PERBEDAAN ORBITAL SANDER DAN PALM SANDER

By | March 13, 2020

Yo yo yo whats up my brother tehniq.com setanah air Indonesia raya. Gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya.. Jangan takut sama desas desus virus korona. Pokoknya kalian harus jaga kebersihan tangan insyaa Allah aman sentosa. Okee.. itu tadi introduction ya.. Jadi kali ini kami mau bahas tentang apa sih perbedaan orbital sander dan palm sander itu?

 

Kami bikin artikel ini karena banyak netizen yang nanyain ini perbedaan orbital sander dan palm sander itu apa aja sih bang?.. Nah daripada kami capek jawab satu-satu, jadi mending gw bikin artikel tentang perbedaan kedua power tools yang notabene untuk woodworking ini.

 

 

PERBEDAAN ORBITAL SANDER DAN PALM SANDER

Bagi kalian para woodworker atau pengrajin didunia perkayuan tentunya sangat paham dan familiar dengan sander atau mesin amplas ini ya. Baik orbital sander dan palm sander tentunya kalian tau model dan bentuknya seperti apa. Tapi ternyata ga semua orang yang tau perbedaan orbital sander dan palm sander ini dari sisi kegunaannya.

 

Nah makanya ada baik kita bedah dan telanjangi kasus ini dengan membahas perbedaan orbital sander dan palm sander dari sisi kegunaannya itu apa aja sih.

 

Langsung aja kita bahas dari sisi pengertiannya atau artinya atau makna atau silsilahnya.. Hmmmm..

 

Palm-Sander-Mesin-Amplas-Kotak

Oke jadi palm sander adalah mesin amplas berbentuk kotak kecil dengan ujung yang pas sesuai dengan genggaman tangan. Bagian bawah atau bagian amplasnya berbentuk kotak dengan gerakan maju dan mundur. Atau kalo megangnya beda berarti gerakannya kekanan dan kekiri. Jadi tergantung yang megang.

 

Orbital-Sander-Mesin-Amplas-Orbital

 

Dan untuk orbital sander adalah mesin amplas dengan pegangan kecil dibagian atasnya, tetapi bedanya memiliki sedikit tuas atau pegangan agak memanjang dibagian belakangnya. Dan dibagian bawahnya berbentuk bulat karena sesuai dengan namanya orbital. Jadi harusnya bundar dan bergerak berputar-putar kaya lari-lari di bunderan HI. Hohoho..

 

Jadi udah jelas ya kalo masalah perbedaan orbital sander dan palm sander jika kalian lihat pada sisi pengertian dan bentuk alat amplasnya.

 

Nah untuk masalah kegunaannya, kira-kira perbedaannya apa aja nih.. Nah berikut ini akan kami bahas pada beberapa poin dibawah ini.

 

 

PERBEDAAN KEGUNAAN ORBITAL SANDER DAN PALM SANDER

Oke jadi untuk penjelasan tentang perbedaan kegunaan ini akan kami mulai dari orbital sander. Karena memiliki permukaan yang bulat maka orbital sander ini dapat mengamplas permukaan kayu yang luas.

 

Dan untuk teknik pengamplasannya sendiri bisa kalian gunakan dengan terus bergerak ke segala arah. Sedangkan untuk hasil amplasannya sendiri lebih tidak beresiko, karena amplas bulat lebih cenderung lebih flexible dapat mengamplas disegala arah.

 

Dari daya putarnya sendiri, orbital sander memiliki nilai RPM yang cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk aplikasi ringan maupun berat. Karena dengan orbital sander ini kalian bisa mengamplas permukaan datar yang luas dengan cepat. Dan juga dapat mengamplas permukaan yang lebih kecil dengan santai.

 

Untuk aplikasinya sendiri, amplas jenis orbital sander ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan menghilangkan cat, pernis dan juga untuk menghaluskan permukaan yang mau di cat. Selain itu amplas jenis ini cocok digunakan untuk pengamplasan di bidang yang melengkung atau bevel.

 

Sedangkan untuk palm sander sendiri kekuatannya berbeda dengan orbital sander. Palm sander ini bergerak maju mundur hanya dengan 1 – 2 cm saja. Jadi tidak cukup luas dan cepat untuk mengamplas permukaan yang luas. Jadi amplas ini cocok digunakan untuk aplikasi ringan saja.

 

Kami sarankan kalian gunakan untuk bidang yang lebih kecil saja. Jadi palm sander ini sangat cocok digunakan untuk finishing kayu saja yang ingin dihaluskan. Amplas ini tidak cocok digunakan untuk kebutuhan menghilangkan cat, pernis dan bidang yang luas.

 

Selain itu untuk permukaan yang lengkung atau bevel kurang cocok dengan amplas ini. Karena jika waktu dan tekanan amplas anda terlalu berlebihan maka akan bisa merubah bentuk lengkung kayunya.

 

Dalam penggunaannya sendiri, amplas ini juga tidak boleh terlalu ditekan, karena akan dapat merusak motornya. Untuk itu seperti yang sudah kami sampaikan tadi, amplas ini cocok digunakan untuk aplikasi ringan dan santai saja.

 

 

KESIMPULAN

Jika penggunaan mesin amplas kalian hanya digunakan untuk penggunaan ringan dan finishing saja. Biasanya bikin baru nih. Kami saranin kalian beli palm sander aja.

 

Tapi jika kebutuhan kalian lebih berat dan melayani reparasi perkayuan seperti menghilangkan cat dan mengecat ulang. Kami saranin kalian beli orbital sander untuk mempercepat kinerja kalian.

 

Yang kami bahas disini mesin amplas dengan harga yang murah ya guys. Tapi kalo untuk harga yang lebih mahal kalian bisa beli sander dengan ukuran yang lebih besar.

 

Yaw dah kalo gitu sampai disini dulu penjelasan dari artikel ini. Semoga dapat menjawab pertanyaan kalian semua. Dan berita baik buat kalian semua. Karena tehniq.com ini mendapatkan support positif dari kalian semua. Kedepannya kami pengen merambah pada video perkayuan.

 

Jadi kedepannya tehniq.com pengen bikin prakarya yang oke punya tentunya.. Doain dan support kami terus ya guys dengan subscribe channel kami serta belanja alat tekniknya cuma di tehniq.com.

 

Salam..!!

3 thoughts on “PERBEDAAN ORBITAL SANDER DAN PALM SANDER

  1. hadi

    ulasannya singkat, jelas dan mudah di mengerti pemula seperti saya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *