CARA MERANGKAI BAGIAN-BAGIAN OBOR LAS MIG

By | April 4, 2023
Cara-Merangkai-bagian-bagian-Obor-Las-MIG

Halo sobat tehniq setanah air.. Bagi kalian yang baru-baru belajar mesin las MIG, tentunya kalian nanti akan dihadapkan dengan penggantian sparepart pada area obor las. Hal ini sangat wajar karena area tersebut mudah kotor dan terbakar, sehingga kalian harus mengganti bagian tersebut. Nah sebagai bekal kalian, disini gw mau sampein tentang cara merangkai bagian-bagian obor las MIG saat kalian ingin menggantinya.

Hal ini perlu kalian pelajari, karena tidak mungkin juga harus minta tolong setiap saat. Dan sebagai seorang pengelas yang ingin tampil secara profesional maka kalian harus bisa melakukan semuanya sendiri ya.

Dengan begitu kalian akan dipandang customer dengan nilai yang lebih. Okeee.. jadi langsung aja ya berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mengganti bagian dari obor las MIG.

 

MERANGKAI BAGIAN-BAGIAN OBOR LAS MIG

Bagian-bagian-dari-Obor-Las-MIG

 

Nah untuk merangkai bagian-bagian dari obor las MIG, maka kalian harus melihat urutan dari gambar tersebut. Bagian-bagian tersebut harus kalian pasang satu persatu mulai dari nomor 5 berurutan hingga nomor 1 ya guys.

Pastikan kalian memasang dengan kencang dan benar. Dan pastikan bagian nomor 2 ukurannya harus sesuai dengan ukuran kawat las yang kalian gunakan. Karena jika tidak maka akan terjadi ketidak wajaran dalam pengoperasian mesin las kalian.

Dan untuk mengetahui nama dari masing-masing bagian dari obor las MIG dan berikut kegunaannya, kalian bisa melihatnya pada penjelasan di poin-poin berikut ini :

  1. Nozzle
  2. Kontak Tip
  3. Isolator
  4. Diffuser Gas
  5. Obor Las ( torch )

 

1. NOZZLE

Bagian-Nozzle-Obor-Las-MIG

Bagian paling luar dari obor las MIG yaitu nozzle atau cap yang berbentuk seperti tabung dengan sekrup dibagian belakangnya. Nozzle ini sendiri kegunaannya yaitu untuk menjaga area pengelasan anda tetap dingin, karena nozzle ini membantu mengalirkan gas secara merata dan terfokus ke area pengelasan anda.

Sehingga hasil lasan anda akan padat dan rapi, karena aliran gas yang diatur keluar oleh nozzle ini tidak menyebar kemana-mana.

 

2. KONTAK TIP

Kontak-Tip-Obor-Las-MIG

Bagian yang kedua yaitu kontak tip yang berbentuk lebih kecil dan berwarna tembaga dengan lubang kecil ditengahnya. Kontak tip ini berfungsi sebagai pengalir listrik antara kawat las dan gun torch. Selain itu kontak tip ini juga merupakan jalur keluarnya kawat las dari roller, sehingga kawat las dapat keluar dan bisa mulai mengelas.

Bagian kontak tip sengaja dibuat dari tembaga yang tahan panas, sehingga tidak mudah meleleh. Karena bagian ini adalah bagian yang menerima panas paling tinggi, karena berdekatan langsung dengan api las.

Jika bahan atau material kontak tip jelek, maka akan bisa meleleh atau meleyot. Sedangkan kontak tip yang bagus tidak akan meleleh ataupun meleyot. Jadi pastikan kalian membeli kontak tip yang berkualitas, agar pengelasan kalian lebih lancar tanpa perlu kerepotan akibat aliran kawat las yang terganggu kontak tip yang meleyot.

 

3. ISOLATOR

Isolator-Obor-Las-MIG

Bagian yang ketiga yaitu isolator yang memiliki rongga atau lubang yang lebih besar ketimbang kontak tip. Karena isolator ini berfungsi sebagai penyalur gas dari mesin las yang disambungkan pada tabung gas.

Gas yang masuk ke isolator akan diarahkan dan disalurkan dengan pada dan terarah, sehingga gas yang masuk ke nozzle stabil dan padat.

 

4. DIFFUSER GAS

Diffuser-Gas-MIG

Bagian yang keempat yaitu Diffuser gas yang berbentuk seperti tabung tetapi memiliki lekukan. Alat ini terbuat dari beberapa material yang berbeda yang tentunya masing-masing material memiliki kualitas yang berbeda-beda.

Ada yang terbuat dari karet, keramik, besi dan tembaga. Tentunya yang paling bagus adalah yang terbuat dari tembaga ya guys. Karena tembaga lebih kuat dan tahan terhadap panas.

Fungsi dari diffuser gas ini sendiri yaitu untuk menyambungkan dan mengencangkan antara sambungan obor las ke isolator. Sehingga nantinya tidak terjadi kebocoran gas yang artinya gas fokus semua mengalir ke isolator hingga ke nozzle.

 

5. OBOR LAS ( TORCH )

Yang terakhir yaitu obor las yang berfungsi untuk mengaktifkan rotasi kawat las dan aliran gas agar keluar secara bersamaan. Fungsi obor las sangat penting karena obor las merupakan pemicu kelistrikan pada mesin las agar mesin las dapat berfungsi normal saat mengelas.

Obor las juga memiliki kualitas yang berbeda ya guys. Untuk kualitas obor las yang bagus adalah yang terbuat dari karet tebal sehingga lebih enak digenggam dan tahan terhadap panas.

 

KESIMPULAN

Naah itu tadi ya cara merangkai bagian-bagian obor las MIG yang perlu kalian ketahui. Dari penjelasan diatas maka dapat gw tarik kesimpulan bahwa pemasangan atau dalam merangkai bagian-bagian dari obor las harus dimulai dari bagian paling dalam dulu yaitu diffuser gas yang kemudian dilanjut ke isolator, kontak tip dan terakhir nozzle.

Semoga kalian bisa memahami penjelasan gw ini ya guys,, dan mungkin cukup sampai disini penjelasan dari gw.. Salam..!!

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *