atau buat cuci steam motor, tapi kompresor bisa kalian gunakan untuk berbagai aplikasi yang berbeda-beda. Nah jika kalian tau alat-alat apa aja yang cocok untuk kompresor ini, sapa tau kalian punya modal dan bisa memperluas usaha kalian tanpa perlu membuka cabang baru.

 

Hanya cukup memberikan jasa lain yang bisa kalian gunakan dengan kompresor kalian. Jadi bengkel atau workshop anda akan terlihat lebih memiliki jasa yang lengkap dan lebih terlihat profesional tentunya. Karena terkesan kalian bisa melakukan apa aja di bengkel atau workshop kalian itu.

 

Dengan begitu cakupan target market kalian akan menjadi lebih luas dan tentunya akan ada tambahan keuntungan juga buat kalian pastinya. Hehehe

 

Jadi alat-alat yang cocok untuk kompresor ini apa aja sih guys? Berikut adalah beberapa poin yang perlu kalian ketahui dan tentunya akan kami coba jelaskan satu-persatu ya guys.

 

 

ALAT-ALAT YANG COCOK UNTUK KOMPRESOR

Jadi alat-alat yang cocok untuk kompresor ini akan kami bedakan menjadi 2 ya guys. Yaitu peralatan manual dan peralatan dengan mesin. Peralatan manual artinya peralatan yang tidak memiliki mesin khusus dibagian dalamnya. Hanya murni membutuhkan angin untuk dikeluarkan.

 

Dan yang kedua adalah peralatan dengan mesin. Yaitu peralatan yang didalamnya terdapat komponen tertentu yang akan dapat bekerja saat ada dorongan dari tekanan angin yang dikeluarkan dari kompresor tersebut.

Oke langsung aja gw coba jelasin yang peralatan manual aja ya. Karena peralatan ini lebih familiar dan sering dijumpai diberbagai kebutuhan manusia. Sedangkan untuk peralatan dengan mesin yang cocok untuk kompresor masih jarang digunakan orang, karena fungsinya yang bisa digantikan dengan power tools listrik.

 

PERALATAN MANUAL

Hal pertama tentang alat-alat yang cocok untuk kompresor adalah peralatan manual yang lebih simpel dan sering kita lihat dibengkel-bengkel ataupun workshop di Kota-kota sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa peralatan manual yang cocok untuk kompresor yang kalian punya :

 

1. Nail Gun / Paku Tembak

Peralatan manual yang pertama adalah paku tembak atau bahasa kerennya bisa disebut juga dengan nail gun. Karena namanya paku tembak ya berarti alat ini menembakkan paku ya guys. Biar kalian ga penasaran, bisa lihat langsung bentuknya pada gambar dibawah ini.

Nail-Gun-Untuk-Kompresor

Bagian bawah yang kotak itu berisi jajaran paku yang sudah digabungkan sedemikian rupa oleh produsen pakunya. Jadi antara paku satu dengan paku lainnya itu menempel, tapi dapat terpisah saat nail gun ini ditembakkan.

Untuk prinsip kerjanya sendiri simple ya guys. Jadi dibagian belakang yang terlihat seperti ekor itu merupakan bagian untuk menyambungkan selang kompresor pada alat ini. Nantinya udara atau tekanan angin kompresor akan masuk pada alat tersebut.

 

Dan saat tuas ditekan,, dan Booomm.. Tekanan udara akan terlepas dan mendorong pelontar paku untuk memaksa paku terlepas dari sambungannya. Karena tekanan udara yang sangat kuat pula, hasil lontaran paku tersebut sangatlah kencang hingga dapat menembus kayu hingga tembok pun bisa ditembusnya. Mantap kan.

 

Alat ini bisa kalian temukan di workshop woodworking atau pengrajin kayu, bisa juga dibidang konstruksi untuk memasang rangka kayu ke tembok, dan ada workshop lain yang mungkin kalian lebih tau.

Jadi bagi kalian yang ingin memperluas usaha kalian tanpa perlu membuka cabang baru. Kalian bisa beli nail gun untuk membuat usaha woodworking kalian sendiri.

 

 

2. Tire Inflator

Peralatan yang cocok untuk kompresor anda yang kedua yaitu tire inflator. Untuk alat ini tentunya kalian familiar banget ya. Apalagi buat kalian yang punya kendaraan sendiri. Pasti sering ngeliat alat ini di bengkel-bengkel baik itu bengkel kecil maupun besar. Karena disemua bengkel, alat ini harus dan wajib ada. Kalo penasaran sama gambarnya, lihat nih gambar dibawah ini :

Tire-Inflator-Untuk-Kompresor

Gimana guys?? pernah lihat kan??

Yap bener banget, alat ini adalah alat bantu yang digunakan untuk mengisi angin pada ban atau roda kendaraan. Desain katup depannya disesuaikan khusus untuk pentil ban kendaraan. Jadi tanpa alat ini kalian tidak akan bisa memompa atau mengisi angin pada ban kalian.

Dan bagi kalian yang punya usaha cuci steam atau workshop lainnya, kalian bisa juga iseng-iseng cari pendapatan lain dengan membeli alat ini. Jadi kalian bisa dapat uang tambahan dengan membuka jasa isi angin dan tambal ban.

 

 

3. Blow Gun

Alat-alat yang cocok untuk kompresor selanjutnya adalah blow Gun. Kalo blow gun ini banyak kita jumpai di tempat-tempat cuci motor dan mobil ya guys. Tapi sebagian bengkel juga memiliki alat ini untuk tujuan tertentu, tapi yang jelas kalo ada di bengkel pasti ada fungsinya.

 

Alat ini berfungsi menyemburkan udara atau angin kencang pada satu titik. Jadi angin yang keluar berkumpul pada satu titik tersebut, sehingga lebih kencang hinga dapat membersihkan debu dan air yang tersisa di sela-sela ruangan yang sempit dan kecil. Kalo kalian penasaran sama gambarnya, kalian bisa lihat gambar dibawah ini ya guys.

Blow-Gun-Untuk-Kompresor

Seperti yang bisa kalian lihat ya guys. Bagian depannya sangat ramping dan panjang, sehingga dapat memusatkan udara pada satu titik saja saat tuas ditekan. Jadi bagi kalian yang ga suka cuci motor sendiri dirumah, kalian pasti familiar dengan alat ini di tempat cuci steam kalian ya guys.

 

 

4. Paint Sprayer

Lanjuuuuttt.. Alat-alat yang cocok untuk kompresor yang keempat yaitu Paint Sprayer. Alat ini juga pasti ga asing bagi kalian penggemar otomotif ya. Yak,. alat ini adalah alat yang digunakan untuk mengecat body kendaraan ataupun hal-hal lainnya yang perlu dilakukan pengecatan. Seperti contohnya pagar, tralis, kanopi, meja, lemari, pokoknya bidang yang di cat lah.

Kalian pasti tau lah ya apa aja yang bisa dicat.

Nah untuk gambarnya sendiri, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini :

Paint-Sprayer-Untuk-Kompresor

Alat ini bekerja dengan menyemburkan angin pada saluran paint sprayer ini. Dan cat yang terdapat pada tanki tersebut akan turun kebawah sembari tersembur dengan angin tersebut. Hmmmm bahasa gw bisa dipahami ga ya ini..

Intinya itu saat tuas ditekan. Klep tanki dan klep kepala semprotannya akan terbuka secara bersamaannya. Jadi cat turun dari tanki langsung disembur sama angin bisa keluar dari kepala lubang semprotnya.

Karena udara yang keluar itu konstan atau stabil, maka hasil pengecatan juga menjadi lebih halus dan tidak blepotan.

 

Jadi bagi kalian yang punya usaha bengkel, cobalah untuk membeli alat ini. Karena dengan alat ini kalian bisa mengembangkan usaha kalian dengan menyediakan jasa cat body atau cat rangka kendaraan customer kalian. Kan lumayan tuh hasilnya bisa buat beli beras tambahan 😀

 

 

5. Airbrush Spray

Selanjutnya adalah alat yang terakhir nih guys, yaitu airbrush spray. Airbrush spray ini adalah alat khusus yang digunakan untuk menggambar dengan menggunakan cat pada bidang tertentu. Biasanya Airbrush spray ini diaplikasikan pada kendaraan dan juga dinding.

Berikut ini adalah gambar dari airbrush spray ini ya guys.

Airbrush-Spray-Gun-Untuk-Kompresor

Nah gambar diatas adalah gambar dari airbrush spray yang sudah kami jelaskan diatas guys. Terlihat ramping sekali ya. Ukuran dari airbrush spray ini juga kecil guys, hanya sebesar genggaman tangan. Fungsinya adalah agar pengguna dapat menggambar seperti memegang alat gambar seperti pensil warna.

Jadi kalo ukurannya besar tentunya akan sulit untuk menggambar seperti menggambar dengan pensil. Dan bisa kalian lihat dibagian atas dekat kepalanya terdapat semacam tanki kecil. Tanki tersebut digunakan untuk menampung cat sama seperti paint sprayer. Tapi bedanya ukuran tanki dari airbrush sprayer ini lebih kecil karena memang kebutuhan akan mewarnai gambar tidaklah terlalu banyak.

 

Hal ini juga dimaksudkan agar tidak membuang-buang cat juga. Jika banyak cat bekas yang dibuang tentunya akan sayang banget ya. Cara kerja dari airbrush spray ini mirip dengan paint sprayer. Hanya saja dibagian kepala semprotnya itu lebih kecil sehingga menggeluarkan cat secara terfokus atau tidak terlalu menyebar. Bisa disetting menyebar tetapi tetap lebih luas cakupannya jika menggunakan paint sprayer.

Dan bagi kalian yang punya usaha bengkel atau woodworking dan kalian pandai menggambar. Kalian bisa membeli alat ini dan mencoba untuk mengembangkan usaha kalian dengan memberikan jasa pengecatan airbrush ini.

 

 

Oke guys. Jadi gimana nih? udah pada tau ya untuk alat-alat yang cocok untuk kompresor anda. Semoga artikel ini dapat memberikan ide atau inspirasi pada anda untuk mengembangkan usaha kalian. Karena dengan begitu kalian akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi dan tentunya pasokan beras dirumah bisa ditambah lagi biar kompor bisa ngebul terus. Hehehe.

 

SUPPORT KAMI

Yaw dah kalo gitu cukup sekian ya artikel kami kali ini. Dan jangan lupa buat pantengin terus channel youtube kami ya. Itung-itung support kami untuk menjadi lebih profesional lagi dengan masukan-masukan positif dari kalian. Sehingga nantinya konten youtube kami akan lebih bermanfaat buat para sobat tehniq se Indonesia. Langsung aja cekidot channelnya.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan share video-video kami ya guys. Salam..!!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *