Thumbnail-Cara-Cepat-dan-Mudah-Memotong-Kayu-Melingkar-Bulat

CARA CEPAT DAN MUDAH MEMOTONG KAYU MELINGKAR BULAT

By: Yudha Yudha
31 Mar 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya NKRI harga mati.. Hmm blm 17 agustus gw udh patriotis gini.. Hehehee.. Oke jadi kali ini kami mau berbagi tips buat kalian tentang cara cepat dan mudah memotong kayu melingkar bulat.

 

Tentunya bagi kalian pengrajin kayu, ga jarang dapet job atau pekerjaan yang sulit. Dan terkadang ada sebagian para pengrajin kayu yang menolak pekerjaan tersebut karena kurangnya skill dan alat yang memadai. Atau bisa juga mereka maksain dengan skill dan pengalaman yang kurang sehingga hasilnya tidak maksimal.

 

Alhasil konsumen komplain dengan pekerjaan kalian. Tentunya bagi para penjual jasa seperti woodworker dan sebagainya itu sangat menghindari yang namanya komplain. Sekali konsumen komplain, maka kesempatan untuk dapat konsumen lain dari orang yang komplain tersebut bisa jadi nol.

 

Karena cara marketing yang paling mudah adalah dari mulut ke mulut dong. Dan cara paling jitu untuk strategi marketing tersebut adalah no komplain dan memberikan hasil pekerjaan yang dapat memuaskan pelanggan.

 

Udah pasti deh kalo kalian bisa kaya gitu.. konsumen-konsumen baru dan lama akan terus berdatangan ke tempat kalian. Mereka lebih memilih jasa kalian karena rasa kepercayaan, dan rasa kepercayaan tersebut sangat mahal harganya.

 

Sampai banyak temen-temen gw yang kerja jadi sales dan marketing itu bilang. “Padahal harga produk gw lebih mahal, tapi konsumen tetep milih beli produk di gw”. Nah hal-hal tersebut lah yang merupakan sebuah ikatan kepercayaan yang tinggi. Sampai harga tidak mereka pikirkan.

 

 

CARA CEPAT DAN MUDAH MEMOTONG KAYU MELINGKAR BULAT

Oke balik lagi ke topik pembahasan kita ya guys.. Itu tadi sedikit intermoze tentang trik marketing yang baik dan benar.. Hehehehe… Nah sekarang gimana cara mengaplikasikannya? Caranya dengan meningkatkan skill kalian dan juga menyediakan beberapa alat untuk mendukung pekerjaan anda.

 

Karena seorang yang profesional harus memiliki alat-alat yang memadai juga toh. Karena tanpa alat pendukung juga kalian bakalan ketinggalan sama yang lain. Selain dapat meningkatkan kecepatan kerja kalian, alat-alat pendukung kerja juga dapat menghasilkan pekerjaan yang rapi dan sempurna juga.

 

Jadi sebelum kami menjelaskan tentang cara cepat dan mudah memotong kayu melingkar bulat ini. Terlebih dahulu kami akan menginfokan kepada kalian alat pemotong apa yang bisa kalian gunakan. Ada 2 mesin ya guys yang perlu kalian pilih salah satunya. Dan pasti kalian punya kalo kalian emang seorang pengrajin kayu.

  1. Router
  2. Jigsaw

 

Router-dan-Jigsaw

 

Nah jadi ada yang namanya router dan jigsaw ya. Kami yakin kalian pasti udah tau. Dan cara cepat dan mudah memotong kayu melingkar bulat dengan kedua alat tersebut akan kami jelaskan dibawah ini.

 

ROUTER

Alat pertama yang dapat membantu anda untuk memotong kayu melingkar sempurna yaitu router. Tapi router ini membutuhkan alat tambahan yang bisa kalian beli atau buat sendiri. Kalo kalian mau gampang ya beli. Tapi kami rasa para pengrajin kayu lebih suka kreasi sendiri ya.. hehehe

 

CIRCLE CUTTER ROUTER

Oke jadi ada alat yang bisa kalian beli kalo kalian mau lebih cepat, simple dan mudah. Namanya adalah Circle Cutter router. Gambarnya bisa kalian lihat dibawah ini :

 

Circle-Cutter-Router

 

Alatnya seperti itu ya guys. Kalian bisa beli di toko peralatan teknik atau toko online kaya tehniq.com. Hehehe promosi dikit ga papa ya. :p

 

Nah itu tadi kalo kalian pengen cepat dengan cara membeli. Dan sekarang gimana caranya jika kalian mau bikin sendiri? Kalian bisa lihat gambar dibawah ini ya. Kami ga bisa kasih tutorial bikinnya, yang penting bentuknya aja. Karena tutorialnya bisa kalian lihat di youtube ya.

 

Doain aja semoga tehniq.com dapat lebih maju lagi sehingga bisa bikin video tentang cara-cara membuat peralatan seperti ini dan karya-karya lainnya. Karena saat ini tehniq.com masih kecil dan butuh support dari kalian semua untuk lebih berkembang.

 

Alat-Untuk-memotong-Kayu-Melingkar

 

Alat-Untuk-memotong-Kayu-Melingkar-Bikin-Sendiri

 

Nah gambar alatnya kurang lebih seperti itu ya. Kalian tinggal pilih mau yang mana. Dan untuk cara cepat dan mudah memotong kayu melingkar bulat yaitu dengan memasangkan alat ini pada objek kayu yang akan kalian potong.

 

Tapi ada hal yang perlu kalian ketahui. Banyak cara untuk memotong kayu melingkar tapi harus merusak bagian tengahnya dengan menancapkan mur atau lainnya untuk menjadi poros. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

 

Membuat-Lingkaran-dengan-mesin-bor

 

Cara diatas kami rasa kurang, karena harus merusak bagian tengahnya. Mungkin bisa kalian tambal, tapi menurut kami itu kurang alami dan mulus. Hehehe. Cara yang menurut kami benar adalah dengan memberikan alas tambahan terlebih dahulu dibagian tengahnya, agar porosnya bisa ditancapkan disitu.

 

Sehingga nantinya permukaan kayu tidak rusak karena putaran porosnya. Berikut adalah contoh gambarnya :

 

Poros-Tengah

 

Kalian bisa merekatkannya dengan double tape atau apapun yang dapat membuatnya menempel tanpa merusak bagian permukaan kayunya. Setelah itu baru kalian tancapkan alat circle cutting tadi.

 

Cukup jelas ya guys.. Semoga kalian paham apa yang kami coba sampaikan ini.

 

 

JIGSAW

Nah tadi kita udah bicara tentang alat tambahan buat router agar bisa motong kayu bulat. Sekarang gimana jika yang ada di tempat kalian cuma jigsaw? tenang aja guys.. pasti ada caranya kok. Berikut adalah alat yang bisa kalian gunakan bareng jigsaw untuk memotong kayu melingkar.

 

CIRCLE CUTTER JIGSAW

Circle-Cutter-Jigsaw

 

Sama seperti cara sebelumnya menggunakan router. Kalian harus menempelkan alas kayu tambahan untuk melindungi bagian tengah kayu dari poros putarnya. Hal ini harus kalian lakukan untuk semua teknik pemotongan lingkaran ataupun segi enam dan semacamnya.

 

Tapi tergantung kalian juga sih. Kalo masih tetap mau ngerusak bagian tengahnya jg gpp. Hehehe.

 

Cara-Cepat-dan-Mudah-Memotong-Kayu-Melingkar-Bulat-Dengan-Jigsaw

 

Nah untuk cara pemotongannya bisa kalian lihat pada gambar diatas ya.

 

Gimana nih sekarang? cukup mudah ya ternyata untuk memotong kayu dengan bentuk lingkaran utuh yang sempurna. Nah dengan adanya artikel ini sekarang semoga kalian bisa bekerja lebih maksimal lagi ya. Entah itu mau bikin alat sendiri atau mau beli. Yang ikutin apa yang udah kami sampaikan diatas.

 

Oke kalo gitu, sampai disini ya artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. selamat mencoba dan Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *