CARA MENGHINDARI SAKIT MATA KARENA LAS

By | March 21, 2023
Cara-Menghindari-Sakit-Mata-Karena-Las

Halo sobat tehniq setanah air.. Pernah ga sih kalian ngerasain yang namanya sakit mata saat selesai ngelas? Gw pernah soalnya,, rasanya ga enak banget ya guys.. Maka dari itu gw pengen bagi informasi buat kalian semua tentang cara menghindari sakit mata karena las. Agar kalian semua bisa mencegah hal ini terjadi saat kalian ngelas.

Kalo sebelumnya gw udah pernah bahas tentang cara mengobati sakit mata karena las. Maka kali ini gw mau kasih info cara menghindarinya. Jadi kemungkinan sangat kecil mata kalian akan sakit saat mengelas.

Tentunya sangat berguna ya buat kalian para welder yang sering mengalami sakit mata ini. Okee langsung aja ya berikut ini adalah beberapa poin yang bisa kalian lakukan untuk menghindari sakit mata karena las.

 

TIPS MENGHINDARI SAKIT MATA KARENA LAS

Kalian tau ga sih, penyebab utama kalian sakit mata itu apa aja?? jawabannya bukan cuma cahaya las ya guys. Tapi jawabannya adalah karena cahaya las dan asap las yang kontak langsung dengan mata kalian.

Nah gimana caranya biar kalian ga kena kontak langsung dengan cahaya las dan asap las ini?? jawabannya bisa kalian lihat pada beberapa poin tentang cara menghindari sakit mata karena las :

*Note, cara ini dapat menghindari sakit mata, jika anda merasa tidak perlu menggunakannya maka itu hak anda.

1. GUNAKAN KACAMATA SAFETY

Gunakan-Kacamata-Safety-yang-Berkaret

Kenapa kalian perlu kacamata safety?? kacamata ini dilengkapi dengan karet dibagian belakangnya. Fungsinya untuk menahan agar segala sesuatu tidak dapat masuk ke bagian mata dari segala arah.

Sekalipun asap las tidak atau sedikit sekali yang dapat masuk kedalam mata kalian. Untuk itu mata akan terbebas dari asap las saat kalian melakukan pengelasan secara extreme atau terus menerus.

Kami sudah mencoba melakukan pengetesan menggunakan kacamata safety dan tanpa menggunakan kacamata safety. Hasilnya beda banget ya.. Kami coba ngelas 20 – 30 batang kawat las tanpa menggunakan kacamata safety. Kami hanya menggunakan helm las saja. Hasilnya mata kami tetap bengkak dan perih.

Tapi setelah di lain hari kami coba mengelas dengan kacamata safety ini, kami dapat mengelas hingga 100 batang kawat las secara kontinu.

Untuk melihat videonya kalian bisa menontonnya pada video kami berikut ini yang kami lakukan secara live waktu itu :

 

Las Non Stop 100 Batang Kawat Las 2.6mm " Mesin Las Beckum A120"

 

2. GUNAKAN HELM LAS

Helm-Las-Untuk-menghindari-sakit-mata

Yang kedua yaitu helm las. Penggunaan helm las sangat penting untuk seorang pengelas. Karena helm las terpasang dengan pas di kepala tanpa perlu di pegangi, sehingga kalian dapat fokus mengelas.

Dan yang terpenting daripada itu yaitu kalian dapat terlindung dari cipratan api las yang dapat melukai mata dan wajah saat terkena langsung. Dengan helm las ini kalian dapat mengelas dengan jarak yang deket sekalipun tanpa takut bagian wajah kalian terluka.

Serta karena kalian dapat mengelas dengan jarak dekat, maka kalian dapat melihat jelas alur pengelasan anda. Dengan begitu hasil lasan akan lebih rapi dan dapat anda kontrol dengan mudah.

 

3. GUNAKAN MASKER SAFETY

Gunakan-Masker-Safety

Asap las mengandung banyak sekali material, partikel dan juga bahan-bahan yang berbahaya untuk paru-paru kita. Selain itu, material yang kita hisap itu juga berpengaruh ke indera yang lain seperti mata dan hidung.

Untuk itu kalian perlu menutup akses langsung lewat hidung dan mulut kalian dengan masker. Tapi yang kami maksud disini bukan masker yang suka digunakan di area kesehatan ya, tetapi lebih kearah masker safety.

Masker ini di desain lebih kedap terhadap udara, dan juga memiliki penyaring udara agar udara yang masuk ke pernafasan dapat netral. Dengan begitu kalian akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh asap las yang terhirup.

 

KESIMPULAN CARA MENGHINDARI SAKIT MATA SAAT MENGELAS

Dari berbagai penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa asap las dan cahaya las sangat berbahaya untuk kesehatan mata kalian. Maka dari itu kalian harus melindunginya dengan perlindungan total saat mengelas.

Tujuannya bukan hanya untuk kesehatan juga lhoo.. tetapi membantu durabilitas kerja kalian, karena dengan berbagai alat tersebut kalian dapat bekerja lebih lama ( mengelas ).

 

ALAT LAIN YANG MENDUKUNG PENGELASAN

Selain daripada alat-alat tersebut, kalian juga harus melindungi diri kalian seperti bagian tangan dan kaki. Karena tubuh kita yang lain juga butuh perlindungan total ya guys. Beberapa alat safety lain yang bisa anda gunakan saat mengelas yaitu diantaranya :

  • Sarung tangan las
  • Apron
  • Sepatu Safety

3 alat tersebut bisa kalian lengkapi untuk melindungi diri kalian ya guys. Dengan ketiga alat safety tersebut kalian dapat melindungi bagian tangan, tubuh dan juga kaki kalian. Sehingga kalian dapat bekerja dengan dan nyaman.

Keluarga bahagia, gaji lancar, hatipun senang.. hehehehe

 

Okeee jadi itu ya beberapa hal yang bisa gw sampein ke kalian semua terkait pengelasan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *