BISAKAH MITER SAW UNTUK MEMOTONG KERAMIK UBIN?

By | April 29, 2019

Halo semua? akhir-akhir ini ada pertanyaan dari netizen tentang bisakah miter saw untuk memotong keramik ubin? Tentunya kami sebagai pakar alat-alat teknik ingin memecahkan pertanyaan ini dong. Jadi bisakah miter saw untuk memotong keramik ubin?

 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa stone cutter adalah alat yang sangat cocok dan sangat tepat untuk memotong keramik ubin dan jenis batu-batuan lainnya. Tapi bagaimana jika kalian tidak memiliki stone cutter saat anda membutuhkannya untuk memotong batu atau sebuah keramik ubin?

 

Dan setelah anda mencari-cari alat digudang peralatan anda, yang ada anda hanya menemukan miter saw saja. Tapi setau anda miter saw itu dibuat untuk memotong alumunium dan kayu. Dan anda juga tau bahwa miter saw adalah salah satu power tools yang sangat powerful karena memiliki RPM yang cukup tinggi. Jadi bisakah miter saw untuk memotong keramik ubin?

 

Jawabannya adalah Bisa. Tetapi miter saw sendiri tidak dikhususkan untuk pemotongan terhadap keramik ubin. Karena memang alat ini tidak diciptakan manusia untuk hal tersebut. Tapi tenang aja guys.. Kami akan mencoba untuk menjelaskan cara memotong keramik ubin dengan miter saw ini.

 

 

BISAKAH MITER SAW UNTUK MEMOTONG KERAMIK UBIN?

Jadi untuk memotong keramik ubin dengan miter saw ini kalian memerlukan beberapa peralatan terlebih dahulu. Untuk itu siapkan terlebih dahulu beberapa peralatan dibawah ini ya guys.

    • Kacamata safety
    • Sarung tangan
    • Earplugs ( Penutup Telinga )
    • Spidol Permanen
    • Meteran / Measuring Tape
    • Mata Pisau Stone Cutter

 

Untuk 3 poin teratas adalah hal yang sangat penting yang perlu kalian siapkan. Kenapa demikian? jawabannya adalah karena setiap anda menggunakan powert tools, tentunya anda harus menggunakan alat keamanan dong. Dan selain itu hal yang akan anda lakukan ini adalah hal yang extreme. Jadi kalian perlu menggunakan alat keamanan sebelum melakukannya.

 

Dan untuk spidol permanen nanti akan digunakan untuk menandai keramik ubin yang akan dipotong. Selain itu hal ini juga dimaksudkan agar nanti hasil potongan yang anda dapatkan itu lurus dan halus sesuai dengan garis yang telah anda buat pada keramik ubin tersebut.

 

Yang terakhir adalah mata pisau potong stone cutter. Kenapa kalian memerlukannya? karena memang mata pisau miter saw ini lebih tipis dibandingkan dengan mata pisau potong stone cutter. Jadi mata pisau miter saw tidak akan sanggup memotong keramik ubin.

 

Sebelum kalian mulai memotong keramik ubin kalian, pastikan kalian melakukan pengecekan pada miter saw kalian ya. Karena percuma saja kalo miter saw kalian sedang tidak dalam kondisi yang prima. Dan selain mengecek kondisi miter saw kalian, kalian juga harus memastikan bahwa mata pisau potong untuk mitter saw kalian adalah mata pisau yang baru. Karena jika mata pisau potong yang kalian tumpul, tentunya hasil potongan yang kalian dapatkan nanti tidak akan halus dan rapi.

 

Selain itu, jika mata pisau potong kalian tumpul, maka waktu potong kalian akan bertambah lebih lama. Dan alhasil listrik yang kalian konsumsi akan semakin banyak, tekor deh ntar. Hehehe.

 

CARA MEMOTONG KERAMIK UBIN DENGAN MITER SAW

Oke balik lagi pada pembahasan utama artikel ini. Bagaimana cara memotong keramik ubin dengan miter saw ini. Ada beberapa proses yang harus kalian lakukan ya guys.

 

TANDAI KERAMIK UBIN YANG AKAN DIPOTONG
Bisakah-Miter-Saw-Memotong-Keramik-Ubin-Gambar-Garis-Lurus-Pada-Keramik-Ubin

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuat garis potong pada keramik ubin kalian menggunakan meteran atau measuring tapi kalian. Seperti yang sudah kami jelaskan tadi. Fungsi kalian melakukan ini adalah agar hasil potongan yang kalian dapatkan nanti dapat halus dan rapi. Selain itu garis yang kalian buat membuat hasil potongan kalian lurus sesuai dengan yang kalian harapkan.

 

MULAI POTONG KERAMIK UBINNYA

Karena hal yang akan kalian lakukan ini adalah cara atau teknik memotong keramik ubin kering tanpa menggunakan air, tentunya debu yang dikeluarkan dari proses pemotongannya akan sangat banyak. Hal tersebut akan membuat pernafasan anda terganggu dan sangat berbahaya bagi paru-paru dan kesehatan anda.

 

Gunakanlah penutup hidung dan mulut seperti kain ataupun bahan lainnya yang dapat menghambat debu masuk kedalam pernafasan anda. Tapi jika anda memiliki vacuum cleaner kering, kalian biasa menggunakan itu untuk menyedot atau menghisap debu yang keluar dari potongan keramik ubinnya.

 

Jika sudah kalian siapkan semuanya, maka mulailah memotong dengan mitter saw kalian dengan perlahan. Mulailah dengan kecepatan putaran lambat hingga paling cepat, atau bisa juga dengan menekan tombol powernya secara perlahan hingga pada tekanan maksimal kalian.

 

Pastikan keramik ubin kalian tidak bergeser ya saat kalian potong, kalian hal tersebut akan berbahaya untuk keselamatan anda dan hasil potong anda akan rusak. Dan jangan terlalu ingin memotong terlalu cepat dengan menekan tuas miter saw kalian. Tekanlah dengan perlahan dan santai agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah semua instruksi tersebut kalian lakukan, kami yakin kalian sudah dapat memotong keramik ubin kalian. Jadi pastikan kalian mengikuti semua instruksi dan tahapan yang kami sampaikan ya guys.

 

 

KATALOG MITER SAW DAN STONE CUTTER

Bagi anda yang ingin membeli miter saw kalian sendiri untuk persiapan stock kalian digudang peralatan rumah kalian, kalian bisa coba untuk melihat katalog miter saw kami dengan mengklik gambar dibawah ini.

 

KATALOG MITER SAW
Bisakah-Miter-Saw-Memotong-Keramik-Ubin-Katalog-Miter-Saw

Atau jika kalian ingin membeli stone cutter agar kalian dapat memotong keramik ubin tanpa menggunakan cara extreme yang telah kami sebutkan diatas, kalian bisa juga melihat katalog miter saw kami dengan mengklik gambar dibawah ini.

 

KATALOG STONE CUTTER
Bisakah-Miter-Saw-Memotong-Keramik-Ubin-Katalog-Stone-Cutter

Oke cukup sekian ya artikel kami kali ini, semoga artikel dari kami dapat menjawab pertanyaan tentang bisakah miter saw untuk memotong keramik ubin?. Tapi inget ya guys. Cara ini adalah bukan cara yang umum harus kalian lakukan. Tetapkan menggunakan cara yang umum yang dengan memiliki stone cutter kalian sendiri dirumah atau diworkshop kalian.

 

Dan jangan lupa untuk mengunjungi channel youtube kami ya guys, untuk melihat review dan performa dari percobaan-percobaan langsung yang kami lakukan pada mesin power tools dan alat teknik kami lainnya. Langsung aja kunjungi channel youtube kami dan subscribe disini ya untuk mensupport kami agar kami dapat tersebut berkarya >> CHANNEL YOUTUBE <<.

Oke guys sampai jumpa semua. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *