CARA MEMOTONG LANTAI MARMER DAN GRANIT

By | March 28, 2019

Pernah ga kalian kesulitan untuk memotong batu marmer atau lantai marmer dan juga lantai dari bahan granit? Mungkin kalian bisa memotong batu atau lantai marmer dan juga granit, tetapi hasil yang kalian dapetin kurang halus. Tapi mungkin ada juga dari kalian yang udah lihai banget nih motong lantai dari marmer dan juga granit ini. Nah pada artikel kami kali ini, kami mau bagi-bagi tips buat kalian yang belum paham betul masalah potong memotong lantai marmer dan juga granit ini. Jadi disini kami akan coba untuk membahas cara memotong lantai marmer dan granit untuk anda yang belum terlalu mahir melakukannya.

 

Seperti yang kalian ketahui bersama, harga dari lantai marmer dan juga lantai granit itu ga maen-maen ya guys. Kalo bagi gw sih harga lantai marmer dan lantai granit itu mahal banget guys. Jadi alhasil dirumah gw ga pake lantai marmer dan granit, alias pake lantai biasa. Hehehe. Tapi gini-gini gw benernya tau cara memotong lantai marmer dan granit dengan benar guys. Cuma masalah dompet aja sih yang belum bisa diajak kompromi. Hehe.

 

Jadi bagi kalian yang belum terlalu mahir tentunya ada rasa was-was ya. Karena harga dari lantai marmer dan lantai granit yang cukup mahal, tentunya kalian ga mau sampe salah atau gagal untuk memotong lantai tersebut. Karena salah-salah kalian bisa dimarahin sama yang punya rumah kalo sampai lantai yang kalian potong banyak kebuang karena gagalnya kalian dalam memotong. Atau kalian juga bisa kena omel sama yang punya rumah kalo hasil potongan kalian ga rapi, dan alhasil lantai yang kalian pasang jadi kurang rapi dan lurus.

 

CARA MEMOTONG LANTAI MARMER DAN GRANIT

Kalo gw yang punya rumah sih gw bakalan ngomel, hehehe. Karena emang kalo gw udah ngeluarin uang yang cukup banyak buat beli lantai marmer atau granit. Dan tentunya gw juga udah bayangin rumah gw bakalan terlihat mewah dan keren. Eh taunya cuma gara-gara tukangnya yang ga bisa cara memotong lantai marmer dan granit ini, impian gw yang udah selangit itu jadi buyar karena hasilnya.

 

Ya benernya sih kasian ya mau ngomelin juga, karena tukang juga cari uang buat nafkahin anak istri. Tapi paling nggak gw pengen para tukang ini jadi lebih berkembang dengan kami membagikan artikel ini buat para tukang. Jadi ga ada tuh nantinya orang-orang yang ngomelin para tukang karena ga bisa motong lantai marmer atau granit dengan benar.

 

Langsung aja nih tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah teknik cara memotong lantai marmer dan granit agar tidak rusak dan halus. Kalo berdasarkan pengalaman kami dalam memotong lantai marmer dan granit ini, biasanya kami memiliki 4 teknik. Apa aja teknik untuk memotong lantai marmer dan granit ini?

  1. Memotong dengan menggunakan Stone Cutter.
  2. Teknik Memotong dengan tenaga tangan.
  3. Memotong dengan Kapak.
  4. Dan teknik jepit.

 

Keempat teknik pemotongan lantai marmer dan granit tersebut akan coba kita beda satu-persatu ya. Jadi perhatikan baik-baik poin-poin dibawah ini untuk masing-masing tekniknya guys.

 

CARA MEMOTONG LANTAI MARMER DAN GRANIT DENGAN STONE CUTTER

Pada jaman yang serba canggih ini, orang-orang dituntuk untuk bekerja cepat. Dan hal ini juga berlaku untuk pemotongan lantai marmer dan granit ini. Jika jaman dahulu teknik memotong granit dan marmer ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka saat ini hal tersebut sudah dapat diatasi dengan munculnya stone cutter sebagai alat yang mempermudah kita dalam memotong lantai dan juga batu. Tetapi tetap saja dibutuhkan teknik untuk mendapatkan hasil potongan yang halus.

 

Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui untuk menerapkan teknik pemotongan dengan menggunakan stone cutter ini. Berikut adalah beberapa cara dan langkah yang perlu kalian lakukan :

  • Pastikan bilah pisau potong anda baru dan tajam, agar hasil potongan nantinya akan halus. Dan juga pastikan bagian semprot airnya berfungsi dengan baik, karena air disini sangatlah penting fungsinya dalam mendapatkan hasil potongan yang halus.

  • Jika semua itu sudah anda cek, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menutup bagian yang akan anda potong dengan lakban. Dan jangan lupa untuk memberikan garis agar nanti potongan anda dapat lurus.

  • Letakkan alas untuk memberikan tumpuan lembut pada potongan lantai yang telah terpotong nanti. Hal ini berfungsi agar lantai tersebut tidak gompal atau cuil saat potongan terlepas dari bagian lainnya.

  • Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah memulai memotong lantai tersebut dengan tidak terlalu menekannya. Lakukan secara perlahan dan santai, atau jangan terburu-buru. Ingat slogan pelan tapi pasti ya. Hehehe.

 

Jadi gitu guys teknik untuk melakukan pemotongan dengan menggunakan stone cutter ini. Cukup mudah ya guys. Namanya juga pake mesin. Hehe.

 

CARA MEMOTONG LANTAI MARMER DAN GRANIT DENGAN TENAGA TANGAN

Walaupun teknik ini tergolong teknik yang sudah jadul, tapi tetap aja guys. Jangan pernah ngeremehin teknik ini. Karena teknik ini itu mbahnya teknik-teknik pemotongan batu marmer yang sudah melegenda. Hehe.

 

Ada beberapa alat yang perlu kalian persiapkan untuk melakukan potongan dengan teknik ini yaitu diantaranya Palu dan Hardie. Bila kalian belum tau apa itu hardie, kalian bisa liat pada gambat dibawah ini :

Cara-Memotong-Lantai-Marmer-dan-Granit

 

Dan untuk langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk melakukan pemotongan lantai marmer atau granit ini yaitu :

  • Gunakan lakban pada bagian yang akan kalian potong untuk menahan hantaman dari hardie yang nantinya akan kalian pukul dengan palu, sehingga ubin atau lantai tidak pecah atau gompal.

  • Tandai atau berikan garis pada lakban tersebut, agar nanti hasil yang kalian dapatkan bisa lurus dan sesuai dengan garis yang anda inginkan.

  • Pukul-pukul garis yang sudah kalian buat dengan hardie dan palu sebagai pemukulnya dengan perlahan.

  • Jika kalian sudah merasa bahwa garis yang anda buat tadi sudah terkikis dengan hardie tadi, maka posisikan ubin atau lantai anda diatas hardie tersebut, agar posisi lantai menjadi miring.

  • Pukul lantai tersebut dengan palu dan kain diatasnya agar lantai tidak rusak karena pukul palu. Pukul lantai tersebut dengan pelan dan lembut hingga terbelah menjadi dua.

  • Jika hal yang anda lakukan sudah benar, maka hasil potongan lantai tersebut seharusnya lurus sesuai dengan garis yang anda buat tadi.

 

Teknik ini membutuhkan kelembutan dan juga keuletan dalam menerapkannya ya. Jadi jangan terburu-buru dalam melakukannya, agar hasil yang kalian dapatkan nantinya bisa sempurna. Walaupun membutuhkan waktu yang agak lama, tetapi cara ini bisa kalian lakukan jika kalian berada didaerah yang jarang listrik.

 

CARA MEMOTONG LANTAI MARMER DAN GRANIT DENGAN KAPAK

Teknik ini merupakan teknik yang hampir sama dengan menggunakan palu dan juga hardie seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Perbedaannya adalah kapak yang kalian gunakan disini harus 2 buah atau 2 pcs. Karena kapak pertama nanti akan kalian gunakan sebagai pengganti palu, dan kapak kedua bisa kalian gunakan sebagai pengganti hardie.

 

Tapi bisa juga kalian gunakan palu dan kapak, tergantu alat yang kalian punya ya guys, dan tergantung kenyamanan kalian dalam menggunakannya. Kalo saran kami sih pake palu dan kapak aja guys, karena struktur palu lebih lembut dan halus jika dibandingkan dengan kapak jika digunakan untuk memukul permukaan lantai nanti.

 

Dan untuk langkah-langkah dalam melakukan pemotongan menggunakan kapak ini sama persis dengan teknik pemotongan menggunakan tangan ya. Jadi lakukan langkah-langkah yang sudah kami jelaskan pada teknik pemotongan dengan menggunakan tenaga tangan tersebut.

 

CARA MEMOTONG LANTAI MARMER DAN GRANIT DENGAN TEKNIK JEPIT

Nah cara yang terakhir yaitu teknik memotong lantai marmer ini dengan menggunakan teknik jepit. Teknik ini hanya dapatkan digunakan untuk memotong marmer atau granit yang tipis. Dan biasanya teknik ini digunakan untuk memotong sebagian kecil dari lantai seperti membuat sudut dan juga untuk merapikan potongan yang salah.

 

Apa aja sih langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk melakukan teknik pemotongan dengan teknik jepit ini. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Hal yang pertama yang perlu kalian lakukan anda membuat garis lurus pada lantai dengan menggunakan alat pengikis seperti roda ataupun hardie.

  • Buat Garis tersebut dengan menekan hardie ataupun roda yang tajam itu untuk mengikis sekalian memberi garis pada lantai.

  • Saat garis sudah terbentuk dan sudah terkikis, jepitlah lantai tersebut dan letakkan ujung bagian batas penjepit dengan garis lantai tersebut.

  • Patahkan lantai dengan penjepit yang sudah kalian jepit tersebut.

 

JUAL STONE CUTTER MURAH

Gimana guys?? Udah pada ngerti ya apa-apa aja tadi cara memotong lantai marmer dan granit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya buat kalian semua. Dan kami yakin kalian punya pilihan kalian masing-masing ya mau pake teknik yang mana. Entah itu teknik nomor 1, 2, 3 atau 4.

 

Tapi bagi kalian yang pengen pake cara pertama dan jika kalian belum punya mesin stone cutternya. Kalian bisa liat dan juga sekalian beli nih di www.tehniq.com. Disitu kalian bisa dapetin stone cutter yang berkualitas dan juga asli ya. Bukan barang abal-abal nih guys, jadi kalian ga perlu khawatir. Karena emang tehniq.com ini adalah website e-commerce yang khusus menjual alat-alat teknik.

 

Kalo kalian tertarik mau beli stone cutter di website kami, kalian bisa liat-liat dulu katalog stone cutter kami yang oke punya disini >> KATALOG STONE CUTTER <<.

 

Dan sebelum kami undur diri, kami juga mau tawarin satu lagi nih channel youtube kami. Karena di channel youtube kami ini kalian bisa tau review-review power tools dan alat teknik lainnya. Jadi disitu kami ngelakuin pengetesan terhadap beberapa merk alat teknik yang sekelas. Dan disitu kalian bisa liat perbedaannya. Dijamin kalian bisa dapetin info yang sangat berguna sebelum kalian memilih dan membeli power tools dan alat teknik kalian yang lain. Jadi kunjungi channel youtube kami disini guys >> CHANNEL YOUTUBE <<.

 

Cukup sekian dari kami dan jangan sampai salah beli power tools kalian. Pastikan kalian nonton channel kami untuk melihat performa dari masing-masing merk yang kami uji. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *