MENGATASI SAKIT MATA KARENA LAS

By | February 8, 2019

Mengatasi-Sakit-Mata-Karena-Las

Haloo guys.. balik lagi di blog kami nih di tehniq.com blog. Aduh kali ini gw pengen curhat nih guys.. Kemarin gw habis dapet orderan ngelas pager. Buset dah.. malemnya mata gw sakit banget sampe ga bisa tidur. Rasanya itu sungguh ga bisa diungkapkan dengan kata-kata.. O-O

 

Pusing guys.. bener ga?? kalian yang pernah ngelas dan pernah ngalamin hal ini pasti juga ngerasain hal yang sama nih kaya gw. Alhasil besoknya gw kesiangan guys.. hehehe.. telat dah gw masuk kerja.. lumayan tuh kena potongan uang makan T_T. Tapi ga papa guys.. alhamdulillah gw punya temen yang alkisah dia itu master las di Jakarta ini. Akhirnya gw sempet konsultasi masalah ini, sekalian curhat masalah kerjaan jg.. hehehe. Becanda guys. Jadi setelah gw berkonsultasi ria dengan sohib gw nih, gw jadi dapet pencerahan penting tentang cara mengatasi sakit mata karena las ini guys. Ada beberapa hal yang dipaparkan sama temen gw nih. Dan pastinya gw ga akan simpen informasi ini sendirian. Gw bakalan share ke kalian semua, biar kalian bisa mengatasi sakit mata karena las ini juga. Ya itung-itung nambah pahala gw jg sih.. hehe

 

Tapi sebelum gw jelasin tentang cara mengatasi sakit mata karena las ini. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu alasan kenapa mata kita bisa sakit saat ngelas ini. Jadi sakit mata yang kita alami ini ga semua tukang las juga ngerasain, walaupun kita sama-sama ngelas. Tapi mereka belum tentu kena sakit mata kaya gw. Jadi adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab orang mengalami sakit mata setelah melakukan pengelasan.

 

MENGATASI SAKIT MATA KARENA LAS & PENYEBABNYA

Jadi seperti yang dapat kalian lihat pada gambar diatas ya guys. ada beberapa poin yang harus kalian perhatikan terkait penyebab terjadinya sakit mata karena las ini. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah :

  • Mata kalian belum terbiasa ngeliat sinar las secara langsung.
  • Kualitas kawat las yang jelek.
  • Tidak memakai topeng las.
  • Bahan yang dikerjakan berbahan anti karat.
  • Kalian bekerja di ruang tertutup.

 

Tuh jadi ada 5 hal yang biasanya membuat mata kita sakit saat melakukan pengelasan nih guys. Dan kelima hal tersebut akan kami coba jelaskan satu persatu agar kalian dapat lebih memahaminya.

PENYEBAB SAKIT MATA KARENA LAS

Hal yang pertama yang membuat kalian sakit mata yaitu karena mata kalian belum terbiasa ngeliat sinar las secara langsung. Jadi seperti yang kita tau bersama, sinar las itu sifatnya sangat berbahaya bagi mata. Tapi efek dari sinar las ini lebih terasa sangat menyakitkan pada awal-awal kita bekerja di bidang pengelasan ini. Jadi pada awal kita memulai pekerjaan di bidang pengelasan, mata kita tidak akan langsung dapat beradaptasi dengan sinar las secara langsung. Tetapi seiring perkembangan kita dan pengalaman kita, mata kita juga akan mulai terbiasa dengan sinar las langsung tersebut. Tetapi tetap tidak boleh ngeliat sinar las secara langsung ya guys.

 

Yang kedua yaitu kualitas kawat las yang jelek. Kawat las dengan kualitas jelek akan menghasilkan asap las yang kasar sehingga dapat menyebabkan mata kita sakit. Untuk itu kami menyarankan buat kalian untuk selalu membeli kawat las yang memang sudah memiliki nama dan terkenal dengan kualitasnya.

 

Untuk poin yang ketiga tentunya sudah sangat jelas. Kalian yang tidak memakai topeng las saat melakukan pengelasan akan lebih beresiko terkena sakit mata daripada orang yang mengelas dengan menggunakan topeng las. Dan selanjutnya untuk poin yang keempat yaitu bahan yang kalian kerjakan berbahan anti karat. Bahan tersebut biasanya adalah stainless steel. Jadi bahan yang memiliki kelebihan anti karat itu mengandung senyawa yang sangat sensitif saat terkena pengelasan. Asap yang dihasilkan akan lebih menyakitkan mata kita, sehingga lebih beresiko terkena sakit mata.

 

Poin yang terakhir yaitu karena kalian bekerja di ruang tertutup. Jadi perlu kalian ketahui, sinar las bukanlah faktor utama yang menyebabkan sakit mata. Tetapi hal yang paling mempengaruhi sebenarnya adalah asap las itu sendiri. Jadi saat kalian bekerja diruang tertutup, asap lasnya cenderung akan berkumpul di area anda bekerja. Sehingga asap las tersebut akan selalu berinteraksi dengan mata kalian, sehingga mata kalian akan lebih beresiko terkena sakit mata.

CARA MENGATASI SAKIT MATA KARENA LAS

Setelah kita tau penyebab dari sakit mata saat mengelas, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang poin penting dari artikel ini yaitu cara mengatasi sakit mata karena las. Jadi setelah kita sudah terlanjur terkena atau mengidap sakit mata karena las ini, jadi apa sih yang harus kita lakuin? hehe.. Ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan guys untuk meringankan sakit mata karena las tersebut. Lumayan lah dikit-dikit bisa terobati daripada kalian tersiksa dirumah ga bisa tidur.

Jadi poin-poin dibawah ini adalah hal-hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasi sakit mata karena las :

  1. Minum Obat Pereda Sakit kepala.
  2. Kompres dengan Air dingin.
  3. Gunakan tetes mata Pontacain ( instant meredakan sakit ).
  4. Oleskan minyak angin dibagian pelupuk mata.

 

Untuk penjelasan dari hal-hal yang kami sebutkan diatas akan kami bahas pada poin-poin dibawah ini. Hal yang pertama yaitu sudah jelas yaitu dengan meminum obat pereda sakit kepala. Obat sakit kepala ini bisa merk apa saja yang memang biasa kalian konsumsi.

 

Dan untuk poin yang kedua yaitu kompres mata kalian dengan air dingin, agar mata kalian dapat lebih relax dan nyaman. Poin yang ketiga adalah menggunakan tetes mata Pontacain. Obat mata ini adalah obat mata khusus yang dapat meredakan sakit mata dengan cepat, sehingga sangat cocok untuk kalian yang terkena sakit mata karena las.

 

Poin yang terakhir adalah dengan mengoleskan minyak angin dibagian pelupuk mata. Minyak angin yang kalian gunakan itu bebas merknya. Biasanya kami menggunakan minyak kayu putih ataupun minyak tawon. Dan bagian pelupuk mata itu ada dibagian bawa mata kalian ya. Jadi bukan kelopak mata bagian atas. Tapi pelupuk mata bagian bawah yang biasa memiliki benjolan kecil.

BELANJA KEBUTUHAN ALAT TEKNIK KALIAN DI TEHNIQ.COM

Jadi gimana guys? udah jelas ya sama penjelasan kami??.. semoga kalian bisa mengatasi sakit mata karena las ini sendiri dirumah. Jadi kalian ga perlu pergi ke dokter dan menghabiskan biaya ya. walaupun ada BPJS sih.. hehe.. Jadi jika kalian ada kebutuhan mesin las, kalian bisa membeli mesin las yang asli dan berkualitas hanya di www.tehniq.com. Dan pantengin terus blog tehniq.com ya guys, untuk informasi dan pengetahuan seputar produk-produk alat teknik terlengkap buat kalian semua.. Salam..!!

14 thoughts on “MENGATASI SAKIT MATA KARENA LAS

  1. Pingback: BAHAYA ASAP LAS - Blog Tehniq.com

  2. sharul

    i really appreciate for the tips that could help me out cause of the welding smoke.thnks guys..

    Reply
  3. Nisa

    Makasih bang, berguna banget, suami aku akhirnya bisa tidur juga

    Reply
  4. Marsy Maka

    Terima kasih sudah membantu memberikan info penting ttg penyebab dan cara mengatasi sakit mata akibat mengelas. Kebetulan anak saya di rumah lagi menderita sakit mata.

    Reply
  5. Ati

    Thanks ya … Dimana sich Beli topeng Las itu bust Aman saat Suami Bekerja….Gak tega jika udh sakit Mata y

    Reply
  6. Deni

    Kalo mau beli obat tetes mata nya itu bisa kah ,,keliling mencari di sini ngak ada yg jual

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Mohon maaf pak,, kami tidak menjual barang tersebut.. mungkin bisa dibeli online di marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan semacamnya

      Reply
  7. Rusmiyati

    Terimakasih untuk tipsnya, sangat membantu sekali, semoga bisa meredakan sakit mata suami saya yg habis ngelas🙏👍

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *