TANDA-TANDA DONGKRAK HIDROLIK PERLU DIPERBAIKI

By | June 21, 2021
Thumbnail-Tanda-tanda-Dongkrak-Hidrolik-Perlu-Diperbaiki

Ada beberapa tanda-tanda dongkrak hidrolik perlu diperbaiki atau ciri dongkrak hidrolik ini mengalami kerusakan. Nah tentunya beberapa tanda-tanda tersebut harus kalian cek di dongkrak kalian masing-masing ya. Ditakutkan dongkrak kalian itu sebenarnya mengalami kerusakan, tetapi kalian ga sadar karena ga tau ciri-ciri atau tanda-tandanya.

 

Serem banget ya kalo sampai kalian ga tau kalo dongkrak kalian rusak. Maka dari itu, inget bener-bener nih guys beberapa ciri dari kerusakan awal pada dongkrak kalian yang akan kami sampaikan pada artikel ini. Karena bisa jadi kalian bener-bener perlu informasi ini.

 

TANDA DONGKRAK HIDROLIK PERLU DIPERBAIKI

Ada beberapa poin yang bisa kalian perhatikan pada dongkrak kalian secara rutin ya, agar nantinya kalian bisa aware atau siap-siap servis. Beberapa poin tersebut adalah tanda-tanda dongkrak hidrolik perlu diperbaiki, yang berikut adalah penjelasannya :

  • Kebocoran Oli
  • Kekosongan Ruang Tabung
  • Respon angkat ada delay atau jeda

 

Nah jadi ada 3 kerusakan awal pada dongkrak hidrolik anda. Dan ketiga tanda ini lah yang biasanya membuat dongkrak anda menjadi rusak lebih parah jika kalian tidak memperhatikannya atau membiarkannya begitu saja. Oia, ketiga tanda tersebut merupakan tanda yang umum yang sering terjadi ya. Mungkin ada kasus-kasus unik lainnya yang tidak kami sebutkan karena memang itu jarang terjadi.

 

Dan selanjutnya kami akan masuk pada penjelasan ketiga tanda-tanda atau kerusakan awal pada dongkrak tersebut ya, agar kalian tau penjelasan lebih detailnya.

 

KEBOCORAN OLI DONGKRAK HIDROLIK

Karena dongkrak bekerja dengan dorongan oli atau fluida khusus dibagian dalam tabungnya, maka masalah akan terjadi jika ada kebocoran oli pada dongkrak anda. Biasanya ada bagian-bagian yang umum terjadi kebocoran pada dongkrak anda. Berikut adalah gambar bagian tersebut.

BAGIAN-BAGIAN-DONGKRAK-HIDROLIK-YANG-PERLU-DIPERBAIKI

 

Nah dari gambar diatas terlihat 3 tempat ya yang sering terjadi kebocoran. Berikut adalah nama berdasarkan nomor urutannya :

  1. Klep penutup oli
  2. Seal tabung
  3. Seal Jungkat-Jungkit

 

Bagian yang pertama yaitu klep penutup oli. Klep ini biasanya akan mudah bocor karena seringnya kalian mengganti atau mengisi ulang oli / fluida pada dongkrak anda. Seringnya klep yang dibuka tutup akan membuat karet tertekan dan membuatnya memiliki celah.

 

Tapi hal ini memang tidak bisa dihindari ya, karena memang umur dongkrak dan klep sangat mempengaruhi hal ini terjadi. Dan solusinya adalah dengan membeli klep yang baru.

 

Bagian yang kedua dan ketiga yaitu seal tabung & Seal Jungkat-jungkit. Seal tabung & sela jungkat-jungkit ini juga biasanya sering mengalami kebocoran, tetapi berbeda dengan klep. Faktor utama terjadinya kebocoran pada seal tabung karena seringnya dongkrak digunakan. Jadi semakin sering dongkrak digunakan tentunya ya harus diganti ya bagian sealnya.

 

Solusi dari permasalahan ini tentunya dengan mengganti sealnya ya guys. Jika tidak ada seal, kalian bisa menggunakan selotip pipa. Tapi selotip pipa tidak bisa menahan lebih lama ketimbang seal aslinya ya. Sekedar alternatif aja jika seal aslinya tidak bisa kalian cari di bengkel.

 

KEKOSONGAN RUANG TABUNG DONGKRAK HIDROLIK

Tanda-tanda dongkrak hidrolik perlu diperbaiki poin selanjutnya yaitu adanya kekosongan pada ruang tabungnya. Untuk mengecek kekosongan ruang ini kalian bisa coba untuk mengangkat sedikit dongkrak kalian. Dan tekan dengan badan kalian.

 

Jika dia gerak-gerak atau seperti kalian menekan shockbreaker motor anda maka dapat dipastikan dongkrak anda memiliki kekosongan di bagian ruang tabungnya. Dongkrak yang sehat harus padat dibagian dalamnya, sehingga tidak akan bergerak saat terjadi penekanan.

 

Penyebab hal ini terjadi yaitu kekurangan oli atau fluida didalamnya. Sehingga terdapat ruang kosong yang berisi angin. Jadi solusinya hanya tinggal membuka klep oli dan mengisi kekosongan itu dengan oli sampai penuh. Jangan lupa posisi dongkrak harus paling rendah ya jika kalian ingin mengisi olinya.

 

RESPON ANGKAT ADA DELAY ATAU JEDA PADA DONGKRAK HIDROLIK

Nah untuk tanda-tanda dongkrak hidrolik perlu diperbaiki selanjutnya yaitu adanya delay atau jeda saat anda menjungkit tuasnya. Jadi misal anda menjungkitnya 3 kali,, maka normalnya ada tiga kali gerakan pada dongkrak untuk naik keatas.

 

Delay yang dimaksud yaitu saat anda menjungkit 3 kali, maka hanya ada satu kali naikan keatas pada dongkrak. Hal ini yang dinamakan dengan delay atau jeda pada saat mengayun tuas dongkrak hidrolik anda.

 

Penyebab dari masalah ini lagi-lagi karena kekosongan oli ya guys. Dan kekosongan oli ini terjadi karena adanya kebocoran pada bagian seal tuas jungkat-jungkitnya. Solusinya yaitu dengan mengganti seal pada tuas tersebut ya guys.

 

KESIMPULAN

Dari ketiga tanda-tanda yang sudah kami sebutkan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penyebab utama yang terjadi saat dongkrak anda mulai mengalami kerusakan yaitu karena kurangnya oli pada tabung dongkrak anda. Dan masalah tersebut terjadi karena adanya kebocoran pada seal dan juga klep dongkrak anda.

 

Oke jadi itu tadi ya kesimpulan yang bisa kita tarik dari permasalah tersebut. Dan bagi kalian yang pengen belajar untuk benerin dongkrak kalian sendiri dirumah. Kalian bisa langsung lihat video referensi kami berikut ini agar kalian bisa hemat ongkos servis dan nambah pengalaman juga. link video tutorial memperbaiki dongkrak >>

 

Yaw dah sampai disini ya artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *