FUNGSI DAN KEGUNAAN ALAT PENGHEMAT LISTRIK SEBENARNYA

By | May 16, 2019

Halo guys..!! balik lagi di Blog Tehniq.com nih guys.. Kalian lagi cari-cari info tentang alat penghemat listrik atau daya listrik ya? Tenang aja guys, kalian berada ditempat yang benar. Disini kami akan membahas tentang fungsi dan kegunaan alat penghemat listrik sebenarnya.

 

Jadi disini kami ga cuma bikin artikel dan berbicara tanpa bukti nih. Karena sebelum kami membuat artikel ini, kami melakukan tes nyata pada alat tersebut.

Jika kalian ingin melihat video lengkapnya, kalian bisa lihat video pengetesannya dibawah ini.

 

KUPAS TUNTAS alat penghemat listrik / daya merk TRILLION, BISA atau TIDAK ya?

 

 

FUNGSI DAN KEGUNAAN ALAT PENGHEMAT LISTRIK SEBENARNYA

Gimana nih? Udah pada nonton belum videonya guys? Kalo kalian yang saat ini lagi tipis kuotanya, tenang aja. Kami akan menjelaskan makna dan kesimpulan dari video tersebut di artikel ini.

 

Jadi ada beberapa uji coba yang akan kami lakukan. Dan masing-masing uji coba yang akan kami lakukan itu akan kami jelaskan maksud dan tujuannya. Berikut adalah uji coba yang akan kami lakukan :

  • Kami akan menyalakan mesin cut off dengan alat soft start dan tanpa alat soft start.
  • Kami akan melakukan pemotongan besi dengan alat soft start.

 

Maksud dan tujuannya apa?

Untuk percobaan yang pertama yaitu kami akan menyalakan mesin cut off dengan alat soft start dan tanpa alat soft start. Disini maksud dan tujuan kami melakukan percobaan ini adalah untuk mengetahui perbedaan konsumsi listrik dari mesin cut off ini.

 

Dan untuk percobaan yang kedua kami akan melakukan pemotongan besi dengan alat ini.  Disini kami ingin mencoba melihat performa dari alat ini nih. Apakah alat ini dapat mengurangi konsumsi daya listrik mesin cut off saat diaplikasikan untuk memotong?.

 

PERCOBAAN PENGUJIAN KONSUMSI DAYA LISTRIK NORMAL

Oke jadi udah jelas ya maksud dan tujuan kami melakukan uji coba ini ya guys.

Kalo udah jelas, langsung aja kita ke penjelasan uji coba yang pertama nih. Uji coba yang pertama kami akan menyalakan mesin cut off tanpa alat penghemat daya listrik ini ya guys.

 

Percobaan-menyalakan-mesin-tanpa-menggunakan-Alat-Penghemat-Listrik

 

Bisa kalian lihat ya pada gambar diatas. Saat kami menyalakan mesin cut off tersebut. Daya listrik yang dikonsumsi yaitu di 2.100 Watt dan terus menerus turun hingga kami dapatkan daya listrik yang stabil yaitu di 930 – 950 Watt.

 

Selain melihat daya listrik yang dikonsumsi mesin cut off ini tanpa menggunakan alat penghemat listrik. Kami juga mencoba untuk mendengarkan suara mesin cut off ini saat pertama kali dinyalakan. Kami melakukannya dengan memperlambat video agar suara saat mesin mulai menyala terdengar jelas.

 

Tentunya bagi kalian yang nonton videonya pasti tau ya hasil suaranya kaya gimana. Tapi bagi kalian yang baca artikel aja, kami infonya bahwa suara mesin saat dinyalakan itu menghentak cepat.

 

Dan untuk percobaan yang kedua yaitu dengan menggunakan alat penghemat listrik. Kira-kira gimana nih hasilnya??.. Kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini ya.

 

Percobaan-menyalakan-mesin-menggunakan-Alat-Penghemat-Listrik

 

Dan bisa kalian lihat ya. Untuk start awal konsumsi daya listrik dengan menggunakan alat penghemat daya listrik ini yaitu mencapai 2.400 Watt. Jika dibandingkan dengan percobaan sebelumnya, justru konsumsi daya listrik saat start awal mesin ini lebih kecil jika tanpa menggunakan alat penghemat listrik ini.

 

Terus lanjut kita lihat konsumsi daya listriknya saat mesin mulai stabil yaitu kami dapatkan daya listrik stabilnya diangka 920 – 930 Watt. Jika ibandingkan dengan percobaan sebelumnya sih cuma beda 10 – 20 watt aja ya guys perbedaannya.

 

Tapi saat kami mendengarkan suara start awalnya, justru suaranya lebih terdengar lambat. Maksudnya tidak menghentak seperti percobaan yang sebelumnya tanpa menggunakan alat penghemat listrik ini.

 

PERCOBAAN PENGUJIAN KONSUMSI DAYA LISTRIK UNTUK MEMOTONG BESI

Jadi setelah kita melakukan percobaan pertama tadi kesimpulannya sih kalo menurut gw, alat ini ga terlalu berpengaruh. Tapi belum tentu juga sih karena kita belum melakukan percobaan yang kedua. Untuk itu mari kita coba gimana kalo mesin cut off ini diaplikasikan untuk memotong besi, agar kita bisa mengetahui fungsi dan kegunaan alat penghemat listrik sebenarnya.

 

Oke guys, setelah kita melakukan percobaan yang pertama. Maka selanjutnya kita akan lihat sama-sama gimana hasil percobaan yang kedua ini. Biar ga penasaran gitu maksudnya. hehe..

Jadi pada percobaan yang kedua ini seperti yang sudah kami jelaskan. Bahwa kami akan coba untuk memotong besi dengan mesin cut off dan dengan alat penghemat listrik terpasang.

 

Kenapa kami melakukan percobaan ini? jawabannya adalah agar kita bisa tau perbedaan saat mesin cut off ini digunakan untuk melakukan pemotongan besi. Karena standardnya mesin cut off membutuhkan daya listrik sebesar 2.100 – 2.500 Watt. Tapi dengan catatan tidak terlalu ditekan ya guys, karena saat tuas kalian tekan dengan kencang maka konsumsi daya listrik akan meningkat drastis dan bahkan bisa membakar motornya.

 

Jadi setelah kita tau konsumsi daya listrik yang umum dibutuhkan mesin cut off ini saat digunakan untuk memotong besi. Maka selanjutnya kita akan menggunakan mesin penghemat listrik. Gimana ya hasilnya? Apakah mesin cut off nanti dapat mengkonsumsi daya listrik yang lebih kecil atau sama aja atau bahkan lebih besar? Mari kita lihat hasilnya pada gambar dibawah ini.

Percobaan-Memotong-Besi-dengan-menggunakan-Alat-Penghemat-Listrik

Seperti yang dapat kalian lihat, saat mesin sudah memotong seperempat dari besi tersebut. Konsumsi daya listrik jadi semakin tinggi hingga 3.000 watt lebih dan alhasil alat penghemat listriknya rusak. Hehehe.

 

KESIMPULAN PERCOBAAN FUNGSI DAN KEGUNAAN ALAT PENGHEMAT LISTRIK SEBENARNYA

Dapat kami tarik kesimpulan dari kedua percobaan yang telah kami lakukan. Hasilnya alat penghemat listrik ini tidak terlalu dapat mengurangi konsumsi daya listrik mesin anda. Karena seperti yang telah kita coba bahwa konsumsi listriknya hanya berkurang 10 – 20 watt saja.

Dan selain itu, batas konsumsi daya listriknya pun terlalu kecil, sehingga saat mesin membutuhkan daya listrik lebih dari 2.200 watt, alat penghemat listrik ini langsung rusak.

 

Jadi udah jelas ya guys tentang artikel fungsi dan kegunaan alat penghemat listrik sebenarnya ini.. Bukan kami tidak menyarankan untuk tidak membeli alat penghemat listrik ini ya guys. Tapi lihatlah kebutuhan listrik kalian dulu sebelum membeli alat ini. Sesuaikan kebutuhan listrik kalian dengan kapasitas yang dibutuhkan alat ini ya guys.

Okeee.. Cukup sekian artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Dan bagi kalian yang ingin melihat video-video percobaan kami yang lain, kalian bisa melihat dan mensubscribe channel youtube kami dibawah ini ya.

 

Klik link dibawah ini :

>>CHANNEL YOUTUBE<<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *