PERBEDAAN HASIL LAS MIG MMA DAN TIG

By | May 14, 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. balik lagi ya di blog kami yang tercinta ini.. hmmm.. Gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya.. Oke jadi kali ini kami ingin membahas tentang perbedaan hasil las MIG MMA dan TIG jika dilihat dari sisi ketebalan dan kecepatan pengelasannya.

 

Karena kalo perbedaannya dilihat dari sisi mesin dan kegunaannya tentunya udah jelas berbeda ya. Jadi disini kami melakukan uji coba kecepatan pengelasan dan juga mengukur ketebalan hasil las yang dihasilkan. Maksudnya agar kalian nanti bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kalian di Lapangan.

 

Mau ngelas cepat atau mau ngelas yang tipis atau juga butuh yang tebel. Nah gw rasa bahasan ini juga belum pernah dibahas ya di tempat lain. Semoga aja belum dibahas.. hehehe.. Biar gw jadi nomor satu.. hohoho

 

 

PERBEDAAN HASIL LAS MIG MMA DAN TIG

Oke jadi ceritanya kami mencari info dan melakukan riset terkait ke perbedaan kecepatan pengelasan dan hasil lasan dari ketiga jenis mesin las yang ada yaitu mesin las MIG MMA dan TIG. Ternyata memang ada perbedaan yang bisa kita bahas disini.

 

Tentunya informasi ini bisa menjadi sumber pengetahuan buat kalian ya guys. Emang jarang orang bisa nyobain mesin las yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh produsen mesin las dan beberapa welding tester.

 

Nah kebetulan kami bisa mendapat informasi ini, jadi pas banget buat di posting di artikel ini. Hehehe

 

Jadi yang akan kami uji disini adalah dari sisi kecepatan dan juga ketebalan / lebar hasil lasan ya guys. Hanya 2 poin itu ya, karena disini kami hanya ingin membandingkan dari kedua hal tersebut.

 

 

PERBEDAAN KECEPATAN & KETEBALAN PENGELASAN MIG MMA DAN TIG

Jadi pada percobaan ini kami menggunakan plat dengan ketebalan 6 mm dengan kawat las yang sesuai dengan ukuran plat itu sendiri.

 

Untuk mesin las MIG sendiri kami menggunakan kawat las Solid wire ukuran 0.045 tipe ER70S-6. Dan pada mesin las MMA kami menggunakan kawat las ukuran 3.2 mm. Dan untuk mesin las TIG kami menggunakan kawat las ukuran 3.2 tipe ER70S-6.

 

Jadi disini kami tidak menguji mengelas panjang hingga sepanjang plat besinya ya. Tapi disini kami menguji dengan menggunakan stop watch selama 30 detik. Maksudnya biar adil gitu dan tidak terlalu lama juga eksperimennya.

 

Mahal juga kalo ngabisin plat besi banyak-banyak. Hehehehe

 

Karena kami udah tau hasilnya, jadi pada artikel ini akan kami mulai dari mesin las TIG ya. Hal ini dikarenakan hasil pengujian dari mesin las TIG ini mendapatkan hasil yang terkecil

 

MESIN LAS TIG

Hasil-Las-TIG

 

Pada percobaan diatas kami telah melakukan uji coba dengan menggunakan mesin las TIG. Spesifikasi kawat las yang kami gunakan disini yaitu kawat las ukuran 3.2 tipe ER70S-6.

 

Percobaan pengelasan ini kami lakukan selama 30 detik dan mendapatkan hasil sesuai gambar diatas yaitu :

Panjang pengelasan : 2.2 Inch

Ketebalan / lebar hasil las : 3/16 Inch atau setara 4.7 mm

 

MESIN LAS MMA

Hasil-Las-MMA

 

Dan pada percobaan kedua kami menggunakan mesin las MMA dengan kawat las ukuran 3.2 mm. Masih sama dengan percobaan sebelumnya, kami melakukan pengelasan selama 30 detik dan mendapatkan hasil :

 

Panjang pengelasan : Naik 62.5% dari pengelasan TIG yaitu sepanjang 3 Inch

Ketebalan / Lebar Hasil Las : 1/4 Inch atau setara dengan 6.35 mm.

 

MESIN LAS MIG

Hasil-Las-MIG

 

Untuk percobaan terakhir kami menggunakan mesin las MIG dengan spesifikasi kawat las yaitu solid wire 0.045 tipe ER70S-6. Dan masih sama juga kami melakukan percobaan dengan panjang pengelasan selama 30 detik.

 

Hasil yang kami dapatkan dari pengelasan ini yaitu :

Panjang Pengelasan : 122.5% Naik dibandingkan dengan TIG dan 60% naik dari MMA. Hasil yang didapatkan yaitu sepanjang 5 Inch.

Ketebalan / Lebar hasil las : 1/4 Inch atau setara dengan 6.35 mm.

 

Nah itu tadi ya perbedaan hasil las MIG MMA dan TIG dari sisi kecepatan pengelasannya dan juga ketebalan atau lebarnya. Semoga dengan adanya perbandingan hasil las dari masing-masing mesin las ini, kalian bisa menentukan mesin las mana yang terbaik buat kalian.

 

Karena dari segi irit dan borosnya bisa kalian nilai disini. Serta dari sisi kebersihan dan kerapian hasil lasan juga bisa kalian lihat. Pokoknya kalian yang paling tau lah sama kebutuhan kalian, pasti kalian paham.

 

Oke jadi sampai disini aja kali ya artikel perbedaan hasil las MIG MMA dan TIG dari kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Ingat untuk selalu jaga kesehatan dan kebersihan diri kalian ya. Lebih baik dirumah agar lebih aman. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *